Semua Ada Di Sini

Telusuri Berbagai Hal yang Ada

Indonesia negara agraris

Indonesia merupakan salah satu negara berkembang yang dari dulu hingga saat ini masih terkenal dengan profesi penduduknya sebagai petani atau bercocok tanam. Hal ini terbukti dengan luasnya lahan pertanian yang ada di Indonesia. Melihat fenomena ini membawa Indonesia dapat membangun kemandirian pangan dalam memenuhi kebutuhan pangan di Indonesia.

Kemandirian pangan artinya kemampuan bangsa dalam memproduksi pangan yang beraneka ragam dari dalam negeri  yang dapat menjamin kebutuhan pangan yang cukup sampai ditingkat perseorangan. Kemandirian pangan dapat dilakukan dengan memanfaatkan kegiatan eksplorasi sumber pangan lokal yang ada di Indonesia. Indonesia memiliki potensi yang sangat besar dalam mencapai kemandirian pangan, ditinjau dari keberagaman pangan lokal dan ketersediaan sumber daya alam.

Kegiatan membangun kemandirian pangan melalui eksplorasi sumber pangan lokal merupakan suatu kegiatan dalam mengoptimalkan sumber daya alam untuk menghasilkan sesuatu. Dengan kata lain kegiatan ini bukanlah kegiatan eksploitasi alam. Dalam hal pangan, dapat dilakukan dengan kegiatan pertanian yang dapat meningkatkan jumlah produksi pangan dengan tetap memperhatikan aspek kelestarian lingkungan.

Upaya yang dapat dilakukan dalam membangun kemandirian pangan melalui eksplorasi sumber pangan lokal yaitu:

  1. Mendukung program pemerintah yang berhubungan dengan kegiatan dalam memajukan sektor pertanian.
  2. Khususnya dalam hal pangan, kegiatan impor dapat dikurangi.
  3. Mengupayakan peningkatan jumlah produksi pangan secara bijak, misalnya menggunakan lahan pertanian sebaik mungkin, menggunakan pupuk sebaik mungkin, mengurangi penggunaan pestisida, dan menggunakan bibit hibrida untuk menghasilkan tanaman yang berkualitas unggul.
  4. Menyadari bahwa Indonesia mampu mewujudkan kemandirian pangan, sehingga muncul kesadaran untuk melakukan tindakan mengeksplor sumber daya pangan secara bijak.

Hal diatas merupakan upaya-upaya yang dapat dilakukan agar dapat  memberdayakan masyarakat guna mengolah potensi pangan lokal dengan target tercapainya kemandirian dan ketahanan pangan nasional.

Categories: Pertanian

PROFIL AKU

Intania Puspa Dewi


Popular Posts

Halo dunia!

Selamat datang di Blog UMY. Ini adalah tulisan pertama Anda. ...

Kraton Ngayogyakarta

Bangunan Kraton dengan arsitektur Jawa yang agung dan elegan ini ...

Sudah Saatnya yang M

Di zaman sekarang, bidang pertanian masih dianggap remeh oleh generasi ...

Pemanfaatan Internet

Pada era teknologi saat ini internet sudah sangat melekat dengan ...

Kesan/Opini Mahasisw

  Universitas Muhammadiyah Yogyakarta merupakan salah satu universitas penguruan tinggi swasta ...