Personal Blog

Just another Blog UMY site

Bagi seorang wanita, selaput dara merupakan sesuatu yang sangat sensitif untuk dibahas. Selain itu selaput dara sangat berkaitan dengan masalah keperawanan, sehingga banyak yang beranggapan jika ingin mengetahui apakah seorang wanita perawan atau tidak maka lihatlah selaput daranya apakah sudah robek atau belum. Lalu sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan selaput dara? Kemudian bagaimanakah bentuk selaput dara pada wanita sebenarnya?

Selaput dara atau di dunia medis dikenal dengan nama hymen, merupakan sebuah lapisan tipis yang merentang pada vagina. Tahukah Anda bahwa ternyata bentuk selaput dara antara wanita satu dengan lainnya berbeda-beda. Pada wanita normal, biasanya selaput dara mengelilingi vagina dan berbentuk setengah bulan.

Selaput dara dapat mengalami kerusakan berupa terjadinya perobekan yang disebabkan oleh hubungan intim dengan pasangan atau oleh berbagai aktifitas lainnya seperti bersepeda, berolahraga, cedera, masturbasi, atau pemeriksaan vagina.

Bentuk Selaput Dara

Selaput dara mempunyai bentuk yang berbeda antara wanita satu dengan lainnya. Berikut ini adalah beberapa bentuk selaput dara pada wanita:

Microperforate Hymen

Merupakan bentuk selaput dara yang hampir sepenuhnya menutupi lubang vagina, meskipun hampir menurutupi lubang vagina, akan tetapi darah haid masih dapat keluar. Namun bagi wanita yang masih perawan kemungkinan tidak dapat menggunakan tampon.

Annular Hymen

Bentuk ini merupakan bentuk selaput dara pada wanita normal yang banyak ditemukan pada wanita. Annular hymen sendiri mempunyai bentuk bulat penuh seperti bentuk cincin.

Septate Hymen

Septate hymen adalah bentuk selaput dara pada wanita yang terdiri dari dua bukaan atas pada vagina, dengan kondisi seperti ini, aliran darah haid tidak akan berhenti dan masih dapat memblokir penggunaan tampon pada wanita yang masih perawan. Apabila wanita yang masih perawan tidak menggunakan tampon, maka tidak akan ada masalah sebelum dirinya kehilangan keperawanannya. Namun wanita tersebut akan mendapatkan masalah ketika melakukan hubungan seksual yang pertama kalinya. Oleh karena itu, apabila Anda mengalami kondisi seperti tersebut, maka segeralah pergi ke dokter untuk dilakukan operasi kecil.

Imperforate Hymen

Bentuk selaput dara jenis ini tidak menutupi pembukaan vagina sepenuhnya, akan tetapi kondisi ini tidak akan dapat terdiagnosis hingga usia wanita tersebut telah memasuki usia pubertas, dan mengalami siklus haid pertama kali. Bentuk selaput dara seperti ini tidak mengakibatkan darah haid mengalir keluar dari vagina.

Itulah beberapa bentuk selaput dara yang dikenal dalam dunia medis. Akan tetapi jika selaput dara Anda mengalami perubahan yang diakibatkan oleh sesuatu, Anda dapat melakukan beberapa operasi yang dapat membantu memperbaiki selaput dara Anda.

Adapun beberapa operasi yang dapat dilakukan untuk memperbaiki selaput dara Anda, antara lain yaitu:

Hymenoplasty

Operasi ini merupakan salah satu operasi plastik yang pada umumnya dilakukan untuk memperbaiki selaput dara yang telah rusak akibat alasan pribadi. Operasi ini biasanya dilakukan karena alasan pribadi, karena kebutuhan atau hanya karena alasan spiritual lainnya.

Hymenectomy

Ini adalah operasi dengan prosedur bedah yang dilakukan untuk membuka selaput dara yang mempunyai bentuk microperforate, imperforata, dan septate.

Itulah beberapa bentuk selaput dara pada wanita serta beberapa operasi yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki selaput dara yang telah rusak sehingga kembali seperti semula.

Categories: Kesehatan