Meskipun di Negara Indonesia sudah banyak yang memanfaatkan cahaya/sinar matahari sebagai pembangkit tenaga listrik atau yang lebih dikenal dengan nama Solar Cell atau Panel Surya. Ternyata masih banyak masyarakat Indonesia yang tidak mengetahui sejarah dari solar cell ini. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini saya ingin membagikan sedikit ilmu pengetahuan tentang solar cell. Alat pembangkit listrik dari cahaya matahari ini sebelum berubah nama menjadi solar cell, awalnya dinamai Photovoltaic. Nama photovoltaic ini diambil dari bahasa Yunani yaitu Photos (cahaya) dan volta (nama ahli fisika dari italia yang menemukan tegangan listrik).

Sedangkan penemu alat pembangkit listrik dari cahaya matahari yang pertama kali adalah Ilmuwan Fisika dari Prancis yang bernama Alexandre Edmond Becquerel pada tahun 1839. Namun alat pembangkit listri dari cahaya matahari yang ditemukan oleh Alexandre Edmound ini masih banyak kekurangan. Sehingga dikembangkan lagi oleh William Grylls Adams dan muridnya Richard Evans Day dan pada tahun 1876 mereka berhasil menyempurnakan alat pembangkit listrik solar cell, dimana material padat berupa selenium dapat menghasilkan listrik ketika terkena cahaya matahari. Meskipun solar cell sudah ada kemajuan namun masih belum sempurna karena belum bisa menghasilkan listrik dalam jumlah yang ditargetkan.

Selanjutnya solar panel surya dikembangkan oleh Charlez Frits pada tahun 1883 dengan memberikan lapisan emas pada selenium, akan tetapi hanya bisa berhasil meningkatkan efisiensi kurang dari 1 % dan masih belum sesuai dengan targer yang diinginkan. Perkembangan selanjutnya pada tahun 1941, seorang peneliti bernama Russel Ohl mampu memberikan kontribusi terhadap kemajuan panel-panel surya. Akhirnya efisiensi dari konversi cahaya matahari menjadi energi listrik bisa ditingkatkan menjadi 4 %. Pengembangan panel surya ini terus berlanjut hingga tahun 1994 yang dilakukan oleh National Renewable Energy Laboratory milik DoE berhasil meningkatkan efisiensi hingga 30%. Nah seperti itulah sejarah singkat tentang panel surya / solar cell yang merupakan pembangkit tenaga listrik dari cahaya matahari dan saat ini banyak digunakan untuk alat pemanas air di rumah penduduk, ada juga yang digunakan untuk menggerakkan pompa air di daerah yang belum dialiri listrik PLN dan lampu penerangan jalan umum di kota-kota besar saat ini juga menggunakan solar cell sebagai pembangkit tenaga listriknya. Untuk informasi selengkapnya mengenai produk solar cell bisa anda lihat di web ini

Categories: Uncategorized

PROFIL AKU

cintaindonesia


Popular Posts

Genderang Pembangkit

Bangsa Indonesia tak akan menjadi Sick Man Of Asia, kita ...

Makassar : Aparat Vs

Kembali lagi berita kurang mengenakkan terjadi di Makasar, bentrokan antara ...

Kemiskinan Meningkat

Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) mencatat data kemiskinan di Indonesia ...

Hello world!

Welcome to Blog UMY. This is your first post. Edit ...

Orang Indonesia Masi

Memasuki tahun baru 2011, gegap gempita suara terompet, kendaraan dan ...