Personal Blog

Just another Blog UMY site

Rayap merupakan musuh utama yang menyerang peralatan mebel dari kayu. Banyak orang yang mengeluh tentang masalah satu ini karena dapat merusak kayu dan perabotan rumah. Ada beberapa cara agar kayu tidak dimakan rayap. Cara berikut ini menggunakan bahan Obat Rayap Kimia dan bahan alami disekitar kita. Namun jangan salah, cara agar kayu tidak dimakan rayap ini sangat ampuh untuk mengusir dan membunuh rayap.

Berikut adalah cara untuk mencegah kayu dimakan rayap:

Menggunakan Oli Bekas

Agar kayu tidak dimakan rayap, anda bisa menggunakan oli bekas untuk melumuri kayu tersebut. Rayap tidak senang terhadap bau dari oli bekas tersebut, jika anda mengolesinya, kayu tidak akan dimakan rayap dan rayap tersebut akan segera pergi.

Daun Salam dan Kemangi

Cara ini merupakan cara ampuh agar kayu tidak dimakan rayap. Jika anda memiliki bongkahan kayu atau memiliki lemari dengan rayap didalamnya sangat mudah sekali untuk mengusir rayap tersebut dengan menggunakan daun salam dan kemangi. Aroma ang kuat dari bahan tersebut jika tercium oleh rayap akan membuat mereka segera pergi.

Rendaman Tembakau dan Garam

Selain itu ada cara lain agar kayu tidak dimakan rayap. Dengan cara merendam tembakau (anda bisa mendapatkannya dari rokok) dengan air biasa dan biarkan selama seharian. Setelah itu ambil sari dari rendaman tersebut dan campurkan dengan garam. Setelah diaduk rata segera semprotkan atau siramkan pada kayu yang terdapat rayapnya. Dalam beberapa jam rayap akan berpindah tempat dan kayu tidak dimakan rayap lagi.

Meni Kayu

Meni kayu adalah produk cat dasar untuk kayu. Kandungan dalam meni kayu ini memiliki sifat adesif dan tahan terhadap parasit seperti rayap, lapuk, dan jamur. Meni kayu ini merupakan salah satu cara agar kayu tidak dimakan rayap. Biasanya meni kayu ini berwarna merah yang berasal dari pigmen timah merah.

Umpan Tisu dan Heksaflumuron

Cara ini sebenarnya sebagai umpan agar rayap memakan tisu dan bahan kimia. Cara ini menggoda rayap agar memakan tisu dan nantinya rayap akan mati. Basahi tisu dengan cairan zat kimia heksaflumuron dan tempatkan di dekat kayu yang terdapat rayapnya. Cara ini bertujuan agar kayu tidak dimakan rayap.

Categories: Tips