Personal Blog

Just another Blog UMY site

Keterpurukan merupakan keadaan dimana seseorang mengalami tekanan pada batas terburuk yang sulit untuk ditangani oleh diri sendiri.

Ada banyak faktor yang menyebabkan seseorang merasakan keterpurukan, misalnya seperti kondisi perekonomian, rumah tangga yang hancur atau broken home, korban bullying, hancurnya hubungan percintaan atau broken relationship, kegagalan dalam mencapai cita-cita, serta masih banyak lagi faktor lainnya!

Berikut ini 4 cara cepat bangkit dari keterpurukan yang bisa kamu coba.

1. Jangan Merendahkan Diri

Memang ketika keadaan sulit hampir setiap orang akan memilih untuk mengutuk diri mereka sendiri. Merendahkan diri seoalah-olah memang pantas mendapatkan itu semua.

Kondisi seperti ini hanya akan membuat mental lebih kacau, dan semakin down. Bangkit dan katakan bahwa kita lebih kuat dari masalah yang terjadi saat ini. Katakan dalam diri sendiri bahwa saya bisa melalui ini semua, saya akan lebih baik, dan saya pasti menang.

Kalimat tersebut akan memberikan energy positif sehingga kepercayaan diri menjadi lebih baik.

Don’t blame your self, jangan pernah menyalakan diri sendiri.

2. Yakin Kesempatan Selalu Ada

Selalu ada kesempatan dalam kesempitan, itu merupakan kata-kata yang mutlak benar. Entah apapun yang membuat kita terpuruk, kita hanya bisa menjalaninya. Kita tidak tahu masa depan akan seperti apa, akankah cerah atau semakin redup.

Namun, kesempatan akan selalu ada untuk orang-orang yang percaya.

Suksesnya hidup membutuhkan proses yang tidak singkat, kehidupan ini seperti judi yang tidak tahu akhirnya. Yakinlah kesempatan pasti ada, tidak mungkin kondisi terpuruk seperti yang sekarang ini akan terus berangsur-angsur hingga ajal menjemput.

Ingatlah ketika kalian pernah berada pada titik nol sebelumnya, apakah kemudian tidak ada solusinya.

Jika kalian yakin pasti ada jalan.

3. Percaya Rencana Tuhan Lebih Baik

Rencana Tuhan akan lebih baik dari rencana yang terbayang-bayang pada pikiran kita.

Ingatlah kondisi ketika mengalami kegagalan dimasa lalu, ketika kalian sudah merencanakan banyak hal dan memperhitungkanya dengan baik malah tertendang jauh pada posisi yang tidak kalian inginkan sama sekali.

Dan pada waktunya kalian sadar, posisi yang sekarang didapatkan adalah yang terbaik.

Pernah berpikir seperti ini,

“Oh iya ya kalau mungkin gua dulu masuk di jurusan bahasa yang gua mau tapi gagal , gua gak bakalan jadi insinyur teknik bangunan seperti sekarang”.

Ketahuilah bahwa rencana tuhan pasti lebih baik.

4. Sabar dan Terus Ikhtiar

Sudah tidak akan asing lagi dengan kata sabar. Sabar merupakan kunci kesuksesan yang harus ditanamkan pada diri setiap orang. Memang semua keinginan butuh proses, dan prosesnya tidak akan singkat dan mudah.

Jika kehidupan yang kita jalani tidak ada tantangan, rasa sabar tidak akan ada dalam diri manusia. Padahal tantanganlah yang membuat manusia menjadi lebih kuat untuk terus maju menjalani kehidupan ini.

Teruslah ikhtiar, berusaha mendapatkan apa yang menjadi tujuan dengan cara bersungguh-sungguh sampai mendapatknya agar berhasil dan sukes.

Sumber : Pengertian.id , Kumpulan Pengertian

Categories: Bisnis