Tanaman obat jahe dan beragam manfaatnya untuk kesehatan

Tanaman obat jahe merupakan jenis tanaman rimpang yang populer sebagai rempah-rempah dan sering digunakan sebagai bahan obat. Jahe memiliki rasa dominan pedas karena disebabkan oleh senyawa keton bernama zingeron.

Jahe memiliki rimpang berbentuk jemari yang menggembung di ruas-ruas tengah. Tanaman jahe ini juga dapat tumbuh subur pada ketinggian 0 hingga 1500 meter di atas permukaan laut, kecuali jenis jahe gajah di ketinggian 500 hingga 950 meter. Tanaman yang termasuk rempah-rempah ini sering digunakan untuk bumbu dalam masakan, selain itu juga bermanfaat untuk kesehatan.

Banyaknya kandungan nutrisi dalam jahe seperti kalori, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, dan vitamin menjadikan tanaman ini banyak digunakan untuk bahan pengobatan dan kesehatan. Jahe juga banyak digunakan untuk pembuatan minuman penghangat tubuh dan berbagai macam olahan lainnya. Secara tradisional, masyarakat sudah memanfaatkan jahe guna kebutuhan bumbu masakan dan bahan pengobatan untuk kesehatan tubuh.

Manfaat tanaman obat jahe untuk kesehatan

Jahe

Dilihat dari beberapa kandungan dalam jahe yang bermanfaat untuk kesehatan, jahe memang sudah banyak digunakan baik secara tradisional maupun pabrikan untuk bahan berbagai macam olahan. Selain digunakan sebagai bumbu dalam suatu masakan, jahe juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan seperti berikut ini:

  1. Melancarkan peredaran darah
  2. Membantu pembentukan otot baru
  3. Menurunkan kadar kolesterol
  4. Mengobati penyakit diare
  5. Mencegah penyakit kanker
  6. Mengatasi masuk angin
  7. Mencegah mual dan muntah
  8. Mengobati sakit kepala dan demam
  9. Mengatasi gangguan saluran pernapasan
  10. Mengurangi rasa sakit dan pembengkakan

Itulah beberapa manfaat dari jahe untuk kesehatan. Selain manfaat kesehatan seperti yang telah disebutkan di atas, jahe juga dapat digunakan untuk bahan kecantikan. Seperti dapat menghaluskan kulit, digunakan dalam perawatan kulit, dan dapat meredakan kram saat menstruasi.

Tanaman obat jahe memang kaya akan manfaat, baik digunakan untuk bumbu dalam masakan, untuk kesehatan, bahan pengobatan bahkan untuk kecantikan. Berbagai macam olahan jahe juga sudah banyak, seperti diolah untuk minuman penghangat tubuh, permen jahe, kue, makanan ringan, dan masih banyak lagi.

Sebagai salah satu jenis tanaman obat, jahe juga sudah sejak dulu banyak digunakan dalam bahan pembuatan obat secara tradisional. Kandungan yang ada didalam jahe mampu mengatasi berbagai macam jenis penyakit. Itulah sedikit tentang tanaman obat jahe yang banyak manfaatnya untuk kesehatan. Semoga memberikan pengetahuan dan menambah wawasan juga manfaat bagi Anda yang membacanya.