Travel Blogger Indonesia

Herfani Winata

Tidak hanya dikenal dengan kuliner, wisata budayanya, Yogyakarta juga dikenal karena memiliki air terjun yang indah dan unik. Salah satu kabupaten di Yogyakarta yang memiliki potensi alam untuk tujuan destinasi wisata  adalah Kabupaten Kulon Progo. Di sana terdapat banyak tempat wisata yang indah dan salah satu obyek wisata yang bisa Anda kunjungi adalah Air Terjun Sidoharjo.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai air terjun ini, Anda bisa simak beberapa hal yang berkaitan dengan  obyek wisata ini.

Sekilas Tentang Air Terjun Sidoharjo

Airnya yang masih jernih dan sangat alami sangat cocok digunakan oleh para pengunjungnya untuk mandi ataupun hanya sekedar bersantai. Adanya beberapa tumbuhan hidup di dasar air terjun semakin mambuat indah air terjun tersebut. Selain itu, keindahan alam yang ada juga akan semakin menyegarkan mata Anda saat ada di sana. Udara yang sejuk ditambah dengan hamparan hutan khas dari pegunungan akan memnantu melepas penat di pikiran Anda.

Selain itu, dengan lokasi yang masih alami maka tidak heran jika masih ada banyak binatang dan menjadi ekosistem bagi kere ekor panjang. Tidak jarang beberapa kera ini bermain-main di sekitar area tebing. Di bagian bawah dari air terjun ada sebuah kolam yang bisa dimanfaatkan untuk bermain dan juga menenggelamkan tubuh dalam air yang segar. Rerumputan yang hijau nan subur dengan beberapa bunga cantik tumbuh di sebelah kolam.

Kamu bisa menggunakan jasa biro wisata jogja jika ingin ketempat wisata ini bersama keluarga atau rombongan.

Sejarah Air Terjun Sidoharjo

Konon penamaan air terjun di Kulon Progo ini menurut masyarakat sana diberikan karena yang datang pertama kali ke air terjun ini ialah seorang gadis yang asalnya dari Sidoharjo. Namun ada yang berpendapat juga bahwa nama ini diberikan karena air terjunnya belum pernah didatangi orang maupun wisatawan dari manapun, baik dari warga lokal ataupun asing. Oleh karena itu, air terjun ini masih terjaga alami.

Lokasi Tempat Wisata

Air terjun Sidoharjo ini berlokasi di Dusun Gonolangu, Sidoharjo, Samigaluh, Kuloprogo, Yogyakarta. Dari Kota Yogyakarta jaraknya bisa dibilang cukup jauh yaitu kurang lebih 30,9 kilometer.

Lokasinya sendiri sangat mudah dijangkau karena akses jalan dari dan menuju ke lokasi sudah layak dan juga bagus. Begitu sampai di parkiran, Anda perlu berjalan kaki sejauh 500 meter dengan menyusuri pohon yang rimbun dan juga jalan setapak.

Kamu bisa menggunakan transportasi sewa mobil innova reborn di jogja jika ingin mengunjungi tempat wisata ini.

Fasilitas Yang Tersedia di Air Terjun Sidoharjo

  1. Toilet
  2. Tempat parkir

Harga Tiket Masuk & Parkir Kendaraan

Sebelum Anda memasuki kawasan Air Terjun Sidoharjo Samigaluh ini, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu biaya masuk dan biaya lain yang perlu Anda keluarkan. Berikut ini adalah daftar harga untuk tiket masuk dan juga parkir bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi ke lokasi wisata yang satu ini.

Keterangan Harga
Tiket Masuk Rp 10.000,-
Parkir Mobil Rp 5.000,-
Parkir Motor Rp 2.000,-

Di Air Terjun Sidoharjo Jogja ini, Anda bisa melihat pemandangan alam dengan leluasa karena tidak banyak batu. Apabila Anda masih belum puas, Anda bisa melakukan petualangan langsung di tebing air terjun dengan permainan flying fox, refling, ataupun panjat tebing. Untuk melakukan permainan tersebut, Anda perlu membawa perlatannya sendiri. Di sana Anda juga bisa berfoto dengan berlatar belakang air terjun yang sangat indah.

Demikian tadi beberapa hal berkaitan dengan Air Terjun Sidoharjo Kulon Progo yang mungkin baru Anda ketahui juga. Bagi Anda yang kebetulan sedang berada di Yogyakarta atau justru di Kulon Progo, sangat direkomendasikan untuk datang berkunjung ke lokasi air terjun yang indah dan menyegarkan mata ini.

Categories: Travel

PROFIL AKU

Herfani


Popular Posts

Peluang Bisnis Pomad

Semua orang tentu saja bisa memperoleh peluang bisnis pomade dan ...

Air Terjun Sidoharjo

Tidak hanya dikenal dengan kuliner, wisata budayanya, Yogyakarta juga dikenal ...

6 Rekomendasi Pantai

Pantai Melasti kini sedang naik daun karena keindahan alamnya. Dan ...