Alat Pendingin Sederhana

  alat perlengkapan   4 Oktober 2012

Kulkas sederhana yang bisa dibuat siapa saja.Inti Konsep pendinginan kulkas sederhana ini adalah proses penguapan.Jadi,semakin panas suhu di luar,maka kulkas akan semakin mendinginkan.Berikut adalah 2 model kulkas sederhana yang berhasil kita temukan:
 
 
1.Coolgardie Safe

 

 
Coolgardie safe adalah lemari pendingin yang berasal dari kota Coolgardie, Australia. Lemari pendingin ini kabarnya populer pada zaman wild west dan zaman demam emas, sebagai cara mendinginkan makanan dan minuman tanpa listrik. Cara membuat dan sistem kerjanya sederhana. Bahan dasarnya adalah Kawat, Karung goni, dan ember.
Cara membuatnya, pertama kita membuat rangka lemari dari kawat. Rangka itu ditutupi karung goni. Sebagian karung goni harus dimasukkan ke ember berisi air. Karung goni akan menyerap air dan menjadi basah.
Kemudian coolgardie safe ditaruh di tempat yang berangin. Angin akan menguapkan air di karung goni dan membuat isi karung goni menjadi dingin.
 
2. Pot in Pot. (aka Zeer dalam bahasa afrika)

 

 
Alat ini diciptakan oleh Mohammad Bah Abba dari Nigeria pada tahun 1995 dan mendapat Rolex Laureate (penghargaan Rolex di bidang enterprise) pada tahun 2000. Alat yang luar biasa berguna sekaligus luar biasa sederhana ini telah dipakai secara luas di afrika dan bisa dibilang kini menyelamatkan hidup banyak orang dengan memperkenalkan sistem pengawetan makanan yang murah dan sederhana (dan memberi mereka minuman dingin).
Alat ini terdiri dari 2 buah pot (yang satu harus bisa masuk ke yang lain), pasir, dan kain. Cara menyiapkannya, cukup dengan memasukkan pot yang lebih kecil ke pot yang besar, mengisi celah diantara kedua pot dengan pasir, kemudian menyiram air ke dalam pasir sehingga pasir menjadi basah. Kita tinggal memasukkan apapun yang kita mau kedalam pot yang kecil, kemudian menutup pot kecil dengan kain basah. Saat air dalam pasir menguap, air itu akan membawa panas dari pot yang kecil.

Tidak ada informasi mengenai suhu Coolgardie Safe, tapi Zeer dapat menjaga suhu air menjadi sekitar 15 derajat celcius*

source:http://kolom-inspirasi.blogspot.com/2012/02/alat-pendingin-sederhana-yang-mudah.html

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE