Pengertian Software dan Jenis Jenis Software

Perangkat keras dan perangkat lunak komputer adalah dua hal yang berbeda tetapi tidak dapat dipisahkan. Perangkat keras (hardware) adalah aspek fisik yang dapat dilihat dan disentuh. Perangkat lunak (software) adalah kumpulan perintah yang dijalankan oleh mesin komputer untuk menjalankan tugasnya. Tanpa perangkat lunak, komputer hanyalah mesin kosong yang tidak akan berarti apa-apa. Komputer tidak mengerti bahasa manusia dan hanya mengerti bahasa mesin yang dihasilkan dari perangkat lunak.

pengertian software

Pengertian Software (Perangkat Lunak)

Perangkat lunak adalah perangkat lunak yang tidak dapat disentuh atau dilihat oleh bentuk fisiknya. Bahkan jika itu bukan fisik, keberadaan perangkat lunak itu sangat penting. Istilah perangkat lunak sebenarnya mengacu pada sekumpulan data dan instruksi komputer yang terorganisir. Perangkat lunak ini dibuat menggunakan bahasa pemrograman dan utilitas terkait.

Bahasa pemrograman ini dan utilitas terkait dapat dalam bentuk program tunggal, seperti juru bahasa script, dalam bentuk paket di mana ada kompiler, tautan dan alat pendukung lainnya atau dalam bentuk IDE (Pengembangan Terpadu Lingkungan) seperti NetBean. , yang memiliki editor, debugger. dan alat bantu untuk banyak bahasa pemrograman. Perangkat lunak dapat dibagi berdasarkan jenis dan distribusi.

1. Distribusi perangkat lunak berdasarkan jenis.

Tergantung pada jenisnya, perangkat lunak dapat dibagi menjadi :

  • Sistem operasi Perangkat lunak jenis ini memiliki fungsi untuk mengelola dan juga mengoordinasikan semua komponen dan fungsi komputer. Sistem operasi harus ada di setiap komputer dan bergabung dengan interaksi antara komputer dan pengguna. Beberapa contoh sistem operasi termasuk DOS, Windows, UNIX, dan Linux.
  • Bahasa pemrograman. Perangkat lunak jenis ini memberikan instruksi standar yang melibatkan sintaks dan semantik yang digunakan untuk mendefinisikan aplikasi perangkat lunak. Ada beberapa bahasa pemrograman dan beberapa yang dikenal adalah Java, PHP dan Microsoft Visual Basic.
  • Program aplikasi. Perangkat lunak yang ditujukan untuk penggunaan dan penggunaan spesifik dan spesifik, misalnya, untuk akuntansi, presentasi, perpustakaan, dan lainnya. Semua program aplikasi dibuat menggunakan bahasa pemrograman. Beberapa contoh program aplikasi adalah Microsoft Office Word untuk membuat dokumen, MYOB untuk akuntansi, OpenOffice.org Impress untuk presentasi, dll.

2. Distribusi perangkat lunak sesuai dengan distribusi.

Menurut distribusi, perangkat lunak dapat dibagi menjadi:

  • Adware Perangkat lunak ini umumnya gratis tetapi dengan kompensasi untuk iklan yang muncul.
  • Perangkat Lunak Freeware yang gratis dan dapat digunakan tanpa batas. Secara umum, perangkat lunak jenis ini memiliki fitur yang tidak lengkap dan kurang kuat.
  • Shareware Jenis perangkat lunak ini memiliki batas waktu tertentu dalam penggunaannya dan mengharuskan pengguna untuk memvalidasi properti dengan membeli nomor seri.
  • Software Spyware yang mampu memata-matai aktivitas pengguna komputer. Jenis perangkat lunak ini sering digunakan, misalnya, untuk mencuri data.
  • Sumber Terbuka. Perangkat lunak yang dapat diubah, diperbarui dan disebarluaskan karena kode sumber dapat dibuka (source code). Secara umum, perangkat lunak ini gratis, dikembangkan oleh individu atau komunitas dan memiliki GPL (General Public License).

Itulah beberapa penjelasan tentang definisi atau pengertian perangkat lunak dan beberapa jenisnnya, semoga bermanfaat…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *