Jambu Monyet

KUTI danDeesedang berada di beranda rumah kayu, menikmati indahnya langit yang mulai memerah.

” ‘yang Dee menyapa Kuti.

Ya? Kuti menjawab panggilan istrinya.

yang aku koq ingin rujak jambu monyet ya?

Ugh.

Kuti terpana.

Rujak jambu monyet? Seperti apa pula modelnya rujak ini?

Sejak sebelum menikah dengan Dee, Kuti tahu bahwa Dee penggemar segala macam asinan dan beragam jenis rujak. Tapi seingatnya dia belum pernah mendapati Dee memakan rujak jambu monyet.

Jambu monyet itu, maksudmu jambu mete kan, Dee? Yang kacangnya suka digoreng itu? Kuti mencoba mengkonfirmasi apa yang diinginkan istrinya.

Ya, Dee mengangguk. Tapi yang aku inginkan bukan kacangnya, yang aku mau itu jambunya

Hmmm Kuti terdiam sejenak.

Tentu saja dia sudah pernah mendengar beragam cerita tentang ibu- ibu yang hamil dan mengidam. Kuti juga tahu bahwa biasanya yang diidamkan adalah hal- hal aneh yang tak terlalu mudah diperoleh. Dia bahkan pernah mendengar Dee bercerita tentang seorang kawannya yang hamil dan mengidam ingin menyetir mobil ke luar kota, di medan yang cukup sulit dan berkelok.

Dan sekarang

Kuti menatap istrinya.

Dee tampak sehat. Selain keluhan agak pusing dan mual di pagi hari, tak ada keluhan lain yang signifikan. Dia juga tetap dapat beraktivitas seperti biasa. Walau

Kemarin, Dee masuk ke kamar mandi di sore hari dan dengan segera keluar lagi. Kuti yang melihatnya seperti itu bertanya apa yang terjadi dan tersenyum maklum mendengar jawaban sang istri, Kamar mandinya wangi sekali. Aku mual.

Tak ada yang berubah dengan wewangian di kamar mandi mereka. Sebelum Dee masuk, Kuti memang baru selesai mandi dan dia yakin yang tercium di dalam kamar mandi hanyalah wangi sabun yang digunakannya. Dan sabun mandi itu sebenarnya dari merk dan jenis wangi yang sudah sering sekali mereka gunakan.

Dee memang agak sensitif terhadap wewangian. Dia tak suka wangi yang terlalu menyengat. Tapi Kuti yakin, dalam kondisi normal, wangi sabun mandi itu tak termasuk kategori terlalu menyengat bagi Dee.

Dee berjalan meninggalkan kamar mandi dan membuka laci dimana mereka menyimpan persediaan sabun. Dia memilih- milih sebentar dan kembali ke kamar mandi dengan membawa sebuah sabun bayi.

Kuti tersenyum lagi.

Setelah sekian lama menikah dengan Dee, Kuti sudah mengamati beberapa kebiasaan istrinya. Termasuk kesukaannya pada sabun bayi. Pada waktu- waktu tertentu, walau di rumah mereka tak ada seorang bayipun ( Pradipta tentu tak lagi dapat digolongkan sebagai bayi ), Dee akan menaruh sabun bayi itu di kamar mandi untuk digunakan oleh mereka sekeluarga.

Kuti mengamati bahwa jenis dan wangi sabun yang dipilih Dee pada suatu saat seringkali tergantung pada mood-nya, dan dia menyadari bahwa sabun bayi adalah jenis sabun yang selalu cocok dalam kondisi suasana hati Dee yang seperti apapun. Karenanya dia tak heran melihat Dee memilih sabun mandi tersebut untuk digunakannya saat ini ketika dia hamil dan menjadi sangat sensitif terhadap wewangian.

***

Berdua Dee dan Kuti duduk bersisian di beranda.

Kuti memeluk istrinya yang dengan senang hati menikmati kehangatan itu. Samar- samar terhambur wangi sabun bayi dari tubuh sang istri yang baru selesai mandi.

Tak jauh dari mereka, tampak Pradipta bermain bersama dua orang saudara sepupunya, Pratama dan Respati, yang kebetulan sore itu mampir ke rumah kayu. Mereka membongkar pasang beberapa mainan balok yang dapat dibentuk sekehendak mereka.

” Dee… “

Dee menatap suaminya. Menjawab tanpa kata panggilan sang suami.

Dee, gimana kalau rujaknya diganti dengan rujak mangga muda saja? Kuti bertanya pada sang istri.

Dee tertawa dan menggeleng- gelengkan kepalanya. Aku tak ingin rujak mangga, jawabnya, Aku ingin rujak jambu monyet.

Hmm… hmm… hmm…

Kuti menggeser duduknya.

Sebagai suami, Kuti sendiri cukup toleran terhadap berbagai gejala kehamilan yang dialami istrinya. Dia tahu, walau sampai sekarang belum jelas apa tepatnya penyebab ngidam pada wanita hamil, tapi dia bukanlah satu- satunya suami di dunia yang pernah menghadapi keinginan aneh dan sulit seorang istri yang sedang hamil.

Obama tak jadi datang ke Indonesia, dan karenanya tentu saja keinginan Dee untuk bertemu dengan Presiden Amerika Serikat itu tak akan dapat terpenuhi atau paling sedikit, harus ditunda.

Jadi…

Kuti sungguh ingin dapat memenuhi keinginan Dee akan jambu monyet ini. Walau, dia sungguh belum tahu, dimana bisa dia dapatkan jambu ini…

p.s.

Jambu monyet atau jambu mede adalah sejenis tanaman yang berasal dari Brasil dan memiliki ‘buah’ yang dapat dimakan.Bagian yang palingterkenal dari tumbuhan ini adalah kacang mede atau sering juga disebut sebagai kacang mete atau kacang mente. Biji ‘kacang’ ini biasanya dikeringkan dan digoreng untuk dijadikan pelbagai macam penganan.

Daun pohon ini sering digunakan sebagai lalab, seringkali dicampur dengan daun pepaya sebab daun jambu mete ini dapat mengurangi rasa pahit daun pepaya

Sebenarnya, konon jika ditinjau dari ilmu botani, jambu monyet sama sekali tidak termasuk keluarga jambu-jambuan maupun kacang-kacangan. Kekerabatan tumbuhan ini lebih dekat dengan mangga.