Personal Blog

Just another Blog UMY site

Membuat Sumur Bor

Posted by 20120120094 0 Comment

Membuat sumur bor – Adakah sahabat yang menginginkan bikin sumur dimusim kemarau ini? Musim kemarau yaitu waktu yang pas utk menggali sumur. Argumennya yaitu kita bakal memperoleh hasil yang paling baik yakni kedalaman sumur yang optimal lantaran penggalian bakal meraih titik sumber mata air yang memenuhi utk keperluan air bersih saat musim kemarau tiba.

Langkah atau cara yang bakal dipakai dalam sistem penggalian sumur ada yang digali dgn cara manual dapat baca di sini artikel mengenai Sistem Pembuatan Sumur Gali atau memakai alat Bor manual ataupun mesin.

Pada saat ini saya bakal sharing narasi serta info sekitar kenyataan pembuatan Sumur Bor Manual yang saya peroleh dari pekerjanya segera saat kerjakan dirumah tetangga samping tempat tinggal tukang sumur di jakarta

Sumur Bor Manual yaitu sistem pembuatan sumur memakai alat bor berupa pipa yang diputar oleh tenaga manusia, umumnya satu team ada 3 orang ataulebih. Alat yang dipakai juga lumayan simpel, diantaranya :

  1. Mata Bor satu pipa dgn diameter 3 inchi atau 4 inchi panjangnya sekitaran 2 m ujungnya pipa kecil ukuran sekitaran 1 inchi sbg penyambung pipa batangan.
  2. Pipa batangan kisaran ukuran 1 inchi panjangnya 6 m dipakai sbg batang penyambung mata bor sesuai dgn kedalaman sumur.
  3. Pipa silang perempatan dipakai sbg pegangan utk memutar pipa yang dikaitkan dgn mata bor serta umumnya diatasnya di beri beban karung yang diisi tanah dgn bobot sekitaran 20 Kg.
  4. Kunci Monyet nyaris seperti kunci ingris dipakai utk memegang pipa ketika dikerjakan penyambungan.

Cost atau tarif yang dibanderol utk satu sumur dgn kedalaman kisaran 24 mtr. yaitu 5 juta hingga 6 juta bergantung negosiasi dgn pemborongnya. Namun umumnya dalam akad kesepakatan kedalaman tak jadi patokan didapatnya sumber mata air yang bagus yaitu tanda-tanda kesuksesan pengeboran saat telah lewat tes di sedot memakai pompa air minimum 4 jam tak putus.

Mahal atau tidaknya pengeboran juga di pengaruhi oleh berapakah besar diameter Pipa Casing yang bakal di tanam serta berapakah dalamnya, makin besar serta dalam jadi bakal makin mahal nilai yang di tawarkan pemborongnya.

Beberapa Kenyataan mengenai Sumur Bor Manual yang saya kenali berdasar pada penilaian sekian waktu lalu :

Harga paket Sumur Bor Manual tak beda jauh dgn memakai mesin selisih antar 1-2 juta.Pelaksanaannya lumayan lama dapat menggunakan saat berminggu-minggu bahkan juga bln..Bila menjumpai batu keras sejenis batu granit pengeboran tak dapat dilanjutkan lewat cara manual mesti dikerjakan memakai mesin.

Rada kasian juga lihat pekerjanya yang seperti kerja rodi tidak sama dgn pelaksanaan sumur gali yang terlihat enjoy.
Kesimpulannya, sistem pelaksanaan Sumur Bor Manual dirumah tetangga samping tidak berhasil serta menjumpai jalan buntu lantaran berjumpa dgn batu granit. Mulai sejak mata bor mengenai batu itu telah sekitaran 6-7 kali dibawa ke bengkel utk di las lantaran mata bor nya aus tergerus batu serta akhirnya tak beralih cuma sebagian cm saja menembus batu nya pada akhirnya di hentikan serta bakal dilanjutkan dgn bor mesin.

Categories: Rumah