Menebar Ukhuwah

Blognya Ibnu Syarif Hidayat

Puncak Milad UMY Ke-30

Posted by Ibnu Syarif Hidayat 56,103 Comments

Rabu 20 April 2011, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta menyelenggarakan Peringatan Tri Dasa Warsa UMY, yang mana, Milad UMY pada tanggal 1 Maret 2011 yang lalu. Acara ini dihadiri oleh civitas akademik umy, baik dosen, pimpinan, staff, karyawan dan Mahasiswa. Hadir pula Pimpinan Pusat Muhammadiyah dan Aisyiyah. Acara ini menghadirkan Bapak Choirul Tanjung yang menyampaikan pidato dengan tema “Mewujudkan Wirausahawan Berkarakter Sebagai Pilar Kemandirian dan Meningkatkan Daya Saing Generasi Masa Depan.”

Dalam Pidato sambutannya, Bapak Dasron Hamid menyampaikan tentang perjalanan Kampus Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, berkaca kepada masa lalu, tentang prestasi-prestasi UMY yang telah diraih, harapannya kedepan dapat terus ditingkatkan.

Ketua umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah  juga turut menyampaikan pidato sambutannya. Bapak Prof. Dr.Din Syamsuddin M.A juga menyampaikan pidato sambutannya.  beliau menyampaikan selamat kepada UMY. Muhammadiyah berbangga atas prestasi yang telah diraihnya. PP mendukung dan mendorong UMY kedepannya. Agar UMY menjadi pusat excelent akademik. Dan PP bangga dengan UMY yang sudah naik peringkatnya menjadi universitas unggulan urutan 26 di Indonesia.

Muhammadiyah kedepan memerlukan sumberdaya manusia yang berkualitas. Moto UMY, Unggul dan Islami, relevan dengan era saat ini. PP mendorong segenap civitas akademika UMY semakin lebih maju, meraih prestasi dan meraih kualitas unggulan. Mengembangkan watak kewirausahaan sangat relevan dengan agenda dewasa ini. Indonesia harus siap bersaing dan bertanding di pentas-pentas internasional. Khususnya dalam bidang kewirausahaan . Muhammadiyah menyadari, bahwa Indonesia sudah sangat sering dimainkan oleh orang-orang asing. Muhammadiyah mensupport supaya Indonesia bangkit dengan semangat kemandiriannya. Dan Muhammadiyah akan mendorong agar Rakyat Indonesia mempunyai watak-watak kewirausahaan.

Kemudian acara selanjutnya yaitu pidato Bapak Choirul Tanjung selaku Ketua Yayasan Indonesia Forum, Wakil Ketua Dewan Penasehat Majelis Ulama Indonesia, Ketua Yayasan Ginjal Nasional, Anggota Komite Kemanusiaan Indonesia, dan Dewan Trustee Universitas Airlangga.

Beliau berpesan. “Jadilah wirausahawan. Di Indonesia, wirausaha tidak bisa tumbuh subur. Khususnya ummat Islam. Kita punya masalah kultur lokal yang tidak mendukung. Banyak aturan-aturan yang menghambat seseorang berwirausaha. Sense enterpreuner harusnya dibangun sejak dini.” Papar beliau. beliau memulai bisnis dari kampus sejak semester 1. Prinsip beliau adalah “Kalau kita bekerja keras, kita tidak akan kelaparan. Walaupun Indonesia gemah ripah loh jinawi, tetapi kita harus bekerja keras. Etos, kerja menjadi kata kunci” Menurut beliau, kita juga kurang berani mengambil resiko. Padahal wirausahawan harus berani mengambil resiko tetapi harus dengan perencanaan yang matang.

Ekonomi Nasional begitu besar, Umat Islam begitu Besar. Tapi pertanyaannya adalah, berapa sektor ekonomi yang dipegang oleh ummat Islam di Indonesia ini. Yang ada di Indonesia ini. Yang ada hanya sekitar 20 %. Kenapa ? karena kurangnya sumber daya manusia ummat Islam yang perhatian terhadap sektor Keduniaan. Padahal kita hidup di dunia untuk mendapatkan akhirat. dan untuk mendapatkan akhirat kita harus melewati hidup di dunia ini.

Di sektor pendidikan. Para pendidik asyik dengan model pengajaran versi mereka. Padahal pendidik harus bisa membuat siswa/mahasiswanya nanti dapat survive di masyarakat.

beliau melihat bahwa, Universitas mempunyai peran yang cukup besar dalam menumbuhkan wirausaha-wirausaha yang berkarakter untuk menumbuhkan perekonomian bangsa.

Ciri-ciri wirausaha mandiri. Menurut beliau :

1. Percaya Diri

2. Optimis : Orang optimis dengan pesimis Ibarat kue donat . orang yang optimis mendapatkan kuenya sedangkan orang yang pesimis hanya dapat bolongnya saja.

3. Tangguh : Tidak mudah mengeluh. Ketika jatuh, mudah sekali untuk bangun.

4. Inovatif dan Kreatif. Intuisi.

Contoh saja, orang yang kreatif dan inovatif. Contoh air minum Aqua. sebelumnya tidak ada yang pernah berfikir bahwa air putih bisa dijual dan dapat menghasilkan uang. Dulu tidak ada yang pernah berfikir juga bahwa air teh ternyata bisa dijual.

“Orang yang tidak mau bekerja keras, jangan berharap bisa hidup enak dinegara ini, kata beliau”. Namanya wirausaha itu harus lewat proses. Beliau memulai wirausaha dari tingkat informal, dari bekerja sendiri. kemudian meningkat terus sampai tingkat small, mediate sampai tingkat atas. Prinsipnya, segala sesuatu itu harus melewati sebuah proses atau disebut juga melewati anak tangga.

Beliau contohnya, menjadikan Carefour dari perusahaan Multinasional diambil alih olehnya. Dibuatnyalah, di Carefour Pojok Rakyat. (Beliau adalah salah satu pemilik Saham Terbesar di Carefour). Kemudian beliau adalah Direktur Utama dari salah satu Televisi swasta yaitu Trans 7. Beliau memiliki sekitar 6.ooo karyawan. Pesan Beliau “Jika kita mempunyai jiwa wirausaha, semua lapisan masyarakat harus merasakannya. Karena kita adalah satu kesatuan, Satu Nusa dan Satu Bangsa Yaitu Indonesia. begitulah yang beliau paparkan. (Ibnu Syarif Hidayat-PAI 2009)

Categories: Berita

PROFIL AKU

Ibnu Syarif Hidayat


Popular Posts

Seminar Nasional Pen

Selasa 19 April 2011, HMJ PAI dan IMM FAI UMY ...

Rasulullah Adalah Co

Michael Hart dalam bukunya 100 Tokoh yang Paling Berpengaruh ...

Bacalah Dengan Nama

Masih ingat kisah turunnya wahyu pertama kepada nabiyullah Muhammad saw ...

Bedah Novel dan Cast

Ahad 5 Juni 2011, BEM FAI UMY bekerjasama dengan Sinemart ...

Mereka Bisa, Andapun

Anda pasti mengenal SONY Corporation. Sony adalah perusahaan elektronik ...