Mengenal Hidroponik

14 January 2021

Hidroponik merupakan salah satu praktik budidaya tanaman/ bercocok tanam dimana media tanam yang biasanya tanah diganti dengan air dan rokul. Dalam praktik hidroponik ini lebih menekankan pada pemberian nutrisi bagi si Tanaman. Menanam dengan cara Hidroponik memiliki beberapa keuntungan bila dibandingankan dengan menanam di tanah

Pertama, dari segi pemanfaatan lahan. Jika kita ingin menanam dengan cara hidroponik. Kita bisa menanam dimana saja, bahkan di tempat yang tidak memiliki tanah. Contohnya yaitu kita bisa menanamn di atas Gedung atau dak rata, kita bisa menanam disitu dengan media hidroponik. Selain itu kita juga bisa menanam dengan metode hidroponik pada tembok rumah warga.

Kedua, secara prinsip hidroponik mempunyai beberapa keunggulan yang pertama tanaman yang ditanam cenderung lebih segar, karena apabila kita mencabut tanamannya, akarnya masih ada dan tidak putus, sehingga tanamna akan jauh lebih segar daripada tanaman yg ditanam pada tanah. Yang kedua, tanaman akan jauh lebih bersih, karena media yang digunakan juga bersih. Lalu yang terakhir adalah lebih sehat, karena hidroponik konsepnya melindungi tanaman, jadi dalam budidayanya menggunakan greenhouse, tanamna dilindungi supaya hama penyakit tidak ada, sehingga tidak perlu menggunakan pestisida kimia berbahaya.

Dalam menunjang pertumbuhannya, hidropnik menggunakan nutrisi yang di desain khusus formulanya, sehingga tanaman bisa tumbuh dengan sangat baik.

4 Comments

  • indiraip 20 January 2021 at 11:07 am

    terima kasih atas informasi nya, sangat bermanfaat bagi pembaca:)

  • Belajar Agribisnis 20 January 2021 at 8:40 pm

    Sangat bermanfaat, kira-kira tanaman yang dapat menggunakan metode hidroponik apa ?

  • Riskia 20 January 2021 at 9:58 pm

    Wah sangat bermanfaat informasi nya kak lanjutkan memberi informasi nya

  • draco 20 January 2021 at 10:08 pm

    Terimakasih informasinya kak ringan dan sangat mudah dipahami semangat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar