Personal Blog

Just another Blog UMY site

Terlalu asyik menggunakan kartu kredit seringkali menyebabkan penggunanya lupa, bahwasanya sebuah kartu yang digunakan tersebut harus dibayar tagihan setiap bulannya. Banyak kejadian pengguna kartu kebablasan hingga mencapai batas over pemakaian. Jika sudah mengalami hal seperti ini, banyak pengguna yang bingung dan mencari cara melunasi hutang kartu kredit yang menumpuk tersebut. Bahkan beberapa diantaranya tidak sanggup membayar dan alhasil harus berurusan dengan pihak bank. Untuk mengantisipasi hal tersebut, jadilah pengguna yang bijak dan hanya menggunakannya untuk keperluan yang semestinya. Bukan untuk berhura-hura, berbeda jika Anda memang sanggup membayar tagihan setiap bulannya.

Bagi Anda yang sudah terlanjur memiliki tunggakan atau hutang yang menumpuk pada penggunaan kartu kredit, cobalah beberapa tips melunasi hutang kartu kredit yang menumpuk dari modalkita.com berikut ini:

  1. Berhenti melakukan aktivitas menggunakan kartu kredit untuk sementara waktu

Agar hutang tidak bertambah banyak, lebih baik Anda berhenti untuk beberapa saat dalam menggunakan kartu kredit, setelah sudah memiliki kemampuan untuk membayar tagihannya, barulah penggunaan katu kredit dapat dilakukan kembali.

  1. Membuat sebuah daftar prioritas yang akan dilunasi

Cara kedua yang dapat dilakukan bagi Anda yang memiliki kartu kredit lebih dari satu. Dengan daftar prioritas ini, Anda akan mengetahui kartu kredit mana yang harus dilunasi terlebih dahulu.

  1. Memilih tagihan dengan jumlah bunga yang terbesar

Cara ketiga adalah, pilihlah tagihan kartu kredit yang memiliki bunga terbesar, hal ini bertujuan agar pembayaran yang Anda lakukan tidak terlalu berat. Ketika tagihan kartu kredit yang memiliki bunga besar tersebut terlunasi, barulah Anda dapat fokus bagaimana caranya melunasi tagihan yang memiliki suku bunga rendah.

  1. Melakukan pinjaman

Pinjaman yang dimaksudkan disini, bukanlah sembarang pinjaman. Melainkan pinjaman yang memiliki suku bunga lebih kecil dari kartu kredit yang dimiliki. Cara ini dapat dikatakan pula sebagai cara gali lubang tutup lubang.

  1. Menjual aset berharga

Cara terakhir yang dapat dilakukan agar hutang kartu kredit terlunasi adalah menjual aset-aset berharga yang dimiliki seperti rumah ataupun motor dan mobil.

Meskipun banyak cara untuk melunasi hutang kartu kredit yang menumpuk, akan tetapi sangat dianjurkan jika Anda jangan sampai menimbun hutang pada bank terlalu banyak, bagaimanapun bunga bank akan terus mencekik dan menghantui Anda. Semakin lama Anda membayar tagihan hutang (termasuk tagihan kartu kredit) semakin berat bunga yang harus dibayarkan.

kunci utama ketika memiliki sebuah kartu kredit ini adalah kecermatan dan kehati-hatian. Jika Anda memiliki kehati-hatian yang tinggi maka, Anda tidak akan lagi kebingungan untuk melunasi hutang kartu kredit yang menumpuk, karena memang penggunaan kartu kredit Anda masih batas wajar dan tiak masuk tahap over.

Categories: Bisnis