Personal Blog

Just another Blog UMY site

Karyawan adalah aset yang paling berharga dalam sebuah perusahaan. Tanpa karyawan yang berkualitas dan mumpuni, mungkin perusahaan akan terseok-seok dan tidak bisa menyelesaikan apa yang menjadi targetnya. Maka menjadi penting bagi perusahaan untuk memperhatikan Sumber Daya Manusia yang dimilikinya. Nah, salah satu cara yang bisa dilakukan oleh perusahaan untuk meningkatkan kualitas SDM yang dimiliki adalah dengan melaksanakan pelatihan SDM. Pelatihan ini ditujukan untuk menunjang kinerja dan meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan dari karyawan atau pegawai tersebut. Apa saja fungsi dari pelatihan tersebut? Untuk mengetahui jawabannya, simak penjelasan berikut ini ya.

Mengetahui Beberapa Fungsi Pelatihan SDM

Dalam membuat pelatihan, tentu perusahaan harus memiliki tujuan. Karena tanpa tujuan yang jelas, maka perusahaan hanya akan membuang-buang tenaga dan biaya jika melakukan pelatihan. Sebenarnya, apa fungsi pelatihan sdm? Ada banyak fungsi dari pelatihan SDM, karena itulah banyak pula perusahaan yang membutuhkan lembaga yang bisa membantu mereka melakukan pelatihan. Berikut ini adalah fungsi dari pelatihan SDM.

  1. Untuk menemukan posisi yang tepat bagi karyawan

Tidak semua orang dapat mengenali potensi yang ada di dalam dirinya, termasuk juga karyawan atau pegawai. Barangkali ada beberapa pegawai yang memiliki kemampuan yang hebat namun karena posisi atau jabatannya tidak terlalu berpengaruh, maka ia tidak begitu dikenal orang lain. Pelatihan ini akan menjadi tempat bagi para pegawai melihat kembali potensi yang mereka miliki.

Juga untuk pimpinan, pelatihan ini bisa menjadi ajang untuk mencari potensi-potensi tersembunyi karyawannya yang bisa mereka jadikan pengganti atau prospek untuk berbagai posisi di masa yang akan datang. Dengan mengenali potensi sejak dini, maka potensi tersebut bisa dikembangkan seiring perjalanan karir, sehingga ketika karyawan tersebut dirasa sudah mampu menempati posisi barunya, ia sudah siap dan memiliki kemampuan yang bagus.

  1. Untuk mengetahui tren

Fungsi kedua dari pelatihan SDM ini adalah untuk memahami apa saja tren-tren terbaru yang ada di dunia bisnis. Sehingga pelatihan akan ditujukan untuk karyawan agar mereka lebih terlatih sekaligus berkembang dan memahami apa saja tren yang sedang booming, karena tanpa mengetahui tren, mereka juga akan tertinggal, begitu juga dengan perusahaan yang mereka naungi. Tren ini tentunya juga bermacam-macam, bisa tentang teknik berbisnis, produk yang terkenal, dan tren-tren lainnya.  Dengan mengetahui tren terbaru, perusahaan juga mampu menyusun strategi baru untuk memajukan perusahaan.

  1. Untuk meningkatkan produktivitas karyawan

Karyawan perusahaan menjadi salah satu target dari pelatihan. Di mana dengan adanya pelatihan, diharapkan produktivitas mereka dalam bekerja bisa lebih bagus lagi. Sebab melalui pelatihan, mereka akan banyak belajar tentang berbagai hal. Dan seiring dengan bertambahnya pengetahuan, ketrampilan karyawan seharusnya juga bertambah bagus pula. Dengan begitu, produktivitas mereka dapat meningkat lebih baik lagi. Termasuk ketika pelatihan yang dilaksanakan sangat mendukung dan sesuai dengan pekerjaan atau tugas sehari-hari mereka.

Nah, itulah tadi berbagai fungsi dari pelatihan. Jika Anda merasa ada hal-hal yang kurang beres dengan perusahaan Anda, maka Anda bisa melakukan pelatihan untuk para pegawai tersebut. Jika Anda membutuhkan konsultan untuk pelatihan, Anda bisa menghubungi gama semesta konsultindo. Gama semesta akan membantu Anda merencanakan pelatihan sekaligus melaksanakan pelatihan demi tercapainya SDM yang berkualitas. Tak perlu khawatir dengan kredibilitas Gama, sebab sudah banyak perusahaan lain yang menggunakan jasa mereka untuk melakukan pelatihan dan pengembangan SDM.

Categories: Bisnis