MATA DUNIA

"dunia itu indah, suatu saat pecah & terbelah,keindahannya musnah. Allah ilah yang kita sembah menuju Jannah"

1. Singapura

 

 
Singapura merupakan negara pionir di ASEAN yang menerapkan peringatan kesehatan berbentuk gambar pada kemasan rokok mulai bulan Juli 2004. Gambar menempati 50 persen luas permukaan bagian depan dan belakang bungkus rokok.

Ada 6 gambar, masing-masing diterapkan di setiap varian produk rokok pada putaran pertama. Penegakan peraturan secara konsisten ditengarai oleh kepatuhan industri rokok terhadap peraturan yang berlaku, termasuk rokok-rokok produksi Indonesia yang diimpor ke negara singa tersebut.
 
 
2. Thailand
 

 
Thailand menerapkan peringatan kesehatan berbentuk gambar di bungkus rokok akhir Maret 2005, satu tahun setelah peraturan diperundangkan. Dengan luas gambar 50 persen dari permukaan sisi lebar bagian depan dan belakang bungkus rokok yang penempatannya pada bagian atas, Thailand menetapkan 6 jenis gambar yang masing-masing akan digunakan pada setiap varian produk rokok.

Thailand mengganti gambarnya secara periodik. Penggantian pertama dilakukan tahun 2007 dengan menambahkan gambar menjadi 9 gambar dan tahun 2010 menjadi 10 gambar, sekaligus meningkatkan proporsi menjadi 55%-55% masing-masing pada permukaan depan dan belakang bungkus rokoknya.

 
 
3. Brunei Darussalam

 

 
Menteri Kesehatan Brunei Darussalam mengumumkan bahwa Regulasi Peringatan Kesehatan berbentuk Gambar pada Kemasan Rokok tahun 2007 mulai diberlakukan sejak 1 Desember 2008. Rokok impor diberikan tenggang waktu selama 7 bulan sebelum tanggal tersebut untuk menyesuaikan kemasan produknya, tak terkecuali produk Indonesia yang diekspor ke Brunei.

Terhitung September 2012, luas gambar di bungkus rokok menjadi 75 persen, 6 bulan setelah keluarnya peraturan.

 
 
4. Malaysia

 

 
Tepat 1 Januari 2009, pemerintah Malaysia memberlakukan peringatan kesehatan berbentuk gambar di bungkus rokok setelah Menteri Kesehatan Malaysia pada tanggal 31 Mei 2008 mengumumkan Negeri Jiran ini akan segara menerapkan peraturan tersebut.

Malaysia menerapkan 6 jenis gambar pada setiap putaran yang akan diganti secara periodik setiap 24 bulan sekali.

source:http://health.detik.com/read/2012/12/19/105359/2122155/763/5/hiii-tampilan-bungkus-rokok-di-4-negara-asean-ini-mengerikan22

Categories: Kesehatan

PROFIL AKU

suprihanto


Popular Posts

Sangat Tragis, Anak

”MATA DUNIA” dunia itu indah, suatu saat pecah dan terbelah, ...

Tsansa, Kepala Musuh

”MATA DUNIA” dunia itu indah, suatu saat pecah dan terbelah, ...

Potong Rambut Menggu

”MATA DUNIA” dunia itu indah, suatu saat pecah dan terbelah, ...

Perpustakaan Paling

”MATA DUNIA” dunia itu indah, suatu saat pecah dan terbelah, ...

Negara-negara yang M

”MATA DUNIA” dunia itu indah, suatu saat pecah dan terbelah, ...