Fungsi Processor Adalah

Prosesor merupakan komponen atau otak utama dari laptop anda. Prosesor ini terletak tepat di tengah motherboard. Prosesor memegang peranan penting dalam semua operasi perangkat komputer karena semua perintah dimulai dari prosesor.

Oleh karena itu, memilih prosesor terbaik untuk bekerja dengan komputer atau laptop sangat penting bagi pengguna.

Mulai dari pekerjaan sederhana seperti menulis, menjawab email, berselancar di internet, bermain game dan mengolah grafik, semuanya dilakukan dengan komputer atau laptop.

Fungsi prosesor adalah

Fungsi prosesor pada umumnya adalah memproses perintah yang dimasukkan kemudian dikeluarkan dalam bentuk output yaitu pemberi perintah. Fungsi dari prosesor adalah :

1. Pastikan komputer berfungsi dengan baik

2. Jalankan proses informasi di komputer.

3. Memberi perintah pada setiap komponen komputer.

4. Menjaga kinerja komputer

5. Mendukung aktivitas komputer tertentu

6. Memproses perhitungan algoritmik

7. Menjaga kestabilan komponen komputer.

8. Mendukung kebutuhan spesifik komputer

Komponen Prosesor

1. Unit kontrol (CU)

Mengatur lalu lintas data dan aktivitas data yang ada, mis. B. Lalu lintas masuk dan keluar. Kegiatan dapat dilakukan tanpa tumpang tindih dan dilakukan secara teratur.

2. Unit Logika Artimatika (ALU)

Komponen yang melakukan perhitungan aritmatika sesuai dengan perintah yang diterima. Perhitungan digunakan untuk membantu komputer membaca instruksi dengan benar. Dalam komponen inilah prosesor sebenarnya melakukan pekerjaan penting dalam suatu sistem.

3. Unit Pendaftaran (RU)

Komponen ini merupakan perangkat penyimpanan yang lebih kecil dari memori utama dan memiliki kecepatan akses yang sangat tinggi. Data yang diproses oleh CU dan ALU disimpan dalam komponen ini untuk diproses lebih lanjut.

Daftar Merek Prosesor

Berikut beberapa jenis dan merek prosesor yang ada di pasaran:

1. Intel

Prosesor Intel adalah prosesor yang paling populer dan banyak digunakan di laptop atau komputer. Keunggulan prosesor ini antara lain tahan panas lebih besar, terdapat turbo boost yang dapat mempercepat proses kerja pada komputer.

2. AMD (Perangkat Mikro Lanjutan)

Prosesor AMD merupakan saingan terberat dari prosesor Intel, namun para gamer lebih menyukainya karena AMD dilengkapi dengan VGA ATi Radeon.

3. IBM (Perusahaan Mesin Bisnis Internasional)

IBM memproduksi perangkat keras dan perangkat lunak. Prosesor yang sudah diproduksi oleh IBM antara lain Pentium II Xeon dan IBM POWER.

4. apel

Apple memproduksi beberapa prosesor dan menjual perangkat lunak komputer. Produk prosesor yang diproduksi oleh Apple Inc. termasuk Apple I, Apple DOS dan Macintosh.

5. IDT (Teknologi Perangkat Tertanam)

Produksi prosesor RTD relatif murah dibandingkan prosesor dari merek lain. Prosesor pertama yang dirilis oleh IDT adalah WinChip.

Cara Kerja Prosesor

Tiga hal dasar yang dilakukan prosesor adalah:

1. Gunakan ALU untuk melakukan operasi matematika

2. Pindahkan data dari satu lokasi memori ke lokasi lain

3. Buat keputusan dan lanjutkan ke instruksi lain.

Prosesor akan menerima perintah untuk memasukkan “input” dari keyboard, mouse, atau input data lain yang terhubung ke komputer. Setelah itu, terjemahkan perintah untuk meneruskan output ke perangkat keras atau perangkat lunak terkait.

Sumber Referensihttps://altitude.co.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *