Simposium Nasional Akuntansi (SNA) XIV ACEH

Simposium Nasional Akuntansi (SNA) merupakan program dari Ikatan Akuntan Indonesia khususnya Kompartemen Akuntan Pendidik (IAI-KAPd) untuk memajukan kualiatas pendidikan akuntansi di Indonesia. Simposium Nasional Akuntansi adalah ajang bergengsi dan eksklusif untuk mempresentasikan hasil riset terbaik di bidang akuntansi oleh para praktisi, peneliti, pendidik dan mahasiswa diseluruh Indonesia dan juga mancanegara. SNA telah menjadi agenda rutin tahunan Ikatan Akuntan Indonesia-Kompartemen Akuntan Pendidik. Dimulai pertama kali  pada tahun 1997 di Yogjakarta.

Hakekat kegiatan ini adalah untuk mengembangkan wawasan dan menambah khasanah disiplin ilmu akuntansi, memberikan wadah komunikasi ilmiah untuk memaparkan hasil penelitian (studi empiris) akuntansi dalam suatu forum ilmiah. SNA juga ditujukan untuk mengembangkan minat pendidik, mahasiswa, dan praktisi untuk melakukan penelitian dalam bidang akuntansi, mendorong perkembangan kualitas penelitian akuntansi Indonesia dan menemukan relevansi teori dan hasil riset akuntansi dalam praktik sektor swasta dan sektor publik, khususnya pemerintah daerah.

SNA XIV 2011 akan diadakan di kota Banda Aceh. Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Syiah Kuala akan menjadi tuan rumah penyelenggaraannya.

Forum ilmiah ini akan menjadi forum besar karena diperkirakan akan dihadiri oleh sekitar 600 peserta dari kalangan  masyarakat ilmiah, praktisi bisnis dan sektor publik dari seluruh Indonesia dan mancanegara.  Mereka akan mempresentasikan hasil riset dalam bidang akuntansi yang meliputi kajian tentang Akuntansi Sektor Swasta, Akuntansi Sektor Publik dan bidang vokasi.

Hasil dari simposium ini diharapkan akan melahirkan sejumlah solusi alternatif untuk semakin mendekatkan pandangan teori dan hasil riset di dunia ilmiah dengan realitas praktik dalam sektor bisnis dan sektor publik. Hasil akhir dari simposium ini juga diharapkan akan menghasilkan rekomendasi tindakan bagi para pebisnis dan pemerintah untuk meningkatkan kualitas praktik akuntansi di Indonesia.

This entry was posted in News. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>