Semua Ada Di Sini

Telusuri Berbagai Hal yang Ada

Sudah Saatnya yang Muda Bergerak

Posted by Intania Puspa Dewi 0 Comment

Di zaman sekarang, bidang pertanian masih dianggap remeh oleh generasi muda. Generasi tersebut masih beranggapan jika pertanian itu identik dengan profesi yang dijalani para orang yang sudah lanjut usia dan harus berkotor-kotoran terkena lumpur serta sistem penanaman dan pemanenan yang masih dilakukan secara tradisional. padahal di era saat ini pertanian sudah sangat maju atau disebut dengan pertanian berkelanjutan. Pengertian dari pertanian berkelanjutan itu sendiri secara singkat adalah pengelolaan sumber daya yang berhasil untuk membantu memenuhi kebutuhan manusia dan meningkatkan kualitas sumber daya alam. Oleh karena itu, dalam bidang pertanian membutuhkan regenerasi pergantian profesi.

Masalah yang sering dihadapi para petani masih saja terakit dengan masalah cuaca yang tidak menentu, kekeringan, ketersediaan bibit dan pupuk yang mulai langka, dan munculnya serangan berbagai hama penyakit yang menyerang lahan pertanian yang berimbas pada gagalnya panen. Selain masalah tersebut, masalah yang masih dihadapi para petani yaitu mereka masih dipermainkan oleh para tengkulak dalam proses penjulan hasil panen. segala permasalahan ini jika dibiarkan terus-menerus akan menghambat pemasokan bahan pangan negara.

Untuk menyelesaikan permasalahan di atas, dibutuhkan peran generasi muda. Jika kita berbicara generasi muda, maka dalam pikiran kita akan terlintas sosok mahasiswa. Mahasiswa yang terlibat dalam menyelesaikan permasalahan ini adalah mahasiswa pertanian yang perannya sangat dibutuhkan. Sebab, mereka telah menimba ilmu di perguruan tinggi dan mendapatkan teori serta praktek. Teori dan praktek tersebut harus diaplikasikan dalam dunia nyata agar berjalan seiringan.

Peran mahasiswa pertanian salah satunya yaitu, dapat menyokong ekonomi pertanian serta memberdayakan para petani dengan melakukan riset untuk menciptakan rekayasa teknologi maupun untuk mendukung pembangunan pertanian. Dengan dibekali ilmu, mahasiswa dituntut untuk dapat menyelesaikan permasalahan tersebut. Mahasiswa pertanian dapat mengenalkan sistem internet dengan berbagai manfaatnya, serta melakukan pendampingan dan penyuluhan saat pengenalan sistem internet kepada para petani. Mahasiswa dapat mengenalkan secara perlahan kepada para petaniĀ  tentang teknologi bertani yang modern, mengenalkan sistem web aplikasi untuk membeli bibit dan menjual hasil panen mereka untuk menghindari ketidakberdayaan para petani terhadap sistem yang tidak menguntungkan seperti tengkulak.

Dengan demikian, adanya semangat, kekuatan para pemuda untuk terjun ke dunia pertanian, danĀ  kontribusnya dalam kegiatan penyelesaian masalah, serta menyalurkan ide-ide kreatifnya untuk mengembangkan sektor pertanian dan mensejahterakan petani di indonesia, maka dapat dipastikan negara ini mempunyai harapan untuk terjaminnya ketersediaan bahan pangan.

Categories: Pertanian

PROFIL AKU

Intania Puspa Dewi


Popular Posts

Halo dunia!

Selamat datang di Blog UMY. Ini adalah tulisan pertama Anda. ...

Kraton Ngayogyakarta

Bangunan Kraton dengan arsitektur Jawa yang agung dan elegan ini ...

Sudah Saatnya yang M

Di zaman sekarang, bidang pertanian masih dianggap remeh oleh generasi ...

Pemanfaatan Internet

Pada era teknologi saat ini internet sudah sangat melekat dengan ...

Kesan/Opini Mahasisw

  Universitas Muhammadiyah Yogyakarta merupakan salah satu universitas penguruan tinggi swasta ...