Personal Blog

Just another Blog UMY site

Bagi sebagian orang, meminum 1-2 cangkir kopi sebelum beraktivitas adalah sebuah keharusan. Seakan-akan mereka mendapatkan tambahan energi dengan  kopi tersebut ketika mereka mulai melakukan aktivitas mereka.  Tahukah anda, ternyata hal tersebut bukan sekedar “perasaan” saja, sebab hasil penelitian menunjukkan hal tersebut.

Berikut ini beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari meminum  1-2 cangkir kopi sebelum beraktivitas

1.Membakar lebih banyak kalori

Dalam sebuah jurnal yang diterbitkan oleh International Journal of Sport Nutrition and Exercise Metabolism, mengungkapkan hasil sebuah studi di Spanyol yang menunjukkan bahwa para atlet yang mengkonsumsi kafein sebelum latihan mampu membakar kalori 15% lebih banyak dibandingkan para atlet yang hanya mengkonsumsi plasebo.

2.Melancarkan aliran darah

Minum kopi sebelum beraktivitas ternyata dapat memperlancar aliran darah. Situs health.com menyebutkan tentang sebuah penelitian di Jepang mengenai efek kopi. Penelitian tersebut dilakukan dengan melakukan uji coba terhadap orang yang minum kopi dan tidak minum kopi. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa orang yang minum kopi mengalami peningkatan pada aliran darah sebanyak 30% selama 75 menit. Hal ini tentu sangat bagus bagi kesehatan tubuh, sebab semakin lancar aliran darah berarti semakin banyak oksigen masuk ke dalam tubuh.

3.Mengurangi rasa nyeri dan meningkatkan stamina

Beberapa hasil penelitian membuktikan bahwa minum kopi sebelum melakukan aktivitas berat seperti olahraga dan yang lainnya dapat mengurangi nyeri otot dan meningkatkan stamina. Diantara yang telah melakukan penelitian dalam masalah ini adalah para ilmuwan Universitas Illinois, Amerika Serikat.

 

4.Meningkatkan daya ingat

Hasil sebuah studi yang diterbitkan oleh Johns Hopkins University menyebutkan bahwa kafein sangat efektif meningkatkan daya ingat bahkan 24 jam setelah dikonsumsi. Hal ini tentu merupakan sebuah keuntungan yang besar, terutama bagi anda yang aktivitasnya membutuhkan daya ingat yang kuat.

5.Menjaga kekuatan otot

Sebuah studi dari Coventry University telah membuktikan bahwa mengkonsumsi kafein terbukti efektif mencegah berkurangnya kekuatan otot disebabkan penuaan.  Ini mungkin bisa menjadi sebab mengapa para petani yang berada di daerah pedesaan masih mampu memikul beban yang berat di usia senja mereka, karena umumnya mereka meminum 1-2 cangkir kopi sebelum berangkat ke sawah.

Tapi perlu diingat, meminum kopi tentu ada batasannya, karena bagaimanapun kopi juga dapat berdampak negatif bagi tubuh, apalagi jika ditemani dengan rokok. Nah, jika anda saat ini sedang berusaha untuk berhenti merokok. Ada baiknya anda mengunjungi situs kitabsehat.com untuk mengetahui kiat-kiat apa saja yang bisa anda lakukan agar anda bisa berhenti merokok.

 

Categories: Kesehatan

PROFIL AKU

20120120094


Popular Posts

Indigo, Startup Incu

Perkembangan startup dewasa ini mengalami peningkatan yang cukup pesat. Tiap ...

Kandungan Nutrisi Pa

Mungkin anda sering mendengar tentang manfaat spirulina untuk kesehatan , ...

12 Laptop Lenovo Ter

Para pencinta game online tentunya membutuhkan komputer ataupun laptop dengan ...

Manfaat Masker Spiru

Masker Spirulina – Spirulina atau biasa di sebut dengan ganggang ...

Ini Loh Berbagai Mac

Bagi seorang wanita, selaput dara merupakan sesuatu yang sangat sensitif ...