Etniknya Pakaian Adat Tradisional Di Indonesia

Perkembangan pakaian adat di Indonesia saat ini semakin memudar. Karena pakaian adat sendiri saat ini hanya digunakan pada acara tertentu saja, misalnya acara pemilihan Abang dan Mpok Kota Bekasi yang mengharuskan pesertanya menggunakan pakaian adat.

Saat acara tersebut, beberapa tahun silam aku menyewa pakaian adat di salah satu sanggar yang menyediakan khusus pakaian adat, namun saat ini banyak salon atau sanggar yang sudah tidak menyewakannya lagi, mungkin karena peminat pakaian adat semakin menghilang tergerus roda zaman yang selalu bergerak dinamis.

Padahal jika pemerintah, masyarakat, pengusaha, mahasiswa maupun budayawan bergerak untuk bersatu padu, untuk membangkitkan kembali pakaian adat, maka kemungkinan besar akan memberikan sesuatu hal yang positif terhadap perkembangan perekonomian yang baik.

Biasanya setiap perayaan hari kemerdekaan 17 agustus dan hari kartini pada tanggal 21 april, anak-anak TK pawai keliling komplek dengan menggunakan pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia. Acara ini pastinya bertujuan untuk mengenalkan pakaian adat yang ada di Indonesia.

Jujur saja, di Indonesia sendiri seharusnya tidak hanya event festival busana nusantara yang seharusnya digelar, namun berbagai event yang lain, seperti lomba menggunakan pakaian adat tradisional, lomba foto dengan pakaian tradisional, lomba menulis mengenai pakaian tradisional dan lainnya, dengan melibatkan seluruh masyarakat di Indonesia.

Dengan tujuan agar masyarakat lebih mengenal dan mencintai pakaian adat yang ada di Indonesia. Karena pakaian adat sendiri merupakan kekayaan budaya yang harus terus dilestarikan keberadaannya. Selainn itu pakaian adat juga telah terkenal bahkan diakui oleh negara lain.

Setiap daerah memiliki pakaian adat dengan ciri khas masing-masing, dari segi bentuknya, penggunaannya, bahan yang digunakan juga fungsi dari pakaian adat itu sendiri pastinya memiliki filosofi masing-masing.

Sebagai contoh saja, Inilah 10 pakaian adat di Indonesia.

  1. Pakaian adat Pidie dari daerah DI Aceh
  2. Pakaian adat Karo dari daerah Sumatera Utara
  3. Pakaian adat Batu Sangkar dari daerah Sumatera Barat
  4. Pakaian adat Aisan Gede dari daerah Sumatera Selatan
  5. Pakaian adat Tulang Bawang dari daerah Lampung
  6. Pakaian adat Abang dan None dari daerah DKI Jakarta
  7. Pakaian adat Payas Agung dari daerah Bali
  8. Pakaian adat Kulavi (Donggala ) dari daerah Sulawesi Tengah
  9. Pakaian adat Serui dari daerah Papua Barat
  10. Pakaian adat Baju Bodo dari daerah Sulawesi Selatan

Etniknya pakaian adat tradisional di Indonesia sangatlah unik dan menarik untuk digunakan ke berbagai acara formal maupun informal, semua tergantung pengemasannya.

Jadi pastinya bangga menjadi bagian dari bangsa Indonesia yang memiliki kekayaan budaya yang bernilai tinggi, tak ada salahnya ikut berpartisipasi untuk terus menjaga keberadaannya dan terus mencintainya dengan berbagai cara.