Perekonomian Indonesia

Hanya Blog UMY situs lain

Berikut ini ialah mengenai Pembangunan Infrastruktur khususnya di Indonesia pada 5 tahun terakhir dan beberapa penjelasan lainnya. Tugas ini juga untuk memenuhi uk 4 matkul Perekonomian Indonesia.

 

Infrastruktur dapat didefinisikan sebagai kebutuhan dasar fisik pengorganisasian sistim struktur yang diperlukan untuk jaminan ekonomi sektor publik dan sektor privat,sebagai layanan dan fasilitas yang diperlukan,agar perekonomian dapat berfungsi dengan baik.

Fungsi Infrastruktur

Infrastruktur berfungsi sebagai penopang kegiatan masyarakat. Infrastruktur berfungsiuntuk memfasilitasi serta mendukung kelancaran aktivitas ekonomi masyarakat,distribusi barang dan jasa.Terdapat beberapa contoh infrastruktur beserta fungsinya:

  • Jembatan berfungsi sebagai penghubung antara satu tempat dengan tempatlainnya. Tempat tersebut dapat merupakan suatu daerah maupun kota.
  • Jalan menurut fungsinya dikelompokkan kedalam jalan arteri, jalan kolektor, jalan lokal, dan jalan lingkungan.Jalan arteri (untuk perjalanan jarak jauh,kecepatan rata-rata tinggi), jalan kolektor (untuk perjalanan jarak sedang,kecepatan rata-rata sedang), jalan local (untuk perjalanan jarak dekat,kecepatan rata-rata rendah), jalan lingkungan (perjalanan dekat, kecepatanrata-rata rendah).
  • Rumah berfungsi sebagai tempat tinggal. Tempat untuk berteduh danmelakukan aktivitas.

Manfaat Infrasturktur

Infrastruktur mempunyai banyak manfaat. Diantaranya, manfaat di bidang sosial,ekonomi, dan budaya.Di bidang sosial, infrastuktur bermanfaat sebagai sarana komunikasi. Jika tidakadanya infrastruktur, suatu daerah akan terisolasi dan tidak dapat bersosialisasidengan daerah lainnya. Daerah yang terisolasi jaringannya akan terputus dari daerahluar, sehingga akan terganggunya kehidupan masyarakat di daerah tersebut.

Jenis-jenis Infrastruktur

  • Infrastruktur Keras (Physical Hard Infrastructure)

Infrastruktur keras merupakan infrastruktur yang memiliki bentuk fisik yang nyata dan kegunaannya memang berasal dari bentuk fisik yang dimilikinya tersebut. Infrastruktur keras merupakan infrastruktur yang paling banyak berkaitan dengan kepentingan umum masyarakat. Kebanyakan masyarakat juga mengartikan kata infrastruktur sebagai infrastruktur keras. Beberapa contoh infrastruktur keras yaitu bandara, kereta api, pelabuhan, dermaga, saluran irigasi, got, bendungan, jalan raya, dan lain – lain.

  • Infrastruktur Keras Non – Fisik (Non – Physical Hard Infratructure)

Infrastruktur keras non fisik merupakan infrastruktur keras yang tidak memiliki bentuk fisik yang nyata/jelas akan tetapi berguna dan mendukung keberadaan infrastuktur keras lainnya. Infrastruktur keras non fisik sangat berkaitan erat dengan permasalahan kepuasan publik. Infrastruktur keras non fisik biasanya hanya bisa dirasakan kegunaannya ketika digabungkan ataupun digunakan bersama-sama dengan infrastruktur lainnya seperti infrastruktur keras ataupun infrastruktur lunak. Beberapa contoh infrastruktur keras non fisik yaitu pasokan listrik, ketersediaan air bersih, jaringan pipa penyalur, jaringan komunikasi seperti internet dan telepon, ketersediaan saluran gas, pasokan energi, dan lain – lain.

  • Infrastruktur Lunak (Soft Infrastructure)

Pengertian infrastruktur lunak adalah infrastruktur yang berbentuk kelembagaan ataupun kerangka institusional. Infrasturktur lunak pada dasarnya harus dibangun dengan memperhatikan berbagai macam nilai dan norma seperti nilai budaya, norma agama, norma asusila, norma hukum dan berbagai nilai dan norma lainnya. Infrastruktur lunak biasanya berkaitan erat dengan aktivitas pelayanan masyarakat yang disediakan oleh pemerintah. Beberapa contoh infrastruktur lunak yaitu pelayanan kantor pos, pelayanan polisi, pelayanan pembuatan surat ijin mengemudi, pelayanan kantor kecamatan/kelurahan, dan berbagai infrastruktur lunak lainnya.

