Personal Blog

Just another Blog UMY site

Parket merupakan jenis lantai kayu yang bisa diterapkan pada lantai yang tujuannya untuk menambah estetika sebuah hunian, terutama di bagian interiornya. Parket lantai ini permukaannya memiliki tekstur yang memberikan kesan dan nuansa yang mewah, elegan, serta nyaman. Tidak hanya untuk estetika saja, ternyata penggunaan parket pada lantai rumah juga memberikan dampak yang positif untuk kesehatan para penghuninya. Dimana parket ini mampu mengurangi adanya pengaruh Volatile Organic Compounds di dalam ruangan.

Menggunakan parket di lantai rumah anda membuat rumah menjadi terlihat lebih bersih. Bagi penghuninya juga akan merasa nyaman untuk jalan dan duduk di atasnya. Ada dua jenis parket yang bisa digunakan untuk lantai yaitu kayu solid dan parket yang dibuat dari bahan kayu sintetis tentunya harga lantai parket tersebut cukup murah. Masing-masing jenis ini memiliki kelebihan dan kekurangannya.

Penggunaan parket kayu solid memiliki kelebihan penampilannya yang lebih bagus dan menarik. Hal ini dikarenakan didapatkan langsung dari pohon. Tingkat keawetannya lebih baik baik dibandingkan jenis lantai kayu lainnya. Sedang kekurangannya yakni lebih mudah lembap, karena mudah memuai dan menyusut. Harganya jauh lebih mahal dibandingkan lantai kayu lainnya. Alasannya lebih mahal karena jumlahnya yang lebih sedikit sehingga pengadaannya pun terbatas sehingga harganya lebih tinggi.

Untuk pemasangannya pun perlu diperhatikan. Ada syarat-syarat yang harus dipenuhi ketika mengaplikasikannya sebagai lantai kayu supaya kebersihannya lebih terjaga dan memastikan di kemudian hari parket lantai tersebut tidak keropos dan lembab. Bila cara pemasangan parket kayu lantai ternyata tidak bisa diaplikasikan sebaiknya parket lantai tersebut tidak dipasang. Jika tetap dipasang maka akan berakibat seperti berikut ini.

  1. Hasil yang didapatkan dari pemasangan lantai kayu tersebut akan tidak bagus. Anda juga tidak akan mendapatkan hasil yang didapat seperti lantai-lantai di kamar mewah yang biasa anda lihat di media-media online dan cetak.
  2. Pemasangan yang dipaksakan pada lantai kayu maka akan membuat nilai estetika dari hunian anda menjadi tidak sempurna. Rumah anda akan terkesan biasa saja dan tidak memberikan nuansa mewah dan elegan.
  3. Parket kayu yang tidak bisa dipasang dan dipaksakan untuk dipasang membuat lantai rumah anda tidak sempurna seperti yang diharapkan.
  4. Konsep rumah yang anda inginkan dari pemasangan parket lantai yang salah menjadikan tidak sesuai dengan keinginan anda.
  5. Parket kayu akan cepat rusak, saat pemasangan yang dilakukan tidak dilakukan secara profesional.
Categories: Rumah