live your life

Just another Blog UMY site

CARA MERAWAT SAXOPHONE

Posted by Hesti Pramudita 0 Comment

Bermain saxophone tentu saja salah satu hal yang menyenangkan dan untuk merawatnyapun harus dengan hati-hati, karena jika tidak hati-hati komponen saxophone dapat menimbulkan baret dan juga dapat merusak kualitas suaranya. Berikut ini beberapa cara untuk merawat saxophone yang baik dan benar :

  1. Menggunakan minyak khusus untuk membersihkan Saxophone

Jika Anda menggunakan sembarang minyak untuk merawat saxophone pastinya akan membuat lapisan luar pada saxophone dapat mengelupas. Selain itu juga dapat membuat pemasangan pda tiap bagian saxophone manjadi lebih susah.

Bagian yang perlu diperhatikan serta diberi minyak yaitu bagian Neck Cord. Untuk bagian ini minyak yang digunakan adalah minyak khusus Oil Cord Grease yang telah disiapkan untuk memudahkan dalam pemasangan dan pelepasam pada bagian mouthpiecepada Neck Cork dari Saxophone tersebut.

Agar key tetap mudah untuk dimainkan dan tidak berdecit, maka sebaiknya Anda juga harus memakai sedikit key oil pada bagian key post. Usahakan Anda dalam meneteskannya sedikit demi sedikit agar tidak terjadi penumpukan minyak

  1. Menggunakan lap Khusus Saxophone

Jika Anda menggunakan lap yang kasar pastinya akan membuat body saxophone baret. Salah satu bagian yang sensitif jika terkena baret yaitu body saxophone. Oleh karena itu anda harus menggunakan gunakan lap khusus untuk membersihkan saxophone. Cara yang benar yaitu pertama-tama Anda harus menggunkan Oil Sax Monster Swab. Gunakanlah dengan perlahan dan bertahap, lakukan secara terus menerus sampai body saxophone bersih dan kering.

  1. Menggunakan Lacquer untuk bagian yang mulai pudar

Gunakanlah cairan silver polish jika warna pada saxophone Anda terlihat pudar. Tujuan dari cairan ini adalah untuk mengangkat kerak yang menempel pada body saxophone serta untuk mengembalikan kilau asli dari dari saxophone. Namun Anda tetap harus hati-hati memakai cairan, karena jika Anda terlalu sering menggunakan silver polish, maka lapisan asli saxophone dapat ikut terangkat serta merusak keseluruhan pada body saxophone.

  1. Simpan di tempat yang baik

Cara sederhana untuk merawat saxophone adalah dengan menyimpan saxophone di tempat khusus. Sama seperti tas khusus saxophone yang dijual di took alat musik. Tas khusus saxophone menggunakan lapisan padding yang tebal, sehingga saxophone akan aman jika terkena benturan ringan yang mungkin terjadi saat Anda membawanya bepergian. Selain itu, biasakan juga untuk tidak terus menerus menyimpannya di dalam tas, karena kelembapan dapat merusak kualitas suara dari saxophone tersebut.

Categories: Uncategorized

PROFIL AKU

Hesti Pramudita


Popular Posts

Hello world!

Selamat datang di Blog UMY. Ini adalah tulisan pertama Anda. ...

Ahlan wa sahlan

Assalamu'alaikum yaa akhy wa ukhty, sobahul khoir, kaifa haalukum? =)) ok ...

Haji

         Kamis, 24 September 2015, tragedi ini ...

Mataf 2015

When i was interview at mataf umy 2015 hihi hehe

Tugas ICT (review ma

السّلا م عليكم ورحمة لله وبركته  كيف حالكم يا اصحبي؟  jumpa ...