 

Ketertinggalan Infrastruktur Indonesia

Indonesia mengalami ketertinggalan pembangunan infrastruktur terhadap negara lain. Bahkan, ketua umum Masyarakat Transportasi Indonesia menyatakan infrastruktur Indonesia sudah 20 tahun lebih mengalami backlog. Data dari World Bank dan WEF, menunjukkan Indonesia mengalami ketertinggalan infrastruktur dibandingkan negara-negara lain di kawasan. Hal ini tentu dapat berdampak pada kebijakan industri nasional, perdagangan, sistem logistik nasional, pariwisata dan berujung pada stagnansi pertumbuhan ekonomi nasional. Hal ini dapat dilihat pula pada daya saing nasional Indonesia yang masih dibawah Singapura, Malaysia maupun Thailand. Dari indikator-indikator penyusun indeks logistik, indikator infrastruktur Indonesia menunjukkan kinerja yang rendah dibandingkan periode sebelumnya.

Dampak Pembangunan Infrastruktur 

Dampak pembangunan Infrastruktur dapat menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi, dan sebaliknya pertumbuhan ekonomi sendiri juga dapat menjadi tekanan bagi infrastruktur. Pertumbuhan ekonomi yang positif akan mendorong peningkatan kebutuhan akan berbagai infrastruktur. Perannya sebagai penggerak di sektor perekonomian akan mampu menjadi pendorong berkembangnya sektor-sektor terkait sebagai multiplier dan pada akhirnya akan menciptakan lapangan usaha baru dan memberikan output hasil produksi sebagai input untuk konsumsi.

Dalam pembangunan ekonomi akan memberikan dampak pada pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kualitas hidup. Pertumbuhan ekonomi sendiri akan berpengaruh terhadap investasi. Sedangkan peningkatan kualitas hidup akan berpengaruh terhadap kesejahteraan masyarakat, karena dengan pembangunan infrastruktur dapat mengurangi kemiskinan dan jumlah pengangguran suatu negara. Sebagai penunjang kesejahteraan masyarakat dan investasi pembangunan diperlukan berbagai infrastruktur. Antara lain jaringan jalan, jaringan listrik, jaringan telekomunikasi, air bersih, dsb. Dorongan peningkatan pada subsektor listrik, subsektor jalan, subsektor transportasi dan subsektor komunikasi tersebut disebabkan karena tingkat permintaan dari subsektor tersebut terus mengalami peningkatan. Disamping itu, respon permintaan yang terus meningkat terhadap subsektor-subsektor tersebut diimbangi dengan banyaknya investasi pembangunan infrastrukur di subsektor-subsektor tersebut.

Sebagai contohnya adalah kebutuhan akan listrik. Indonesia mengalami permasalahan dalam listrik dimana suplai listrik tidak dapat memenuhi kebutuhan akan listrik yang mengakibatkan pemadaman di beberapa daerah secara bergiliran. Padahal listrik tidak hanya dibutuhkan pada rumah tangga-rumah tangga saja, namun juga sangat dibutuhkan pada sektor-sektor industri yang akan berdampak pada perekonomian masyarakatnya pula. Maka dari itu infrastruktur jaringan listrik merupakan komponen penting dalam menunjang aktivitas masyarakat dan juga sangat berpengaruh terhadap masalah perekonomian.

Begitu pula dengan pembangunan infrastruktur jaringan jalan. Pembangunan jalan sangat tidak kalah penting dan diperlukan sebagai alat penghubung suatu tempat dengan tempat yang lain. Dengan adanya akses jalan yang mudah dijangkau akan mempengaruhi unsur strategis suatu tempat dan dengan mudahnya akses akan mempengaruhi banyaknya pihak swasta yang mau berinvestasi. Dengan banyaknya pihak swasta yang mau berinvestasi tersebut akan mempengaruhi pada pertumbuhan ekonomi yang cukup pesat. Selain itu dengan adanya pembangunan-pembangunan infrastruktur salah satu contohnya seperti jaringan jalan juga akan memberi manfaat kesejahteraan masyarakat karena terbebas dari keterpencilan suatu tempat dan memberikan kemudahan akses bagi masyarakat.

Jaringan telekomunikasi pun juga memberi pengaruh terhadap kesejahteraan masyarakat. Dengan adanya banyak stasiun televisi swasta saat ini menjadi bukti bahwa cukup banyak investasi swasta di indonesia di bidang pertelekomunikasian. Apalagi di era globalisasi seperti saat ini, telekomunikasi sangat diperlukan sebagai alat penunjang keberhasilan suatu negara. Dan permintaan akan sarana telekomunikasi saat ini juga semakin meningkat.

Sarana air bersih juga mempunyai peran sangat strategis untuk meningkatkan taraf hidup dan derajat kesehatan masyarakat, juga sebagai faktor pendorong bagi pertumbuhan ekonomi. Namun dalam penyediaan baik segi kualitas, kuantitas dan kontinuitas, belum berjalan berkesinambungan. Sisi lain, tuntutan kebutuhan air bersih yang memenuhi standar kesehatan terus mengalami peningkatan tanpa diimbangi dengan perbaikan kualitas pelayanan.

