Personal Blog

Just another Blog UMY site

Siapbisnis.net – Saat ini banyak sekali bisnis yang ditekuni oleh masyarakat, semakin maju zaman semakin beraneka ragam pula bisnis yang dijalankan. Sebagai seorang yang ingin memulai bisnis, persaingan bisnis yang semakin lama semakin ketat tentu menjadi sebuah motivasi atau bahkan momok tersendiri. Dengan persaingan yang semakin ketat ini banyak dari entrepreneur yang baru memulai usaha dengan cara membeli franchise. Dari segi pengertian franchise sendiri dalam bahasa indonesia berarti waralaba, waralaba adalah hak untuk menjual suatu produk, jasa ataupun layanan. Sedangkan pengertian dari versi asosiasi franchise indonesia, waralaba merupakan suatu sistem pendistribusian jasa atau barang kepada pelanggan akhir dengan pengwaralaba (franchisor) yang memberikan hak kepada individu maupun perusahaan untuk menjalankan bisnis dengan nama, merek, sistem dan lain sebagainya yang sudah ditetapkan sebelumnya dalam jangka waktu yang tertentu pula.

Untuk menjalankan sebuah bisnis franchise memang memerlukan ketekunan dan keinginan untuk terus belajar, karena memang bisnis franchise secara pengertian mudahnya merupakan bisnis milik sendiri tetapi masih berada dibawah naungan dan segala prosedur yang ditentukan oleh pemilik franchise. Banyak model franchise yang bisa anda tekuni, karena banyak dari pengusaha baik itu jasa maupun barang yang menawarkan bisnisnya sebagai franchise. Berikut adalah tips untuk memilih bisnis franchise yang baik.

  1. Tentukan bisnis franchise yang akan anda tekuni, dengan begitu anda tidak akan mengambang ketika anda memilih terjun dalam dunia bisnis franchise. Dengan mengambangnya keinginan anda dalam penentuan bisnis franchise, dikhawatirkan akan membuat anda merasa jenuh dan berpotensi bangkrut.
  2. Jangan tergoda dengan penawaran franchise yang murah, karena pada akhirnya penjual waralaba atau franchise akan menuntut pengembalian investasi bisnisnya melalui fee dan royalty. Jadi jangan pernah tergiur dengan harga waralaba yang murah.
  3. Pelajari terlebih dahulu waralaba tersebut, dengan mempelajarinya akan lebih memudahkan anda untuk mengobservasi bagaimana tingkat resiko yang dimiliki.
  4. Pemilihan lahan waralaba yang tepat, adalah hal yang salah ketika anda memilih tempat yang dihuni oleh waralaba lain silih berganti. Hal tersebut bisa saja karena bisnis mereka bangkrut akibat kurangnya peminat produk bisnis tersebut.
  5. Jangan selalu menuruti ego, dengan anda selalu menuruti ego anda, bisa saja anda akan terjebak kedalam ambisi sendiri.

Untuk menjalani bisnis franchise yang terpenting adalah selalu tekun dengan yang dijalani dan terus berusaha tanpa terpengaruh bisnis yang serupa. Sehingga anda akan menjadi seorang pemula dalam bisnis yang meraih hasil maksimal dibidang franchise.

Categories: Bisnis