Personal Blog

Just another Blog UMY site

Desain grafis kerap ditampilkan untuk kepentingan promosi, agar penyampaian pesan mudah dipahami. Selain itu desain grafis juga diterapkan untuk memudahkan beberpa pekerjaan. Merangkum puluhan materi yang membosankan, menjadi satu bentuk visual yang mudah diterima. Untuk kebutuhan sehari-hari manfaat desain grafis diarahkan sebagai bentuk komunikasi. Sehingga mudah bagi masyarakat untuk mencerna makna grafis.

Berikut beberapa manfaat desain grafis yang kami rangkum dari musafirdigital.com

Manfaat Mempelajari Seni Grafis

  1. Media Pemahaman Siswa

Metode pembelajaran dengan menggunakan desain grafis, akan membantu suasana belajar yang kondusif. Perlu anda tahu bahwa siswa millenials cenderung lebih menyukai cara belajar, yang menggunakan audio visual. Bagi mereka text book dengan tulisan panjang dan tebal, menjadi momok dan malas mempelajarinya. Untuk itu anda memerlukan suatu trik agar siswa lebih bersemangat saat belajar.

Kebanyakan siswa beranggapan pemberian materi secara lisan terkesan monoton. Alhasil sedikit materi yang masuk dalam memori otak. Maka dari itu disinilah manfaat desain grafis berperan, untuk menyalurkan materi agar mudah dipahami. Anda bisa mengaplikasikan desain grafis melalui template powerpoint, yang cukup ringan dipelajari oleh pemula. Dengan begitu rangkuman materi tidak perlu panjang, yang singkat tapi mudah dimengerti.

  1. Menarik Perhatian Audies

Ketika sedang dihadapkan pada sebuah presentasi besar, pasti sempat panik bagaimana membuat powerpoint yang menarik. Kebanyakan orang terjebak pada tampilan slide yang monoton, dengan banyak narasi. Tanpa sadar bahwa sebenarnya audiens butuh penyegaran baru, yang menampilkan desain unik. Anda bisa mengandalkan desain grafis yang diterapkan dalam slide powerpoint.

Mungkin bagi presentator tampilan powerpint dengan full narasi, sudah mewakili beberapa poin penting. Namun dalam kasus ini anda perlu menarik perhatian audiens, yang cenderung bosan dengan tampilan monoton. Anda bisa menerapkan manfaat desain grafis yang bisa diaplikasikan, dalam bentuk template powerpoint. Seni grafis akan menuntun slide powerpoint tampil lebih atraktif, dengan audio visual yang nyaman untuk dilihat.

  1. Menyampaikan Pesan

Salah satu fungsi desain grafis ialah menyampaikan pesan dalam bentuk visual, agar mudah dipahami oleh masyarakat. Anda perlu menyesuaikan antara kebutuhan hiburan, dengan pesan moral yang disampaikan. Sehingga tidak terkesan kaku atau cenderung sarkas, karena dipoles dengan bahasa yang halus. Dengan menyisipkan konten menghibur tujuaannya agar masyarakat mudah menerima informasi, yang terpenting bisa mendapat poin utamanya.

  1. Mempercepat Pekerjaan

Desain grafis berguna untuk meringkas suatu pekerjaan, yang divisualkan dalam bentuk gambar atau chart. Ketika anda harus menuntaskan tugas laporan, tidak memerlukan lagi tulisan panjang. Membaca jenis laporan tersebut akan sulit untuk dipahami, dan mencari poin intinya. Disinilah manfaat desain grafis berperan untuk menampilkan laporan dalam bentuk visual. Si penerima laporan juga mudah memahami maksud isi yang disampaikan.

  1. Meningkatkan Daya Ingat

Bentuk visual gambar atau animasi akan membantu otak, untuk meningkatkan daya imajinasi. Orang lebih mudah membaca bentuk visual daripada tulisan yang membosankan. Gambar atau animasi ditampilkan dengan wajah yang unik dan berkarakter, serta membawa kesan yang menyenangkan. Tidak heran jika metode desain grafis justru lebih melekat dalam ingatan masyarakat. Karena pada dasarnya orang menyukai hal-hal menyenangkan.

Menampilkan desain grafis dalam setiap kebutuhan sehari-hari, terbukti lebih ampuh dibandingkan tulisan. Masyarakat cenderung mudah menangkap maksud dari sebuah infromasi, dengan bentuk visual gambar atau animasi. Pada kenyataannya seni grafis lebih menarik perhatian audiens, dan wadah menyampaikan pesan dengan baik. Visualisasi gambar akan bangkitkan daya imajinasi, dan diingat dalam jangka waktu yang lama.

 

 

Categories: Teknologi