Personal Blog

Just another Blog UMY site

Asuransi dalam ekonomi islam dikenal dengan istilah takaful yang berasal dari bahasa arab yang memiliki arti saling menanggung atau saling menjamin. Asuransi sendiri dapat didefinisikan sebagai kegiatan yang berkaitan dengan pertanggung jawaban atau penjaminan resiko dengan telah menyepakati aturan tertentu. Di dalam ekonomi islam, asuransi harus dilakukan sesuai dengan syariat islam dan kemudian asuransinya dinamakan sebagai asuransi syariah

Asuransi saat ini sudah banyak digunakan oleh banyak orang di dunia untuk menjamin jika terjadi masalah di kemudian hari. Dalam aturan islam, asuransi merupakan transaksi yang di dalamnya terdapat perjanjian antara dua pihak dimana pihak satu merupakan nasabah yang memberikan dana secara rutin dan pihak lainnya yaitu perusahaan asuransi memberikan dana nasabah jika nasabah memiliki keadaan darurat dan tidak terduga.

Dalam pelaksanaan asuransi syariah harus dilandasi dengan aturan islam dan terdapat syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh para pelaksananya, berikut ini adalah syarat-syarat dalam melakukan kegiatan asuransi syariah, jika salah satu syarat ini tidak terpenuhi maka perjanjian dapat dibatalkan.

a.Orang yang melakukan kegiatan asuransi harus sudah baligh atau dewasa
b.Pelakunya memiliki akal, jika akalnya terganggu seperti sakit jiwa dan lainnya maka perjanjian tersebut tidak sah.
c.Ikhtiyar, artinya para pelakunya harus memiliki kehendak sendiri dan tidak bisa dipaksakan kehendaknya.
d.Apa yang menjadi perjanjian harus jelas. Semua transaksi atau perjanjian yang tidak diketahui tujuan dan apa yang diperjanjikan akan menjadi tidak sah dan ini sangat dilarang keras oleh syariat islam. Pembayaran yang dilakukan pun harus jelas dan harganya sesuai jika tidak dilaksanakan seperti hal ini maka perjanjian yang dilakukan sama dengan perjudian.

e.Transaksi yang dilakukan tidak boleh ada unsur riba melainkan menggunakan prinsip bagi hasil yang saling menguntungkan satu pihak dengan pihak lainnya.

Demikian syarat-syarat yang harus dipenuhi dalam melakukan asuransi sesuai syariat islam, namun tentunya saat ini juga ada syarat-syarat yang harus dipenuhi sesuai hukum yang berlaku supaya jika terjadi suatu hal sudah dapat dilindungi oleh hukum yang berlaku.

Categories: Uncategorized