Personal Blog

Just another Blog UMY site

Menjadi topik pembicaraan atau pusat perhatian publik  – dalam hal positif – tentu menjadi impian tiap brand. Namun, ini bukanlah suatu hal mudah untuk dicapai. Mengingat ada begitu banyak persaingan usaha, khususnya dalam pasar e-commerce di Indonesia. Meski begitu, ada banyak perusahaan yang cukup kreatif dan berani untuk meciptakan iklan dengan konsep jauh dari kata mainstream. Beberapa dari iklan tersebut lebih mengarah pada komedi dan ada juga yang bermain dengan emosi netizen.

Jonah Berger – Penulis dari novel Contagious: Why Things Catch On – mengatakan bahwa penting untuk suatu brand dapat mencari cara dalam menyentuh emosi publik. Emosi tersebut tidak selalu harus menggambarkan sesuatu yang sedih, tapi juga lucu dan relatable.

“Emosi adalah salah satu faktor yang mendorong publik untuk berbicara. Banyak sekali video lucu yang berhasil menjadi viral di YouTube. Banyak juga tersebar video para pelaku politik yang mengamuk,” ucap Berger. “Jenis emosi yang dapat memicu humor, kagum, kegembiraan, atau bahkan amarah dan kegelisahan, akan mendorong publik untuk angkat bicara soal hal tersebut”.

Terlepas dari membangun brand awareness dan meningkatkan marketing budget, yang terpenting adalah memiliki ide cerdas serta eksekusi sempurna. Ini dia 10 iklan yang berhasil menjadi bahan perbincangan publik:

1. Indoeskrim Nusantara

youtube.com

Seperti yang kita tahu, Indonesia memiliki keunikan dalam film yang bertemakan kolosal. Ini juga dimanfaatkan oleh brand Indoeksrim Nusantara. Ide kreatif yang digabungkan dengan tema film kolosal zaman 90-an ini, berhasil menarik perhatian publik dari dalam maupun luar negeri.  Bahkan, tercatat lebih dari 2 juta orang telah menonton iklan ini lewat YouTube!

2. Shopee Iklan Gratis Ongkir

rinividivici.web.id

Konsumen online Indonesia sempat dibuat heboh dengan iklan Gratis Ongkir (ongkos kirim) dari Shopee. Bagaimana tidak, Shopee menjadi mobile marketplace pertama yang berani menawarkan gratis Ongkir kepada seluruh pelanggannya. Taktik pintar ini pun berhasil memikat semakin banyak pengguna – termasuk penjual maupun pembeli – dari seluruh Indonesia.

3. Uber Unlock Jakarta

ytimg.com

Uber merupakan perusahaan yang memiliki nama besar tidak hanya di Indonesia tapi juga di seluruh dunia. Itu sebabnya, jika urusan marketing, perusahaan ini tidak tanggung-tanggung dalam mengeluarkan anggaran besar serta ide kreatifnya. Iklan Uber Unlock Jakarta ini contohnya! Konsepnya menggunakan kotak kardus besar sebagai representatif dari kendaraan yang ada di Jakarta. Iklan ini mengkomunikasikan pentingnya untuk publik mulai menggunakan kendaraan umum, guna mengurangi kemacetan Jakarta.

4. ALS

wordpress.com

Contoh lainnya datang dari Amerika Serikat. Pada tahun 2014, Amyotrophic Lateral Sclerosis (ALS) Association meluncurkan salah satu iklan atau campaign paling sukses sepanjang masa. Nama-nama besar seperti Justin Bieber, Oprah Winfrey, dan Barack Obama ikut andil dalam mengumpulkan dana untuk penelitian ALS. Tercatat, 6 bulan setelah campaign ALS meledak di sosial media, telah terkumpul dana sekitar US$115 juta.

5. Oreo

businessinsider.com

Tahun 2013 pada Super Bowl XLVII – pertandingan kejuaraan tahunan football – terjadi pemadaman listrik yang berlangsung selama 34 menit di Superdome. Tentu saja, brand kue ternama Oreo dengan cepat memanfaatkan kesempatan ini sebagai peluang marketing yang cerdas. Alhasil, iklan Oreo ini berhasil mendapatkan 20,000 retweets dan lebih dari 20,000 likes di Facebook.

Categories: Bisnis