Perbedaan Tulisan Ilmiah dan Non Ilmiah

Penulisan merupakan sebuah uraian kata yang bertujuan untuk menginformasikan sesuatu dan dibaca oleh pembaca nya. Dalam Tulisan terdapat 2 macam yaitu Tulisan Ilmiah dan Non Ilmiah. Keduanya memiliki ciri-ciri yang berbeda terutama pada bagian sistematika, bahasa, dan isi.

Tulisan Ilmiah merupakan penulisan yang berdasarkan fakta dan data dan ditemukan dalam pembuatan Karya Tulis Ilmiah. Biasanya dalam penulisan ilmiah membutuhkan rentang waktu yang relatif lama, karena sebelum menulis, penulis akan melakukan penelitian, pengamatan atau analisis terhadap suatu objek. Struktur dalam penulisan ilmiah haruslah baku, karena gagasan tersebut tidak boleh sembarangan dan dapat dipertanggung jawabkan. Penulisan ilmiah berdasarkan EYD, tidak provokatif agar tidak menimbulkan makna yang multi tafsir atau ambigu, sudut pandang yang objektif, bersifat impersonal. Sedangkan,

Tulisan Non Ilmiah merupakan penulisan yang berdasarkan fakta namun tidak disertai data, dan bisa juga imajinatif atau khayalan. Dalam pengungkapan nya, pembaca akan terbawa oleh penulis. Penulisan non ilmiah bersifat subjektif, bahasa nya bebas atau tidak baku, memiliki makna kiasan. Contoh penulisan non ilmiah biasanya terdapat dalam puisi, dan berita. Rentang waktu penulisan nya relatif cepat karena berdasarkan peristiwa yang baru saja terjadi.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Skip to toolbar