Sejarah Komputer Generasi 1, 2, 3, dan 4

Komputer merupakan alat pengolah data berdasarkan rumusan prosedur dan operasi logis. Bila ditranslasikan langsung dari Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai penghitung. Sedangkan secara umum kata computer pernah digunakan sebagai definisi dari orang yang melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa mesin pembantu.

Awal mulanya kata komputer berhubungan erat dengan pengolahan informasi yang berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi banyak komputer modern yang dipakai untuk hal-hal yang tidak berhubungan dengan matematika.

Seiring berjalannya waktu, komputer berkembang dari instrumen pembantu perang menjadi alat bantu dalam berbagai macam kegiatan keseharian banyak orang. dan akhirnya kata komputer tertanam dalam pikiran orang banyak sebagai perangkat Personal Computer yang banyak ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.

Komputer Generasi 1

Era Komputer Modern memulai dirinya sebelum dan dalam perang dunia kedua. Perang mendorong perkembangan teknologi yang menyalakan sumbu era komputer modern. Komputer generasi pertama menggunakan Vaccuum tube dan Magnetic core memory yang memiliki kelemahan terhadap panas.

Konrad Zuse, memulai konstruksi Z-Series Calculator dalam isolasi di jerman pada tahun 1936. Zuse Z3 yang diselesaikan di tahun 1941 adalah komputer digital serbaguna pertama di dunia yang menggunakan sister angka biner.

Inggris memulai dengan menciptakan Colossus, yang didesain oleh Alan Turing dan Gordon Welchman dalam usahanya untuk memecahkan enkripsi komunikasi Jerman. Dikeluarkan pada tahun 1943 oleh Post Office Research Station.

Amerika Serikat bekerjasama dengan Pennsylvania University memproduksi Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC). ENIAC terdiri dari 18.000 Vaccuum tube dan 7000 resistor. dikembangkan oleh John Presper Eckert dan John W. Mauchly dan merupakan komputer serbaguna.

Komputer generasi 2

Penemuan Transistor di tahun 1947 menandai mulainya komputer generasi kedua. Sejak tahun 1955 transistor menggantikan peran Vaccuum tube dalam desain komputer. Dibandingkan dengan vaccuum tube, transistor memiliki banyak kelebihan. lebih kecil, konsumsi daya lebih sedikit, menghasilkan lebih sedikit panas, dan hidup dalam jangka waktu yang lebih lama.

oleh karena itu penggunaan transistor banyak mengurangi ukuran, harga perbuatan, serta harga penggunaan komputer. Penggunaan transistor di komputer generasi kedua tidak hanya memiliki kelebihan di dalam CPU tetapi juga alat-alat seperti printer, disk drive, dan OS.

Komputer Generasi 3

Ledakan penggunaan komputer dimulai dengan komputer generasi ketiga. walaupun transistor memiliki banyak keuntungan dibandingkan vaccuum tube, panas yang dihasilkan terbukti merusak komponen sensitif komputer. Integrated Circuit (IC) diciptakan di tahun 1958 oleh Jack Kilby yang menggabungkan komponen elektronik di dalam sebuah piringan silikon. Tetapi IC baru sering digunakan oleh komputer di tahun 1963.

Kemudian perkembangan memungkinkan lebih banyak lagi komponen yang dapat ditempatkan dalam sebuah chip atau semikonduktor yang mengakibatkan bentuk komputer yang semakin kecil karena komponen di dalamnya dipadatkan. Kemajuan lainnya dalam komputer generasi ketiga adalah penggunaan operating system yang membuat sebuah komputer dapat menjalankan berbagai aplikasi berbeda.

Komputer Generasi 4

komputer generasi 4 adalah komputer modern zaman sekarang. dengan perbaikan dan perkembangan Integrated Circuit ukuran komponen menjadi semakin kecil. Very Large Scale Integration (VLSI) dan Ultra Large Scale Integration (ULSI) membuat jutaan komponen dapat dimasukkan dalam satu chip tunggal.

Chip Intel 4004 yang telah dibuat pada tahun 1971 membawa dampak kemajuanterhadap IC dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer (yaitucentral processing unit, memori, dan kendali input/output) dalam sebuah chipyang sangat kecil.

dikarenakan oleh berkurangnya harga dan kebutuhan daya dan ukuran yang kecil, komputer menjadi memungkinkan untuk dimiliki masyarakat umum.
pada thaun 1981 IBM mengenalkan Personal Computer untuk penggunaan di rumah dan kantor. ukuran komputer terus mengalami pengurangan seiring waktu. dari desktop menjadi laptop kemudian palmtop.

kelanjutan perkembangan membuat komputer dapat berbagi data melalui networking LAN dan WAN. dan komputer terus berkembang seiring waktu. hal ini juga menjadi cikal bakal internet ditemukan. tak lengkap rasanya jika kita menggunakannya setiap hari tapi tidak tahu mengenai sejarah internet di dunia dan di indonesia itu sendiri.