Menebar Ukhuwah

Blognya Ibnu Syarif Hidayat

Mereka Bisa, Andapun Pasti Bisa

Posted by Ibnu Syarif Hidayat 54,704 Comments

Anda pasti mengenal SONY Corporation. Sony adalah perusahaan elektronik yang berpusat di Tokyo, Jepang. Sekarang, Sony merupakan produsen elektronik terbesar di dunia, dan salah satu perusahaan terbesar di Jepang dan dunia.Sony didirikan pada 7 Mei 1946 dengan nama Perusahaan Telekomunikasi Tokyo dengan sekitar 20 karyawan. Produk konsumen mereka yang pertama adalah sebuah penanak nasi pada akhir 1940-an. Seiring dengan berkembangnya Sony sebagai perusahaan internasional yang besar, ia membeli perusahaan lain yang mempunyai sejarah yang lebih lama termasuk Columbia Records (perusahaan rekaman tertua yang masih ada, didirikan pada tahun 1888).

Yang ingin saya hadirkan pada tulisan saya kali ini, ialah mengenai sikap orang Jepang mengapa bisa maju seperti sekarang ini. Seperti kita ketahui, jepang memiliki prinsip Bushido. Pada tahun 1950 an Jepang mengalami kekalahan setelah Hancurnya kota Hirosima dan Nagasaki. Namun apa yang dilakukan oleh Sony. Sony mempunyai visi pada saat itu,

Lima puluh tahun dari sekarang, nama kami akan dikenal diseluruh dunia…dan akan bersaing dalam inovasi dan kualitas dengan kompetitor dimanapun didunia.…. Saat itu, “Made in Japan” akan berarti sesuatu yang bagus, bukan sesuatu yang jelek (Sony, tahun 1950-an)

Inilah prinsip Bushido jepang, ketika mengalami kemunduran, justru mereka segera bangkit menghadapi zaman yang ada.

Kaisar Hirohito setelah, jepang mengalami kemunduran. Atas serangan terhadap kota Hiroshima dan Nagasaki pun memiliki prinsip itu. Apa yang ia katakan ? . Ia mengatakan, ” Ada berapa jumlah guru yang masih ada” Bukan mengatakan, berapa pasukan yang masih tersisa, berapa rumah yang masih ada. Berapa jumlah makanan yang masih tersisa. Tetapi “Berapa jumlah guru yang masih ada

Begitupun Indonesia, saya optimis. Jika seluruh komponen bangsa mampu bergandengan tangan, menjadikan Ilmu dan Keimanan sebagai landasan yang utama sebagai landasan untuk berpijak. Tidak mustahil, 10,20 bahkan 50 tahun yang akan datang. Indonesia mampu menjadi negara superpower. Anda harus optimis. Karena Allah sesuai dengan prasangka hambaNya. Mari kita bersama-sama membangun bangsa.

Categories: Hikmah

PROFIL AKU

Ibnu Syarif Hidayat


Popular Posts

Seminar Nasional Pen

Selasa 19 April 2011, HMJ PAI dan IMM FAI UMY ...

Rasulullah Adalah Co

Michael Hart dalam bukunya 100 Tokoh yang Paling Berpengaruh ...

Bacalah Dengan Nama

Masih ingat kisah turunnya wahyu pertama kepada nabiyullah Muhammad saw ...

Bedah Novel dan Cast

Ahad 5 Juni 2011, BEM FAI UMY bekerjasama dengan Sinemart ...

Berbagi Tak Pernah R

Saya pernah mendengar cerita dari dosen saya di kampus. Suatu ...