Menebar Ukhuwah

Blognya Ibnu Syarif Hidayat

Multilevel Amal Sholeh

Posted by Ibnu Syarif Hidayat 2,123 Comments

Banyak kita tahu, bahwa, ketika agama lain mampu bergandengan tangan untuk mendakwahkan agama mereka dengan tentunya dukungan ekonomi yang kuat. Justru kita enggan untuk mendermakan harta kita untuk kepentingan ummat. Dan belum sepenuhnya kita sadar bahwa motif ekonomi yang paling banyak berpengaruh dalam kehidupan kita sehari-hari. Lihatlah saudara-saudara kita yang terkena busung lapar, kelaparan ada di mana-mana, banyak jalanan yang rusak, sehingga mengakibatkan kecelakaan dimana-mana. Namun kita hanya berorientasi pada ritual ibadah habluminallah semata, dengan melupakan ibadah horizontal kita yaitu hubungan kita dengan sesama manusia atau disebut juga dengan hablumminannaas. Maka sebaik-baik muslim ialah yang mampu mengkolaborasikan antara habluminallah dan habluminannaas.

Jika kita mengenal adanya multilevel marketing, yang mana setiap member dari MLM tersebut nantinya ditugaskan untuk mencari sebanyak-banyaknya member dan agen, begitupula Multilevel Amal Sholeh ini, setiap agennya ditugaskan untuk mengajak sebanyak mungkin orang untuk beramal sholeh dan berbagi ilmunya dengan yang lain, dan mengajak orang untuk berbagi hartanya untuk kemajuan Islam di masa yang akan datang. Banyak cara untuk kita beramal sholeh. Tentu sebelum kita mengajak kebaikan kepada orang lain, kita harus terlebih dahulu mempraktekan ilmu yang sudah kita dapat. Agar kebaikan ini tersebar ke semua kalangan.

Contoh kongkritnya antara lain, kita ingin agar semua orang Indonesia membuang sampah pada tempatnya. Apabila tidak kita mulai dari diri kita sendiri, maka mustahil perubahan itu bisa terjadi. Namun tidak ada yang tidak mungkin apabila kita mau memulainya dari diri sendiri, baru kemudian ajak teman terdekat kita. Kemudian ajak lagi yang lain. Insya Allah apabila semua berpikiran sama dengan persepsi kita bahwa membuang sampah itu harus pada tempatnya. Insya Allah, tidak mustahil Indonesia akan bersih dari sampah dan orang-orangnya benar-benar menjadi orang yang disiplin. Aa Gym mengatakan, untuk memulai perubahan, mulailah dari diri sendiri, mulailah dari hal terkecil, dan mulailah dari saat ini. Inilah yang saya namakan dengan multilevel amal sholeh.

Multilevel amal sholeh ini mengajak anda untuk bersedekah dengan ilmu yang telah anda dapat. Rasulullah saw bersabda“Setiap yang ma`ruf adalah shadaqah, dan orang yang menunjukkan jalan kepada kebaikan (akan mendapat pahala) seperti pelakunya” HR. Bukhari, Juz. X/ No. 374 dan Muslim, No. 1005.

Semakin banyak orang yang anda sukseskan, maka semakin sukseslah anda. Sukses berjamaah & saling memberi manfaat.

Categories: Cuap-Cuap

PROFIL AKU

Ibnu Syarif Hidayat


Popular Posts

Seminar Nasional Pen

Selasa 19 April 2011, HMJ PAI dan IMM FAI UMY ...

Rasulullah Adalah Co

Michael Hart dalam bukunya 100 Tokoh yang Paling Berpengaruh ...

Bedah Novel dan Cast

Ahad 5 Juni 2011, BEM FAI UMY bekerjasama dengan Sinemart ...

Bacalah Dengan Nama

Masih ingat kisah turunnya wahyu pertama kepada nabiyullah Muhammad saw ...

Mereka Bisa, Andapun

Anda pasti mengenal SONY Corporation. Sony adalah perusahaan elektronik ...