Makin berkembangnya teknologi blockchain yang menjadikan dasar dari mata uang Bitcoin, menjadi makin banyak diperhatikan oleh Investor, entah itu dari investor lokal di Indonesia maupun dari Internasionla. Selain dari itu, segala yang masih terkait dengan teknologi yang sama dengan Bitcoin, juga makin mendapat perhatian dari para Investor. Demikian hal yang sama terjadi pada Ethereum. Dengan berinvestasi Ethereum saat ini lebih memiliki potensial dari pada Bitcoin?

Penggunaan teknologi mata uang kripto saat ini makin banyak digunakan dalam berbagai macam aspek, dimulai dari pembayaran lintas batas serta kliring derivatif over-the-counter untuk merampingkan proses back office.tentu bisa menjadikan potensi gangguan pada industri keuangan serta pada tempat lainnya semakin meningkat pula setiap harinya.

Bitcoin ini merupakan salah satu contoh dalam penggunaan blockchain yang sudah banyak dikenal dan populer. Sedangkan Ethereum sendiri merupakan salah satu kompetitor Bitcoin yang memiliki potensi untuk bisa mengalahkan kepopulerannya. Penggunaan nilai token asli dalam blockchain Ethereum, Eter (ETH), mengalami peningkatan hingga $10 disetiap ETH, serta pada kapitalisasi pasar untuk Ethereum sudah hampir mencapai angka $800 juta. Dalam hal ini berinvestasi Ethereum sangatlah memiliki potensial yang kedua dibawah Bitcoin.

Kemudian apa itu Ethereum serta mengapa dalam berinvestasi Ethereum memiliki potensial yang besar dimasa depan?

Berikut gambaran singka tetang Ethereum.

Pengembangan Ethereum disini bertujuan untuk meningkatkan serta memperbaiki Bitcoin serta untuk memperluas kemampuan. Tujuan utamanya disini adalah bisa menampilkan sebuah “kontrak pintar” yang sangat jelas. Suatu kesepakatan yang terdesentralisasi serta eksekusi sendiri dalam bentuk kode blockchain. Ethereum ini diciptakan pada tahun 2013 oleh Vitalik Buterin yang kemudin berjalan versi beta nya pada tahun 2015.

Untuk Blockchain-nya dibuat dengan bahasa pemrograman turing-complete dimana ini bisa berjalan sekaligus semua node dimana saat mencapai konsensus bisa diverifikasi tanpa adanya pihak ketiga seperti layaknya sebuah pengadilan atau hakim dalam kontek sistem hukum. Kemudian menurut penjelasan dari situs resminya, Ethereum ini bisa dijalankan untuk mengkodifikasi, mendesentralisasi, mengamankan dan memperdagangkan apa saja. Hingga pada akhir tahun 2014 yang lalu, Ethereum sendiri bisa memperoleh hasil hingga angka $18 juta Bitcoin dari penjualan crowdfund sebagai dana untuk pengembangannya.

Etherium Virtual Machine (EVM) ini mampu dan bisa untuk menjalankan program kontrak cerdas yang mewakili sebuah kesepakatan keuangan seprti halnya kontrak opsi, swap ataupun kupon pembayaran obligasi.

Pada mesin tersebut EVM bisa juga digunakan sebagai alat eksekusi taruhan, dalam memenuhi sebuah kontrak kerja. Dalam bertindak sebagai escrow yang terpercaya dalam hal pembelian barang yang memiliki nilai yang tinggi. Tentu hal tersebut adalah beberapa contoh yang mungkin bisa terjadi didalam sebuah kontrak cerdas, serta memiliki akan potensi dalam mengganti semua dari jenis perjanjian hukum, keuangan dan sosial yang tentu sangatlah menarik.

Pada saat ini, EVM ini masih dalam tahap awal pengembangan, serta bisa menjalankan keduanya kontrak cerdas yang lebih mahal, dan juga terbatas dari proses kekuatannya. maka sangatlah masuk diakal apabila dalam beberapa tahun saja, EVM bisa dan mampu menangani kontrak cerdas dengan sistem yang canggih secara real time.

Dalam ekosistemnya, Ethereum yang mata uangnya disebut ether ini merupakan mata uang kripto internal yang bisa dipergunakan sebagai penyelesaian kontrak cerdas yang berjalan di protokolnya. Ether ini bisa diperdagangkan di situs ethereum Indonesia yang sejenis dengan mata uang lainnya seperti Bitcoin dan juga mata uang fiat seperti halnya dolar AS, rupiah, dan lain sebagainya.

Categories: Berita Nasional

PROFIL AKU

cintaindonesia


Popular Posts

Genderang Pembangkit

Bangsa Indonesia tak akan menjadi Sick Man Of Asia, kita ...

Makassar : Aparat Vs

Kembali lagi berita kurang mengenakkan terjadi di Makasar, bentrokan antara ...

Kemiskinan Meningkat

Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) mencatat data kemiskinan di Indonesia ...

Hello world!

Welcome to Blog UMY. This is your first post. Edit ...

Orang Indonesia Masi

Memasuki tahun baru 2011, gegap gempita suara terompet, kendaraan dan ...