Personal Blog

Just another Blog UMY site

Seni ukir pada meubel atau perabotan memang sudah menjadi khas yang tidak dapat dipisahkan dari warna Jepara. Hampir semua perabotan yang dibuat oleh penduduk di sana pasti dihiasi oleh Ukiran Jepara. Hal ini tentu menjadi sesuatu yang unik mengingat jika pada umumnya corak atau motif yang ada pada beragam perabotan rumah tangga terbuat dari sticker atau lukisan. Memang hanya orang-orang yang ahli saja yang mampu membuat ukiran tersebut sehingga tidak tentu tidak mengherankan apabila harga jual untuk setiap produk kerajinan yang terdapat ukiran kayu khas Jepara memiliki harga yang cukup mahal.

Apa saja ciri khas ukiran kayu jati dari Jepara?

Hampir semua perabotan yang dibuat oleh para pengrajin yang ada di Jepara atau para pengrajin yang berasal dari sana selalu dihiasi oleh ukiran yang khas yang sering disebut dengan ukiran kayu jati khas Jepara. Namun untuk bisa membedakan mana yang asli dan mana yang palsu, Anda harus mengetahui beberapa ciri yang ada pada kerajinan tersebut. Berikut beberapa ciri khas dari setiap ukiran yang ada pada setiap meubel buatan kota pengrajin meubel tersebut:

  1. Tampilan untuk setiap ukirannya sangat khas

Tampilan ukiran Jepara yang ada pada setiap kerajinan kayu jati buatan Jepara memang sangat khas. Jika memang ukiran tersebut dikerjakan oleh orang yang profesional maka tampilan ukiran tersebut akan tampak sangat halus dan luwes atau tidak kaku. Tidak hanya itu, bentuk ukirannya pun terlihat lebih rapi walaupun memiliki bentuk yang rumit. Coraknya pun cocok untuk dipadukan dengan beragam konsep rumah tinggal baik itu minimalis maupun glamour. Hal ini dikarenakan karena setiap ukiran khas Jepara sangatlah fleksibel. Sehingga perabotan akan tetap enak dipandang meskipun usianya sudah berabad-abad.

  1. Corak atau motifnya tidak terbatas

Apabila Anda bertanya ada berapa banyak corak atau motif dari ukiran kayu jati yang ada di Jepara maka jawabannya adalah tidak terbatas. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan karena setiap pengrajin mempunyai kemampuan tersendiri dalam merancang corak yang akan di ukir pada setiap meubel buatan mereka. Hal ini tentunya bisa menjadi berita bagus bagi Anda para penggemar atau kolektor berbagai meubel dengan berbagai jenis ukiran berbeda. Ukiran yang ada meubel sebenarnya bisa dipesan secara khusus pada beberapa ahli ukir dan pembuat meubel. Jika Anda ingin mendesain sendiri corak atau motif yang akan diukir sebaiknya dilakukan pada orang atau pengrajin yang memang sudah profesional. Selain hasil ukirannya akan lebih rapi, pengrajin tersebut juga bisa membuat corak atau motif yang Anda inginkan menjadi lebih hidup.

  1. Inovasi langsung para pengrajin

Memang ada beberapa patokan khusus dalam setiap pembuatan ukiran Jepara sehingga tidak sembarangan orang yang bisa membuat ukiran tersebut. Meski demikian, para pengrajin bisa bebas menyalurkan idenya untuk setiap ukiran yang dibuat. Masing-masing daerah di Jepara memiliki khasnya masing-masing sehingga ada banyak sekali motif atau corak yang dihasilkan. Motif yang digunakan juga tidak akan monoton karena setiap pengrajin memiliki kemampuan untuk membuat motif tersebut menjadi lebih rapi, hidup, dan lebih menarik.

Dengan mengetahui beragam ciri khas ukiran kayu jati khas Jepara seperti di atas semoga bisa membantu Anda dalam membedakan mana kerajinan kayu yang asli buatan Jepara mana yang tidak. Semoga bisa bermanfaat.

Categories: Rumah