Personal Blog

Just another Blog UMY site

 

sumber : beritasatu.com

Setelah lulus sekolah menengah atas (SMA) banyak pelajar tanah air yang bertekad melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Bahkan sudah banyak pemuda dan pemudi Indonesia yang melanjutkan pendidikannya ke luar negeri, seperti Amerika, Belanda, Jepang dan masih banyak lagi. Kuliah di luar negeri memang tidak gampang kan, guys? Apalagi melewati jalur beasiswa yang persaingannya ketat sekali. Tetapi untuk sekarang ini sudah banyak kuliah di luar negeri yang menyediakan jalur-jalur khusus. Nah, buat kamu yang minat berkuliah di luar negeri sudah tahu apa saja tipsnya? Yuk, simak di bawah ini!

Mencari Informasi program kuliah

sourc: okezone.com

Kalau kamu ingin kuliah di luar negeri tentunya kamu harus mencari informasi tentang program perkuliahan di setiap negara yang kamu minati. Atau kamu bisa mencari informasi melalui kedutaan luar negeri dan agen swasta yang disediakan di setiap negara seperti, agen kuliah di Malaysia, agen kuliah di Belanda, agen kuliah di Amerika dan masih banyak lagi.

Hal yang harus dipersiapkan

sumber : cosmopolitan.co.id

Jika sudah menentukan untuk kuliah di luar negeri yang kamu pilih, maka butuh beberapa syarat yang harus kamu persiapkan semuanya. Seperti syarat pendaftaran, membuat visa pelajar, proses pendaftaran, syarat masuk, cari informasi tentang program perkuliahan, dan cara mendaftar kuliah di luar negeri.

Menyiapkan biaya kuliah

sumber: 99.co

Kuliah di luar negeri memang tidak sama seperti kuliah di Indonesia. Jika kamu ingin kuliah di luar negeri maka harus siap dengan biaya hidup untuk di sana. Kalau tidak ingin merepotkan orang tua karena pengeluaran kita yang besar sekali, solusinya kamu bisa mencari pekerjaan seperti, kerja part time untuk menambahkan uang saku. Selain itu, jika kamu bekerja part time akan banyak menambah wawasan di sana dan memperlancar bahasa asing.

 

Belajar budaya negara yang kamu tuju

sumber : indbeasiswa.com

Point yang satu ini sangat penting sekali! Kamu harus belajar budaya dari negara yang kamu ingin tuju nanti guys, karena di setiap negara pasti memiliki kultur yang berbeda-beda. Sehingga akan berpengaruh dengan bagaimana kamu bersosialisasinya nanti. Kemudian untuk musim dan cuaca di setiap negara berbeda, khususnya bagi yang ingin kuliah di negara yang memiliki 4 musim harus mempersiapkan apa saja yang akan disiapkan.

Belajar Bahasa Asing

 

sumber : fimela.com

Kemampuan berbahasa asing sangatlah penting! Dan bahasa asing yang wajib dikuasai adalah bahasa Inggris. Jika kamu yang minat kuliah di luar negeri ambilah kursus Bahasa Inggris, karena akan mendukung komunikasi kamu selama kuliah disana. Hal semacam ini bukan hanya penting untuk berkomunikasi dengan lawan bicara saja, tetapi akan membantu kamu untuk belajar di perkuliahan dan membaca buku materi kuliah.

Belajar menjadi pribadi yang mandiri

 

sumber : tipspengembangandiri.com

Hidup sendiri di negara orang dan jauh dari orang tua memang berat sekali dan membutuhkan kemandirian yang ekstra. Apalagi kamu sudah pergi jauh tetapi belum memiliki pengalaman untuk mengurus dirimu sendiri dan belum menguasai dasar-dasar pengetahuan. Maka mulai sekarang usahakan selalu belajar untuk mandiri sebelum berkuliah di luar negeri agar nanti kamu terbiasa hidup sendiri di negara orang lain.

Pilih negara, Universitas dan jurusan yang tepat

sumber : wap.mi.baca.co.id

Kamu pasti memiliki negara dan universitas impian yang ingin dituju. Namun, terkadang orang-orang terdekatmu merujuk untuk kuliah di negara “ini” atau Universitas “itu” dan tidak memikirkan secara spesifik tentang jurusan apa yang ingin kamu tuju. Kesimpulannya, kamu harus pilih jurusan yang sesuai passionmu agar melakukannya dengan sepenuh hati. Sayang sekali bukan? Kamu sudah jauh-jauh pergi ke negara orang untuk kuliah tetapi tidak sesuai ekspektasi.

Cari tahu kualifikasi dan persyaratan yang dibutuhkan universitas

sumber : liputan6.com

Rencana untuk kuliah di negara orang lain tentu kamu harus telusuri lebih lanjut tentang universitas tersebut, juga tak lupa untuk mencari persyaratan yang diminta kampus dan kualifikasi yang perlu kamu penuhi. Universitas-universitas di tiap negara biasanya memiliki kualifikasi level penguasaan bahasa calon mahasiswanya. Lalu, kamu akan diminta memiliki kualifikasi dari standar kurikulum ajaran tertentu misal A-levels, IB, dan lain-lain.

Kemudian kamu juga bisa menggunakan standar kurikulum nasional Indonesia. Tetapi, ada baiknya kamu menyiapkan rencana B, C, D dan seterusnya agar kalau kamu kurang memenuhi syarat yang diminta, kamu masih memiliki rencana cadangan.

Memiliki alasan yang jelas dan motivasi yang kuat

sumber : edukasi.kompas.com

Sudah banyak anak muda di zaman sekarang ini memutuskan untuk kuliah di luar negeri. Tidak bisa dipungkiri ya guys jika berminat untuk kuliah di luar negeri memang terbilang “tinggi” dan penting sekali untuk kamu memiliki alasan yang kuat berkuliah di luar negeri. Kemudian untuk proses penyesuaian diri dan belajar disana bisa saja tidak mudah seperti yang kita pikirkan, maka dari itu kamu perlu memiliki motivasi yang kuat dalam hal ini.

Gimana guys tips dari kami sudah membantu? Perlu diingat! Pastikan kamu benar-benar siap untuk berjuang dan mandiri saat memulai hingga akhir kuliahmu nanti. Fighting!

 

 

 

 

Categories: Tips

PROFIL AKU

20120120094


Popular Posts

Indigo, Startup Incu

Perkembangan startup dewasa ini mengalami peningkatan yang cukup pesat. Tiap ...

Kandungan Nutrisi Pa

Mungkin anda sering mendengar tentang manfaat spirulina untuk kesehatan , ...

12 Laptop Lenovo Ter

Para pencinta game online tentunya membutuhkan komputer ataupun laptop dengan ...

Manfaat Masker Spiru

Masker Spirulina – Spirulina atau biasa di sebut dengan ganggang ...

Ini Loh Berbagai Mac

Bagi seorang wanita, selaput dara merupakan sesuatu yang sangat sensitif ...