Menebar Ukhuwah

Blognya Ibnu Syarif Hidayat

Ilmu Developer Property

Posted by Ibnu Syarif Hidayat 57,378 Comments

Saya Pernah mengikuti seminar wirausaha developer properti yang diadakan oleh BNI Syariah tepatnya tanggal 3 maret 2011 di hotel Phoenix Yogyakarta. saya mendapat undangan ini, dari seorang kawan saya. teman saya itu tidak bisa menghadiri seminar tersebut. Akhirnya saya diminta untuk menggantikannya. Saya mendapat ilmu baru, seorang enterpreuner yaitu seorang developer property yang sukses dengan usahanya dengan omset miliaran rupiah yang ia dapat dengan waktu yang sangat cepat, bercerita kepada kami. Developer properti pekerjaannya kira-kira seperti ini jika saya ilustrasikan. saya membeli tanah dengan harga 100 juta. maka saya beli itu tanah dengan membayar DP dulu katakanlah 10 Juta. Bayangkan. Hanya dengan modal 10 juta dengan meminta tenggang waktu untuk melunasi tanggungan tersebut. Setelah kita DP itu tanah, baru kita mencari pembeli yang butuh tanah dan rumah (katakanlah di sini seorang pengusaha developer property mencari orang yang mau buat perumahan). Maka kita tawarkan kepada yang mau beli tanah untuk buat perumahan tersebut. Misal “Pak tanah ini saya jual 130 Juta. Untuk pembuatan bangunan rumah dengan harga sekian ratus juta”, misalnya. Karena yang beli adalah orang yang mau buat perumahan. Maka kita tawarkan pembangunan tanah dengan bangunan perumahan. Nah tugas developer property selanjutnya adalah mencari kontraktor yang siap menggarap tanah dan perumahan yang akan di bangun.

Beliau mengajarkan kepada kita, tentang ilmu memberi, menolong dan peduli kepada orang lain. Jika dia seorang developer Property maka dia menolong seseorang yang ingin menjual tanah untuk segera ia pasarkan. dia juga menolong seseorang yang ingin membeli tanah dengan cara membeli tanahnya. Pengusaha ini juga mengatakan. “Nggak baik bersaing dengan masyarakat yang berbisnis UKM (usaha kecil dan menengah) . Coba jika di jalan kaliurang pertama-tama ada penjual bakso yang laris. kemudian tetangga-tetangganya juga ingin jualan bakso. Itu saya anggap tidak baik, tidak etis. karena mengambil kesempatan orang lain yang sedang merintis usahanya, eh tiba-tiba tetangganya semuanya berjualan bakso”.

Beliaupun sudah berkeliling di seluruh Indonesia untuk mengajarkan bisnis properti ini dan berbagi ilmu kepada sebanyak mungkin Warga Masyarakat yang ingin memulai bisnis properti ini. Omsetnya saja miliaran , Tapi dia tidak mau kaya sendiri, maka ia ingin berbagi. Prinsip dia, dengan sebanyak-banyaknya ia memberi, semakin banyak pula ia akan menerima kembali.

Maka satu lagi kata pengusaha ini, “Kalau mau menyaingi orang lain dalam hal bidang usaha, saingi tuh milyarder-milyarder indonesia. masa, aset dan keuntungan besar itu hanya diraih oleh segelintir orang saja” “Jika anda ingin menjadi orang yang besar, maka berpikirlah sebagaimana orang besar berpikir” . Dan satu lagi kata beliau “Allah sesuai dengan persangkaan hambaNya”. Ketika kita berpikiran, saya adalah orang besar. maka itu akan tertanam dalam mindset anda bahwa anda adalah benar-benar orang besar yang sesungguhnya”. Karena Allah sesuai dengan persangkaan hambanya

Categories: Hikmah

PROFIL AKU

Ibnu Syarif Hidayat


Popular Posts

Seminar Nasional Pen

Selasa 19 April 2011, HMJ PAI dan IMM FAI UMY ...

Rasulullah Adalah Co

Michael Hart dalam bukunya 100 Tokoh yang Paling Berpengaruh ...

Bedah Novel dan Cast

Ahad 5 Juni 2011, BEM FAI UMY bekerjasama dengan Sinemart ...

Bacalah Dengan Nama

Masih ingat kisah turunnya wahyu pertama kepada nabiyullah Muhammad saw ...

Mereka Bisa, Andapun

Anda pasti mengenal SONY Corporation. Sony adalah perusahaan elektronik ...