Berdasarkan peran dan fungsinya seperti yang telah diungkapkan di atas (sebagai pendorong berkembangnya sektor-sektor terkait sebagai multiplier dan pada akhirnya akan menciptakan lapangan usaha baru dan memberikan output hasil produksi sebagai input untuk konsumsi), maka dapat disimpulkan bahwa sektor infrastruktur merupakan fundamental perekonomian di Indonesia.

 

Infrastruktur konektivitas  (Hasil dalam 5 th terakhir)

Pembangunan infrastruktur konektivitas dilakukan untuk mempermudah mobilitas masyarakat dalam bekerja dan berusaha. Pemerintah berpandangan, selain untuk pemerataan distribusi barang/jasa, pembangunan ini juga akan meningkatkan produktivitas masyarakat dan daya saing.

1. Jalan dan Jembatan

Catatan jalan dan jembatan yang dibangun dalam empat tahun Jokowi-JK: Jalan sepanjang 3.432 kilometer Jalan tol sepanjang 947 kilometer Jembatan sepanjang 39,8 kilometer Jembatan gantung sebanyak 134 unit.

2. Kereta Api

Jalur kereta api, termasuk jalur ganda dan reaktivasi sepanjang 754.59 km’sp

Peningkatan dan rehabilitasi jalur kereta api sepanjang 413,6 km’sp Light Rail Transit di Sumatera Selatan selesai dibangun Light Rail Transit di Jakarta selesai dibangun Light Rail Transit di Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi yang rampung pada 2019 Mass Rapid Transit yang juga rampung pada tahun 2019.

3. Bandar Udara

Ada 10 bandar udara baru (Miangas, Letung, Tebeliang, Maratua, Morowali, Namniwel, Weru dan Koroway Batu) Revitalisasi dan pengembangan 408 bandara di daerah rawan bencana, terisolasi dan wilayah perbatasan Pemerintah menargetkan penurunan disparitas harga lima bahan kebutuhan pokok sebesar 57,21 persen untuk masyarakat daerah terpencil dan daerah tertinggal yang belum terlayani moda transportasi lain.

4. Pelabuhan

19 pelabuhan baru, 8 pelabuhan yang masih dalam tahap pembangunan dan direncanakan rampung pada tahun 2019

Target peningkatan kapasitas pengangkutan barang dari 16,7 juta TEUs per tahun pada 2014 menjadi 19,7 juta TEUs per tahun pada 2017 Penambahan 5 unit kapal penyeberangan penumpang

Penambahan 3 unit kapal motor penyeberangan

Penambahan 10 pelabuhan penyeberangan.

Staf Khusus Presiden Ahmad Erani Yustika mengatakan, pembangunan infrastruktur untuk konektivitas ini sudah mulai terlihat manfaatnya. “Sudah mulai terjadi pertumbuhan penumpang yang artinya peningkatan konektivitas itu benar-benar terjadi,” ujar Erani. Pertumbuhan penumpang angkutan udara dari 2014 hingga 2017, kata dia, naik 6,5 persen, kereta api naik 8,9 persen, penyeberangan  naik 1,3 persen, demikian pula Damri yang naik 1,7 persen. Demikian juga sudah mulai terjadi pertumbuhan angkutan barang yang artinya, daya saing ekonomi antardaerah juga mulai tumbuh,” lanjut Erani. Pertumbuhan angkutan barang dari 2014 hingga 2017 melalui jalur darat diklaim naik 3 persen, jalur angkutan laut naik 3 persen, dan angkutan udara naik 2,7 persen. Adapun, angka yang paling tinggi adalah pertumbuhan angkutan barang melalui jalur kereta api, yakni sebesar 7,8 persen.

 

 

sekian dan terima kasih.

 

Sumber:

https://id.wikipedia.org/wiki/Infrastruktur#Jenis_Infrastruktur

http://pengertiandefinisi.com/pengertian-infrastruktur-dan-beberapa-jenisnya/

http://nurmansyahjohan.blogspot.co.id/p/infrastruktur-dalam-pembangunan-ekonomi_22.html

https://ekonomi.inilah.com/read/detail/2411698/darmin-terangkan-tujuan-pembangunan-infrastruktur

https://kppip.go.id/tentang-kppip/perkembangan-pembangunan-infrastruktur-di-indonesia/

https://nasional.kompas.com/read/2018/10/20/14144381/4-tahun-jokowi-jk-dan-catatan-pembangunan-infrastruktur?page=all

Categories: Tak Berkategori

PROFIL AKU

Pramika Indriani


Popular Posts

Halo dunia!

Selamat datang di Blog UMY. Ini adalah tulisan pertama Anda. ...

Perkembangan Perekon

Halo semuanya! Lama sekali sejak beberapa bulan terakhir yang lalu tidak ...

Indonesian Economy

Tentang blog kali ini ialah berisi tentang jawaban-jawaban dari UK ...

Annotated Bibliograp

Berikut ini merupakan jurnal-jurnal yang membahas tentang “Pembangunan Infrastruktur di ...

Pembangunan Infrastr

Berikut ini ialah mengenai Pembangunan Infrastruktur khususnya di Indonesia pada ...