Untuk Pianist, ini tips berduet dengan pemegang instrumen lain

Setelah kalian belajar bermain musik pasti ada titik jenuh, yang membuat kita sangat bosan dengan rutinitas permainan yang begitu-begitu saja. Jika sudah dalam tahap ini berarti kamu membutuhkan tantangan baru, bisa belajar instrumen baru maupun mencoba berduet dengan pemegang instrumen berbeda. Nah artikel ini khusus akan membahasa bagaimana seharusnya pianist melakukan duet bersama dengan pemegang instrumen lainnya.

BACA JUGA: Uniknya alat musik tradisional dari berbagai daerah.

Setidaknya ada tiga jenis duet yang bisa kalian para pianist mainkan yaitu duet piano, asanbel, dan band. Di setiap kota, perguruan tinggi, atau universitas, dan bahkan kota-kota yang paling kecil kamu akan menemukan jenis-jenis duet yang berbeda, namun ketiga jenis duet yang telah disebutkan diatas merupakan yang paling sering dilakukan. Lalu bagaimana tipsnya agar kita bermain cantik saat melakoni ketiga jenis duet tersebut? begini tipsnya:

a. Duet piano

Cari teman, saudara, orang tua, atau guru untuk berbagi bangku piano dengan kamu dan mainkanlah piano secara bersama-sama. Banyak lagu yang sengaja diciptakan untuk berduet, ingat ya bermain duet bukan perlombaan, jadi kalian harus bisa saling melengkapi, yakni mengetahui kapan saatnya berhenti dan kapan saatnya bermain bersama-sam. Karya-karya Beethoven, Tchaikovsky, Schubert, dan Stravinsky adalah lagu yang populer dimainkan dalam duet.

b. Asanbel

Pertunjukkan ansambel biasanya membutuhkan pianist, dalam dunia musik klasik, trio piano menampilkan permainan piano dan dua instrumen lain – biasanya biola dan cello. Dalam dunia jazz, penampilan sering dilakuka secara kuartet dengan melibatkan piano, drum, bass, dan saksofon. Carilah teman-teman yang piawai bermain drum,bass dan saksofon untuk bermain asanbel

c. Band

Dengan kamu pada piano atau keyoard, berarti untuk menjadi sebuah band kamu membutuhkan drummer, bassist, gitaris, dan mungkin seorang penyanyi, bermain di sebuah band bisa sangat menyenangkan dan bermanfaat. Dalam permainan band posisimu sebagai pianist bukanlah yang terbaik karena kesuksesan sebuah penampilan band membutuhkan kerjasama yang apik. So, kendati kamu sudah beli piano atau keyboard paling mahal sekalipun jika permainan bandmu tidak kompak maka hasilnya bisa sangat memalukan.