Personal Blog

Just another Blog UMY site

Bisnis adalah salah satu cara mendapatkan penghasilan yang diyakini menjanjikan untuk ke depannya. Pasalnya, bidang yang digeluti pada dunia bisnis lebih luas dibandingkan dengan pekerjaan lain selian dunia bisnis. Mulai dari bidang kesehatan, peternakan, dan lain-lain. Salah satu bidang bisnis yang menjadi favorit masyarakat Jogja adalah peternakan, terlebih peternakan kambing untuk keperluan aqiqah. Untuk Anda yang berminat untuk melakukan bisnis tersebut, bacalah kiat bisnis kambing aqiqah Jogja berikut.

Anda menginginkan menjalankan bisnis ternak kambing aqiqah Jogja? Jika benar, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelumnya, diantaranya adalah :

  1. Ilmu pengetahuan mengenai beternak kambing dan ilmu marketingnya

Hal ini penting bagi Anda terutama bagi Anda yang belum pernah menjalankan bisnis pada bidang ini. Sebab, menjalankan bisnis pada bidang peternakan tidaklah mudah. Anda dapat atau mencari ilmu tentang peternakan tersebut dari orang-orang yang lebih senior, melalui internet atau pelatihan budidaya ternak kambing.

  1. Persiapan pakan hijauan dan sumber pakan pendukung

Bagi calon peternak, hal ini perlu diperhatikan untuk menunjang pakan kambing. Sebab jika Anda mengandalkan pakan dengan membeli tentu sangat memakan biaya yang sangat banyak. Oleh karenanya tanamlah pepohonan yang menghasilkan dedaunan yang banyak pula untuk sumber pakan kambing.

  1. Kandang kambing yang baik dan berestetika

Pembuatan kandang dapat Anda sesuaikan dengan  arah tujuan Anda beternak. Selain itu dapat Anda kombinasikan dengan Anda punya, misalkan luas tanah Anda cukup luas, maka buatlah kandang dengan model panggung serta kombinasikan dengan sistem umbaran atau digembalakan. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan bahan material hingga ukuran kandang, hingga tata letaknya.

  1. Memilih dan menetukan arah tujuan Anda beternak.

Terkahir adalah menentukan arah tujuan Anda beternak. Hal ini lebih terfokus pada pemilihan bibit kambing itu sendiri. Jika Anda ingin berbisnis kambing pedaging, akan lebih baik jika Anda memilih jenis kambing jawa randu, kambing boer, kambing peranakan etawa kelas pedaging.

Setelah mengetahui kiat bisnis kambing aqiqah di Jogja, tak ada salahnya jika Anda mencobanya. Namun perhatikan hal-hal di atas. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Categories: Bisnis