Seni Rupa Murni

Sementara itu, mari kita bahas dulu apa itu seni? Seni adalah kreasi seni yang diapresiasi terutama melalui penglihatan dengan sarana yang terlihat dan memiliki bentuk fisik (palpable) atau disajikan hanya sebagai pertunjukan.

Namun, tidak menutup kemungkinan sebuah karya seni memadukan indra lain untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Oleh karena itu, seni dapat disebut juga sebagai cabang seni yang diciptakan terutama karena keindahan visualnya, tetapi tetap memperhatikan nilai estetika indra lain seperti musik, pertunjukan, dan lainnya.

Pengertian Seni Rupa Murni

Seni rupa murni adalah cabang seni yang menghasilkan karya yang lebih menitikberatkan pada keindahan untuk diapresiasi, atau ekspresi jiwa, seperti lukisan.

Dalam penciptaannya, seni rupa murni hanya menitikberatkan pada nilai keindahan atau estetika dan tidak mempedulikan nilai praktis dari karya yang dibuat.

Seni murni memiliki nilai estetika yang tinggi ketika dibuat. Meski fungsinya hanya digunakan untuk hiasan atau pajangan. Ada banyak jenis seni rupa yang dapat menambah keindahan saat ditampilkan atau digunakan sebagai hiasan dinding di rumah atau kantor.

Fungsi Seni Rupa Murni

Dari pengertian seni rupa murni di atas, seharusnya fungsi seni rupa murni hanya digunakan sebagai hiasan atau pajangan. Fungsi seni murni didasarkan pada hiasan sederhana dan tidak dapat digunakan untuk membuat hidup kita lebih mudah.

Contoh Seni Rupa Murni

bantuan

Relief adalah gambar atau lukisan yang ditampilkan dalam bentuk tiga dimensi atau potongan, yaitu pada bidang dua dimensi atau dua mata. Relief umumnya ditemukan pada monumen dan di candi. Biasanya, relief ini penuh dengan diorama dan memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi.

Patung

Patung adalah ekspresi jiwa manusia. Orang yang membuat patung biasanya adalah bentuk visual yang berbentuk tiga dimensi.

Tujuan utama pembuatan patung adalah keindahan. Biasanya patung berbentuk manusia, hewan, dan lainnya.

Di Indonesia ada banyak patung yang bisa dilihat dan diapresiasi keindahannya. Beberapa contohnya adalah patung di Candi Borobudur, candi atau tempat bersejarah lainnya.

Cat

Lukisan adalah karya seni yang dibuat dengan sengaja dengan cara menggores cat dengan kuas atau peralatan lainnya.

Jadi layar adalah medianya. Banyak lukisan yang dibuat oleh pelukis terkenal dan harga setiap lukisan bisa bervariasi antara jutaan hingga ratusan juta.

Lukisan merupakan contoh seni rupa murni karena lukisan hanyalah hiasan dinding atau pajangan.

grafis

Seni grafis merupakan bagian dari seni murni yang juga merupakan seni terapan. Penggunaan seni grafis dimaksudkan sebagai media ilustratif, sehingga merupakan seni terapan. Namun, ketika digunakan sebagai hiasan, itu adalah seni murni.

seni fotografi

Seni fotografi merupakan jenis seni murni yang berkembang berkat kemajuan teknologi kamera. Fotografi lebih disukai oleh banyak orang yang digunakan sebagai sarana ekspresi pribadi.

Objek yang difoto dengan karma akan terlihat semakin indah jika dipadukan dengan seni fotografi ini.

Kaligrafi

Kaligrafi adalah jenis seni rupa murni dua dimensi yang fungsinya hanya dekoratif. Biasanya tulisan ini dipajang di masjid-masjid atau rumah-rumah muslim. Kaligrafi sering dijumpai sebagai hiasan dinding.

topeng

Topeng adalah seni murni ketika hanya dipajang di dinding. Tidak hanya itu, topeng juga dapat digunakan sebagai objek tari atau untuk kebutuhan lainnya. Jenis seni ini adalah hasil dari ekspresi humor manusia dan menambah nilai keindahan rumah.

mosaik

Mosaik adalah seni menyusun pecahan atau potongan-potongan kecil batu, keramik atau kaca yang dijadikan suatu karya baru yang indah untuk dilihat.

Mosaik dapat dijadikan sebagai karya seni murni karena ketika dipajang di dinding akan terlihat lebih indah.

ukiran

Patung adalah suatu bentuk seni ukir batu atau kayu untuk digunakan sebagai karya seni yang diinginkan, menampilkan keindahan.

Sebagian besar patung berbentuk makhluk hidup atau bunga dan bentuk kehidupan lainnya. Ukiran dapat digunakan sebagai hiasan di rumah atau di kantor.

Sumber Referensi : https://dosenku.co.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *