MATA DUNIA

"dunia itu indah, suatu saat pecah & terbelah,keindahannya musnah. Allah ilah yang kita sembah menuju Jannah"

Antara tikus dan ubur-ubur, kedua spesies ini sama sekali tidak memiliki hubungan, baik genetik apalagi darah. Keduanya juga memiliki habitat lingkungan yang sangat berbeda, dimana yang satu tinggal di air sementara yang lainnya tinggal di darat dan menjadi hama bagi manusia. Tapi belum lama ini, tikus menjadi fenomena di dunia sains setelah mampu berubah menjadi ubur-ubur hidup.Fakta itu benar adanya dan itu semua bisa terjadi berkat teknologi rekayasa biologis yang dilakukan oleh ahli biofisika di Universitas Harvard, Cambridge Massachussetts.

Mahluk sintetis yang diberinama Medusoid itu terlihat seperti bunga dengan kelopak mata. Dan ketika mereka ditempatkan di medan listrik, mereka pun berdenyut dan berenang layaknya ubur-ubur hidup.

“Secara morfologis kami membuat ubur-ubur. Secara fungsional kami membuat ubur-ubur. Tapi secara genetik ini adalah tikus,” kata Kit Parker, ahli biofisika yang memimpin proyek tersebut.

Ubur-ubur sintetis ini diciptakan dari bahan silikon dan sel otot dari jantung tikus. Pembuatannya sendiri ditujukan untuk membuat alat pacu jantung baru yang tidak memerlukan energi listrik. Parker mengatakan bahwa ide tersebut mucul pada tahun 2007, saat dirinya mengunjungi New England Aquarium di Boston.

Medusoid (kanan) memiliki kemampuan berenang yang sama dengan ubur-ubur asli (kiri)
“Saya melihat ubur-ubur dan ini menghantam saya seperti halilintar. Saya pikir, saya tahu saya bisa membuat itu,” katanya seperti dikutip laman jurnal ilmiah Nature.

Untuk membuat ubur-ubur ini, Parker bekerja sama dengan Johhn Dabiri, seorang pakar rekayasa biologis yang ahli dalam bidang tenaga penggerak biologis dan Janna Nawroth, doktor biologi. Keduanya berasal dari kampus yang sana, yakni California Institute of Technology, Pasadena, AS.

Pertama-tama, sel dalam tubuh ubur-ubur muda dipetakan untuk memahami bagaimana mereka berenang. Lonceng ubur-ubur bulan terdiri atas satu lapisan tunggal otot, dengan serat erat selaras mengitari cincin pusat dan punya delapan jari-jari. Kemudian dilanjutkan dengan membuat struktur dengan sifat yang sama dengan lapisan tunggal dari otot jantung tikus menggunakan lembar berpola dari polydimethylsiloxane, polymer senyawa organosilikon yang umumnya disebut silikon.

Lihat videonya di bawah ini!

source:http://info-infouniik.blogspot.com/?iframe=www.memobee.com/index.php?do=c.news&idn=7087

Categories: Flora/fauna, teknologi

PROFIL AKU

suprihanto


Popular Posts

Sangat Tragis, Anak

”MATA DUNIA” dunia itu indah, suatu saat pecah dan terbelah, ...

Tsansa, Kepala Musuh

”MATA DUNIA” dunia itu indah, suatu saat pecah dan terbelah, ...

Potong Rambut Menggu

”MATA DUNIA” dunia itu indah, suatu saat pecah dan terbelah, ...

Perpustakaan Paling

”MATA DUNIA” dunia itu indah, suatu saat pecah dan terbelah, ...

Negara-negara yang M

”MATA DUNIA” dunia itu indah, suatu saat pecah dan terbelah, ...