Personal Blog

Just another Blog UMY site

Mengetahui cara ternak lele yang benar tentu saja dapat menjadi salah satu hal yang menguntungkan. Pasalnya, dengan budidaya dan beternak ikan lele ini akan menjadi peluang bisnis yang menjanjikan.

Untuk itu, bagi anda yang ingin mulai untuk menggeluti bisnis tersebut, maka kali ini akan diulas mengenai bagaimana tips jitu untuk memulainya. Simak ulasannya berikut ini.

Cara Untuk Beternak Lele Yang Menguntungkan

Buat Anda yang ingin menjalankan usaha ternak ikan lele, di bawah ini kan diulas beberapa cara untuk beternak lele yang menguntungkan yang sebaiknya Anda perhatikan.

  1. Memilih Benih Yang Berkualitas Unggul

Saat ini ada banyak tempat pendederan yang jual benih dan bibit ikan nila, lele, gurame, patin, belut dan benih kan air tawar lainnya. Pilihlah benih ikan lele murah yang memiliki keunggulan dimana untuk jantan, anda bisa memilih yang ramping, memiliki warna yang gelap, tulang kepala berbentuk pipih, lincah dan juga kelamin mempunyai bentuk runcing.

Sedangkan bagi anda yang ingin tahu tentang bagaimana cara ternak lele untuk benih yang betina, maka pilihlah yang memiliki perut lebih besar daripada punggungnya. Selain itu, pilihlah yang memiliki kelamin berbentuk bulat dan gerakannya lambat.

 

  1. Cara Pembuatan Kolam

Anda pun juga perlu untuk memiliki kolam untuk memelihara lele. Dimana anda bisa memilih kolam yang terbuat dari tanah, semen atau terpal dengan ukuran yang cukup besar. Sebelum anda menebar bibit, maka anda pun perlu untuk menunggu beberapa hari agar fitoplankton dan lumut terbentuk.

Cara ini bertujuan agar kolam tidak menjadi cepat keruh. Serta usahakan suhu air tetap pada 20 -28 derajat. Anda juga perlu beri jarak yang cukup sehingga ikan tak mati dan kepanasan.

  1. Proses Perkawinan

Cara budidaya ikan lele selanjutnya, maka anda pun bisa memperhatikan ciri dari ikan lele yang siap kawin dari warna kelaminnya. Jika kelamin betina telah berwarna kuning dan jantan telah berwarna merah, maka lele tersebut siap kawin.

Sel telur yang dibuahi pun biasanya akan menempel dalam sarang dengan jangka waktu 24 jam. Setelah telur menetas maka anakan ikan lele akan siap untuk dipisahkan.

  1. Cara Perkembangbiakan

Anda pun bisa menyiapkan terlebih dahulu ember yang telah diisi air kolam untuk menampung benih lele. Hal ini bertujuan agar nantinya lele tidak mengalami stres yang akan menyebabkan kematian. Jika telah siap, maka cara ternak lele berikutnya adalah meletakkan ember ke dalam kolam di malam hari setelah air kolam dikurangi 10 -20 cm.

Setelah itu, anda pun perlu untuk memperhatikan beberapa hal ketika memelihara ikan ini. Mulai dari pengelolaan air, pemberian pakan dan juga pencegahan hamanya. Dengan begitu, maka anda pun akan siap untuk memanen lele setelah 3 bulan. Pada umumnya lele tersebut akan memiliki ukuran 5-7cm dan 9-12cm. Begitulah tips jitu tentang cara ternak lele yang bisa anda gunakan.

Demikianlah informasi tips jitu cara beternak lele yang perlu anda tahu, dan semoga informasi ini bermanfaat.

Categories: Bisnis