Dalam membina rumah tangga memang terkadang ada pertengkaran yang dikarenakan perbedaan pendapat antara suami dan istri. Menjalani kehidupan berkeluarga memang tidaklah mudah. Terjadinya pertengkaran suami-istri dalam suatu rumah tangga adalah hal yang wajar terjadi, karena setiap rumah tangga pasti mendapatkan ujian dari Tuhan Yang Maha Esa. Sedangkan pertengkaran antara suami istri sebenarnya untuk mendapatkan solusi dari setiap masalah yang terjadi. Namun pertengkaran yang diliputi emosi yang berlebihan tidak akan mendapatkan solusi dan justru memperburuk hubungan suami-istri dan parahnya terjadi perceraian.

Dalam menjalani kehidupan berkeluarga baik suami maupun istri harus menanamkan rasa sabar yang tinggi. Tidak ada manusia yang memiliki kepribadian sama sekalipun orang kembar tetap berbeda kepribadiannya. Mensinkronkan atau memahami dua kepribadian yang berbeda dan hidup bersama dalam satu rumah membutuhkan waktu yang tidak singkat. Oleh karena itu sudah menjadi hal yang wajar terjadinya pertengkaran suami istri terhadap suatu masalah yang terjadi. Ketika terjadi pertengkaran sebaiknya kedua belah pihak (suami-istri) harus bisa mengontrol emosi yang berlebihan. Kebanyakan perceraian terjadi karena suami-istri tidak mengetahui cara mengontrol emosi berlebihan dengan cepat sehingga ketika terjadi pertengkaran tidak menemukan solusi dan justru memilih langkah yang salah yaitu perceraian.

Ingatlah dahulu perjuangan anda mendapatkan pasangan anda yang begitu besar sehinga anda bisa menikahinya. Tentu saja setiap suami-istri tidak ingin adanya pertengkaran dalam menjalani hidup berkeluarga dan apalagi terjadinya perceraian. Agar setiap pertengkaran bisa segera mereda dan mendapatkan solusinya, maka anda harus mengetahui Cara Mengendalikan / Mengontrol Emosi pasangan anda, sebagaimana berikut ini :

1. Berdiam Diri dan Keluar Rumah
Pada saat istri anda sedang marah-marah sebaiknya anda berdiam diri dan tidak mengomentari setiap perkataannya. Jika istri anda sudah berhenti mengomel, anda sebaiknya keluar rumah untuk mencari udara segar serta mencari jawaban yang tepat untuk memberikan penjelasan kepada istri anda. Ketika anda sudah yakin bahwa istri anda sudah mereda emosinya, berikanlah penjelasan secara lembut dan sopan agar istri anda bisa menerima penjelasan anda dengan baik.
2. Hormati Dirinya
Dengan anda menghormatinya atau mensetujui keinginannya namun bukan berarti anda langsung melaksanakan semua keinginannya yang mungkin bagi anda tidak rasional. Cara ini hanya untuk meredakan emosinya saja pada saat meledak-ledak, jadi anda cukup mendengarkan keinginannya sambil menganggukkan kepala. Jika emosinya sudah mereda barulah anda rundingkan kembali dengannya.
3. Menjadi Teman Curhat
Ketika pasangan anda marah-marah dikarenakan ada masalah ditempat kerjanya. Anda sebaiknya berlaku sebagai teman curhatnya dan mendengarkan semua keluh kesahnya. Jika dia sudah menceritakan semuanya, barulah anda kasih saran yang sebaik-baiknya. Dengan begitu emosi pasangan anda akan segera mereda dan lebih mencintai anda.
4. Mengakui Kesalahan Dengan Jujur
Banyak orang yang enggan untuk mengakui kesalahan, padahal setiap orang pasti pernah berbuat salah dan setiap pasangan pasti akan memberikan toleransinya ketika pasangannya telah mengakui kesalahannya dengan jujur. Melakukan kesalahan adalah manusiawi, namun mengakui kesalahan dengan jujur adalah tindakan yang luar biasa.
5. Tersenyum
Memang terasa sulit sekali tersenyum ketika pasangan anda sedang marah-marah dan malah terkadang seakan-akan tidak menghormati pasangan anda jika tersenyum disaat pasangan anda sedang marah-marah. Sebenarnya justru dengan anda tersenyum pada saat pasangan anda marah, akan membantu pasangan anda mengendalikan / mengontrol emosinya yang berlebihan. Tetapi ingat tersenyum tidak sama dengan tertawa, jika anda tertawa justru kesannya anda tidak memperdulikan kemarahan pasangan anda.

Semoga cara mengontrol emosi yang saya share ini bisa membantu menyelesaikan setiap permasalahan rumah tangga anda. Sayangi keluarga anda dan buanglah jauh-jauh sifat egois anda.

Categories: Motivasi

PROFIL AKU

Profile photo of cintaindonesia

cintaindonesia


Popular Posts

Genderang Pembangkit

Bangsa Indonesia tak akan menjadi Sick Man Of Asia, kita ...

Makassar : Aparat Vs

Kembali lagi berita kurang mengenakkan terjadi di Makasar, bentrokan antara ...

Kemiskinan Meningkat

Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) mencatat data kemiskinan di Indonesia ...

Orang Indonesia Masi

Memasuki tahun baru 2011, gegap gempita suara terompet, kendaraan dan ...

'Garuda di Dadaku' B

Antusiasme masyarakat Indonesia menjelang pertandingan final putaran pertama turnamen Piala ...