Personal Blog

Just another Blog UMY site

Memang anak-anak mendapatkan pelajaran membaca di sekolah. Tapi, sebenarnya belajar di sekolah saja belum cukup. Selain belajar di sekolah, anak-anak sebaiknya juga belajar membaca di rumah. Masalahnya, mengajarkan membaca kepada anak-anak tidak selalu mudah untuk dilakukan. Biasanya anak-anak saat di rumah hanya ingin bermain dan bersantai, karena mereka sudah lelah belajar di sekolah. Kunci utama dari masalah ini adalah minat baca anak. Jika para orang tua dapat meningkatkan minat baca anak mereka, tentunya mereka tidak akan kesulitan untuk mengajari anak mereka membaca. Bahkan, dengan minat baca yang tinggi, anak-anak akan belajar membaca sendiri, tanpa perlu disuruh atau ditemani oleh orang tua mereka.

Ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan minat anak-anak untuk belajar membaca. Salah satunya adalah dengan memperkenalkan mereka kepada dongeng. Dulu, dongeng hanya tersedia dalam bentuk buku. Tapi sekarang, berkat kemajuan teknologi, dongeng tersedia dalam berbagai bentuk. Bagi mereka yang menggunakan gadget, dapat mengunjungi situs seperti http://www.ceritaanak.org/ di mana mereka dapat menemukan puluhan dongeng baik dari dalam maupun luar negeri. Dan tentunya, semua itu tersedia secara gratis. Para pengunjung dapat membaca semua dongeng tanpa dipungut biaya. Selain situs-situs yang menyediakan cerita untuk anak, ada banyak juga aplikasi di Play Store yang menyediakan aplikasi dongeng. Aplikasi semacam ini sebagian besar juga gratis.

Bagi anak-anak, belajar membaca dengan membaca dongeng jauh lebih menarik daripada belajar membaca dengan buku pelajaran seperti saat mereka di sekolah. Membaca dongeng tidak membosankan, dan tentunya dapat mengasah imajinasi mereka. Biasanya, dongeng juga dilengkapi dengan gambar-gambar yang sangat menarik. Jadi, mari perkenalkan dongeng kepada anak untuk meningkatkan minat baca mereka

Categories: Teknologi