Manfaat Dibalik Baunya Pete (Petai)

Petai merupakan buah sayur yang kebanyakan tidak disukai oleh orang. Bau yang dimiliki oleh petai ini yang membuat beberapa orang enggan untuk mengkonsumsinya. Tetapi banyak orang yang tidak mengetahui tentang manfaat yang terkandung didalam petai untuk kesehatan. Buah pete atau petai atau peuteuy ini ternyata bukan hanya sekedar menyisakan bau yang tidak sedap, tetapi petai ini tenyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Bahkan petai bisa mengalahkan ratusan jenis obat.

Apakah kamu penasaran dengan manfatat dari petai untuk kesehatan? Langsung saja, dibawah ini adalah beberapa manfaat dari petai untuk kesehatan. Diantaranya adalah:

1. Untuk penderita depresi

Banyak orang yang menderita depresi ataupun tidak, merasa lebih baik setelah mengkonsumsi petai. Hal ini disebabkan karena petai memiliki kandungan trytophan, sejenis protein yang dpaat di ubah tubuh menjadi serotonin. Inilah yang akan membuat relax atau perbaikan mood dan secara umum dapat membuat seseorang merasa lebih bahagia.

2. PMS (Premenstrual syndrome)

PMS adalah suatu kondisi yang dapat terjadi ketika seorang wanita tengah mengalami masa datang bulan. Pada umumnya reaksi atau efek yang bisa dirasakan ketika datang bulan akan sangat menyiksa dan mengganggu rasa nyaman. Biasanya sebahian wanita lebih memilih untuk mengkonsumsi pil atau minuman yang dapat meredakan rasa sakit yang terjaid akibat efek dari datang bulan. Padahal efek samping dari pil atau sejenis lainnya untuk menghilangkan nyeri datang bulan itu tidak baik untuk tubuh. Oleh karena itu lebih baik kamu mengkonsumsi petai, karena vitamin B6 yang terkandung didalam petai dapat membantu mengatur kadar gula darah dan membantu mengembalikan mood sehingga rasa sakit yang diderita ketika mestruasi dapat berangsur membaik.

3. Anemia

Kandungan zat besi yang tinggi pada petai dapat mestimulasi produksi sel darah merah, serta dapat membantu mengatasi anemia. Jadi sangat bagus sekali bagi kamu yang menderita anemia untuk mengkonsumsi petai.

4. Tekanan darah tinggi

Petai mengandung kandungan kalium yang sangat tinggi, tetapi rendah garam sehingga sangat cocok untuk mengatasi tekanan darah tinggi. Begitu tingginya kandungan kalium didalam petai, sehingga FDA Amerika mengizinkan perkebunan petai untuk melakukan klaim resmi yang menyatakan bahwa petai mampu menurunkan risiko tekanan darah tinddi dan stroke.

5. Kemampuan otak

Petai ternyata sangat bermanfaat sekali untuk meningkatkan kemampuan otak. Terbukti sebanyak 200 siswa di twickenham (middlesex) dapat menghadapai ujian dengan gampang karena memakan petai pada saat sarapan pagi, istirahat dan makan siang. Penelitian membuktikan, mengkonsumsi petai dapat meningkatkan konsentrasi siswa pada saat belajar.

6. Sembelit

Karena kandungan seratnya yang tinggi, maka petai mampu memudahkan dan menormalkan kembali organ pencernaan yang mengalami masalah. kamu bisa mengkonsumsi petai untum mengatasi masalah sembelit yang kamu alami.

7. Obat mabuk

Salah satu cara yang tepat untuk mengatasi penyakit mabuk adalah dengan mengkonsumsi milk shake petai, yang diberi sedikit pemanis dari madu. Petai akan membantu menetralkan perut dan dengan bantuan madu, dapat meningkan kadar gula sarah yang jatuh. Sedangkan susu akan menenangkan dan memberbaiki kembali cairan didalam tubuh.

8. Kekenyangan

Petai dapat menimbulkan efek antasid pada tubuh, sehingga dapat mengatasi ketidak nyamanan yang disebabkan akibat kekenyangan. Sehingga pada saat dada kamu merasakan panas akibat kekenyangan maka dengan memakan petai, akan mampu mengurangi rasa sakit pada dada.

9. Mulai dipagi hari

Mual pada pagi hari memang sering dirasakan oleh sebagian orang. Maka dari itu dengan mengkonsumsi petai pada saat jam makan, maka akan membantu mempertahankan kadar gula dalam darah dan menghindari muntah.

10. Gigitan nyamuk

Ternyata petai juga bermanfaat untuk mengatasi gigitan nyamuk. Rasa gatal yang diakibatkan oleh gigitan nyamuk dapat diatasi dengan cara mengesek-gesekan kulit petai pada kulit yang terkena gigitan nyamuk. Dengan begitu dampak dari gigitannyamuk akan membaik.

Itulah beberapa manfaat dari buah petai yang memiliki bau yang tidak Sedap. Dan masih banyak lagi manfaat lainnya yang dimiliki oleh petai, diataranya adalah:

  • Dapat menenangkan sistem saraf.
  • Mengatasi kegemukan.
  • Menetralisir asam lambung.
  • Mengatasi luka lambung.
  • Mengatur suhu tubuh.
  • Berhenti merokok.
  • Stress

Manfaat dari buah petai ini masih belum bayak diketahui oleh orang. Maka dari itu sangat penting sekali bagi kamu untuk mengonsumsi petai dan mengetahui manfaat dari buah yang memiliki mau tidak sedap ini. Itulah sedikit pembahasan tentang manfaat buah petai bagi kesehatan yang bisa saya jelaskan. Semoga dapat bermanfaat untuk kamu semua.