Personal Blog

Just another Blog UMY site

Teknologi inverter yang diterapkan dianggap lebih baik dibandingkan ac konvesional saat ini. Apa memang benar demikian? Sebelum anda membelinya, maka anda harus ketahui dahulu apa saja kelebihan serta kekurangan dari ac inverter ini. Namun sebelum itu juga, pastikan pula anda mengetahui apa yang dimaksud dengan teknologi inverter. AC inverter merupakan suatu teknologi yang diterapkan pada ac dimana fungsinya untuk mengontrol kecepatan motor kompresor supaya aliran refrigeran terdorong ke dalam sistem ac untuk mengatur suhu ruang.

Teknologi inverter terintegrasi dengan unit outdoor dan karena kecepatan motornya yang mampu dikontrol secara halus pada berbagai tingkat akhirnya dan memungkinkan ac inverter ini sangat hemat listrik. Selain itu memiliki kelebihan dibandingkan ac konvensional.

Berikut ini beberapa kelebihan beserta kekurangan ac inverter yang terbaik yang perlu diketahui.

Kelebihan ac inverter

AC inverter memiliki kelebihan lebih hemat listrik. Mengapa bisa hemat listrik? Karena teknologi inverter hanya menggunakan sumber daya sekitar 30% lebih kecil dibandingkan ac konvensional. Bahkan ada pula beberapa produk yang mengklaim mampu menghemat listrik hingga 60%.  Sistem teknologi inverter sangat berbeda dengan ac konvensional. Di ac inverter ini yang diunggulkan adalah kecepatan yang menjadi fitur unggulannya. Ketika anda menggunakan ac inverter ini, anda akan merasakan waktu yang lebih cepat untuk mencapai suhu ruangan. Coba bandingkan dengan ac konvensional yang harus menunggu beberapa saat untuk pengaturan suhu yang diinginkan.

Kelebihan selanjutnya, selain kecepatan dalam memberikan suhu. AC inverter juga mampu memberikan hentakan pada listrik 1/3 lebih rendah dibandingkan ac konvensional. Menggunakan ac inverter ini, anda tidak akan suhu yang labil di ruangan anda.

Kekurangan AC inverter

Meski produk ac harga murah dengan teknologi inverter ini terbukti memiliki banyak kelebihan dan keunggulan dibandingkan ac konvensional. Namun, tentunya masih ada saja kekurangan yang perlu anda ketahui dari ac inverter ini, diantaranya:

  1. AC inverter harganya lebih mahal karena teknologi baru yang disematkannya itu.
  2. Kinerja yang beda dari ac inverter, dimana ketika suhu ruangan sudah tercapai targetnya, maka unit outdoor tetap bekerja di kecepatan rendah.
  3. Pengguna ac konvensional yang ingin mengganti dengan ac inverter, maka instalasinya harus dilakukan pembongkaran total. Pasalnya pipa yang digunakan khusus. Lebih tebal dibandingkan pipa ac konvensional.

 

Categories: Teknologi