Personal Blog

Just another Blog UMY site

Kerusakan Mobil yang Fatal

Posted by 20120120094 0 Comment

Mobil merupakan benda yang sudah tak asing lagi bagi masyarakat modern ini karena saat ini bila melihat ke jalan raya pasti akan menemui banyak kendaraan mobil ini. untuk bisa menggunakan mobil juga tidak perlu membelinya karena saat ini terdapat berbagai jasa penyewaan mobil yang memiliki berbagai macam koleksi mobil supaya pilihan anda tetap terpuaskan.
Namun mungkin perlu anda ketahui bahwa saat ini mobil juga kerap kali mengalami masalah kerusakan. Berikut ini akan dijelaskan beberapa penyebab utama kerusakan mobil yang jika dibiarkan akan menjadi fatal dan berbahaya bagi para pengemudi dan penumpangnya. Simak selengkapnya berikut ini:

1.Timing belt
Bagian timing belt dalam mobil merupakan salah satu yang penting karena fungsinya sebagai penyeimbang putaran dari kruk atas dan katup mesin mobil sehingga keduanya tidak bertabrakan. Jadi jika sampai timing belt ini lepas atau putus maka bisa menyebabkan kerusakan fatal pada mobil anda. Untuk menghindari kerusakan ini sebaiknya selalu ganti timing belt jika mobil sudah berkendara selama 25 ribu hingga 30 ribu km.

2.Knocking
Proses knocking ini adalah dimana bahan bakar diproses lebih cepat dibandingkan waktu yang seharusnya sehingga menyebabkan suhu udara di dalam mesin menjadi sangat panas meskipun baru dinyalakan. Untuk menghindari kejadian ini sebaiknya pilihlah bahan bakar yang bberkualitas dengan kadar oktannya 95. Jangan lupa untuk memeriksa bagian sistem pendingin.

3.Water hammer
Kronologi dari kasus ini adalah ketika terdapat air yang masuk ke dalam ruang pembakaran (water hammer) sehingga menyebabkan mesin gagal menyala dengan baik karena suhu yang didapatkan tidak sesuai. Oleh Karena itu tidak heran jika saat musim hujan dan banjir banyak kendaraan yang mogok di jalan.

4.Overheat
Masalah yang satu ini juga kerap kali dialami oleh para pengendara mobil yaitu mobil over panas yang ditandai dengan keluarnya asap dari bagian mesin mobil. Namun bagi anda yang menggunakan mobil keluara tahun baru-baru ini tidak perlu kahwatir karena sudah dilengkapi dengan mesin khusus supaya tidak terjadi overheat.
Jika anda sering mengalami masalah di atas sebaiknya setelah membaca artikel ini jangan sampai terjadi lagi ya. Jika anda tidak bisa memperbaikinya sendiri anda bisa menggunakan jasa salon mobil panggilan yang bisa anda panggil ke rumah.

Categories: Teknologi