Personal Blog

Just another Blog UMY site

Semakin hari kita semakin akrab dengan yang namanya teknologi. Terlebih lagi dengan smartphone yang sudah tak asing lagi bagi semua orang. Kemajuan teknologi yang semakin pesat ini rupanya banyak membantu penyajian informasi yang lebih cepat dan efisien. Tahukah Anda, berdasarkan Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan, sekitar 65 juta penduduk Indonesia merupakan pengguna aktif smartphone. Dengan angka yang cukup besar ini, tak heran apabila Indonesia disebut sebagai negara raksasa teknologi digital Asia.

Angka tersebut bisa berkembang menjadi 100 juta orang pada tahun 2018. Hal ini mampu menjadikan Indonesia sebagai negara dengan pengguna smartphone aktif terbesar ke-empat di dunia setelah cinta, India, dan Amerika seperti yang dilansir oleh lembaga riset digital marketing Emarketer.

Maraknya penggunaan ponsel pintar ini disebabkan oleh berbagai kemudahan yang bisa dilakukan tanpa terbatas waktu dan jarak, sebut saja seperti memperluas pertemanan melalui sosial media, jual-beli barang, hingga mampu meningkatkan produktivitas kerja. Salah satu manfaatnya kini bisa rasakan oleh team HRD untuk mengolah data absensi, kegiatan personalia dan penggajian dapat dilakukan melalui aplikasi smartphone. Aplikasi absensi online ini mampu memudahkan team HRD perusahaan dalam memantau kehadiran karyawan, memonitor masa kontrak kerja, melihat performa, serta merekap laporan absensi dan tindakan indisipliner karyawan.

Dari sisi karyawan, penggunaan aplikasi absensi online dapat memudahkan proses scan absensi dan mengajukan izin ke HRD secara langsung melalui ponsel tanpa harus menggunakan mesin absensi kantor. Salah satu aplikasi absensi online lokal yang kini tengah naik daun ialah EZCloud besutan perusahaan mesin absensi sidik jari, Fingerspot, yang bisa didownload secara gratis di PlayStore. Aplikasi ini telah dilengkapi dengan fitur scan GPS untuk mencatat waktu scan kehadiran karyawan, yang memungkinkan karyawan mobile yang sering berpindah tempat kerja seperti tenaga marketing, surveyor, teknisi, dan kurir.

Fitur scan GPS telah dilengkapi dengan keamanan yang efektif mencegah manipulasi data scan absensi yang dilakukan oleh karyawan. Hal ini karena aplikasi absensi online tersebut akan merekam lokasi kerja karyawan, sehingga atasan atau pemilik bisnis dapat memantau lokasi kerja tersebut.

Categories: Teknologi