Archive for the ‘Manajemen diri’ Category

  • Menjadi Mahasiswa Yang Unggul

    Date: 2010.12.24 | Category: Manajemen diri, Perkuliahan | Response: 5

    Pertumbuhan Ilmu di dunia Barat berlangsung luar biasa cepatnya sehingga negar-negara yang sedang berkembang dan para sarjananya terpontang-panting ketinggalan. Pertumbuhan ilmu itu hanya dapat diikuti para mahasiswa kalau mereka memperoleh pendidikan diperguruan tinggi yang lengkap perpustakaannya, menerima pengajaran dari para dosen yang tinggi semangat ilmiahnya, sekaligus para mahasiswa sendiri melakukan studinya dengan sikap maju yang membara, kebiasaan akademik yang baik, dan keterampilan yang sudi yang tepat.

    Tetapi, sayang sekali sikap maju, kebiasaan akademik, dan keterampilan studi yang demikian itu tidak banyak tampak pada mahasiswa Indonesia. Read the rest of this entry »

  • Ternyata mata ini hanya melihat 2 Dimensi saja (Setetes Hikmah)

    Date: 2010.12.23 | Category: Kearifan, Manajemen diri | Response: 0

    Sebuah kindahan terbesar jika kita mampu memaknai arti penglihatan, arti dari organ mata yang selama ini membantu kita belajar dari kehidupan ini. Namun tidak banyak yang mampu mensyukuri, bahkan memanfaatkannya dengan sebaik mungkin sebagai tanda syukur kepada Allah Ta’ala.

    Selama ini kita mengira bahwa mata ini mampu melihat semua sisi tanpa bantuan apa-apa. Benarkah?

    Mari kita renungkan bersama, apa yang dimaksud dengan 3D? 3D adalah sesuatu yang memiliki lebar, tinggi dan panjang (kedalaman).Manusia dapat melihat hubungan spasial antara objek dengan melihat pada benda itu karena manusia memliki Persepsi 3D, Read the rest of this entry »

  • Dibawah sana pun ada LANGIT

    Date: 2010.12.23 | Category: Kearifan, Manajemen diri | Response: 2

    Setelah sekian hari saya mengangkat jari dari keyboard untuk menyusun kata, selama itu saya disibukan dengan banyak aktifitas yang cukup melelahkan. Baiklah, kita mulai dengan satu kata, “Puncak”. Setiap orang tentu akan menengadahkan kepalanya keatas ketika mendengar kata ini. Memang selalu identik dengan ketinggian, atau mungkin sebagian orang tidak begitu.

    Sebuah keindahan yang tersembunyi, sebuah kaidah yang sedikit terlupakan. “Tancapkanlah cita-citamu setinggi bintang diangkasa”, seraya menujukan tangannya kelangit dimalam itu. Ya, sayapun menengadahkan kepala menjatuhkan pandangan dilangit. Semua orang mengatakan hal yang sama, bintang, setinggi dan langit. Adakah sesuatu yang lebih unik dari langit? Read the rest of this entry »

  • Job Hunting Tips – Interview, bukan acuan utama diterima kerja.

    Date: 2010.12.09 | Category: Karir, Manajemen diri | Response: 0

    Dengan pasar kerja lebih kompetitif dari sebelumnya, pengusaha mulai beralih ke metode yang tidak ortodoks lagi dalam melakukan penyaringan calon karyawannya.

    Pelamar harusnya memahami bahwa pengusaha mungkin saja mengevaluasi mereka bahkan ketika mereka tidak menyadarinya. Kelancaran kamu saat melakukan interview atau wawancara bukanlah satu-satunya hal yang menjadi pertimbangan para pengusaha.

    Sebagai contoh, suatu perusahaan memerintahkan seorang resepsionis untuk pergi ke tempat parkir untuk memeriksa mobil atau kendaraan si pelamar pekerjaan tepat disaat si pelamar sedang melakukan interview. Ternyata perusahaan ingin mengetahui seberapa bersih dan rapi mobil itu sebagai indikasi karakter kandidat. (anda) Read the rest of this entry »

  • Reputasi online, pengaruhi peluang kerja si pelamar

    Date: 2010.12.09 | Category: Karir, Manajemen diri | Response: 3

    Para pengusaha, belakangan ini sudah mampu menggali latar belakang kamu lebih dalam lagi, bahkan mungkin hal ini tidak pernah terpikir olehmu. Para pengusaha sudah mulai memanfaatkan media yang mudah diakses seperti internet untuk menilai seberapa layak kah anda menjadi kandidatnya.

    Dengan melihat fakta bahwa hampir semua orang tergabung dalam jejaring sosial, maka ini akan semakin mudah untuk menggali informasi sedalam mungkin tentang si pelamar. Sebuah mesin pencarian seperti google saja sudah cukup untuk seorang majikan mengekspose semua hal tentang si pelamar. Read the rest of this entry »

  • Job Hunting Tips – Manajemen Waktu

    Date: 2010.12.09 | Category: Karir, Manajemen diri, Manajemen waktu | Response: 2

    Ada pepatah lama bahwa “Mencari pekerjaan lebih sulit daripada bekerja.” Memang benar! Kerasnya pencarian kerja yang diperbesar oleh gejolak mental yang kita alami: seperti kurangnya kepercayaan diri, berbagai penghinaan, tekanan keuangan, dan arus bawah emosi yang ikut mewarnai semua hal yang kita lakukan seperti rasa: takut, marah, depresi, gelisah, kehilangan. Salah satu langkah praktis yang bisa kita ambil untuk mengurangi stres dan menghemat energi kamu untuk mencari pekerjaan dan tidak membiarkan stress membengkak, adalah dengan mengelola waktu kita secara efektif. Read the rest of this entry »

  • Merasa kekurangan waktu

    Date: 2010.12.09 | Category: Manajemen diri, Manajemen waktu | Response: 1

    Diceritakan seorang tentara norwegia yang sedang terbujur kaku kedinginan ditengah badai pasir, dia hanya diam terbatas di atas kereta luncurnya ditengah padan salju kutub utara. Seorang teman membantunya bersembunyi dari tentara Jerman yang saat itu sudah menguasai Norwagia. Dia hanya sendiri selama dua puluh tujuh hari, kecuali beberapa temannya yang mengunjunginya dalam tiga atau empat hari sekali. Dia membawa sebuah buku, namun dalam dua puluh dari itu dia tidak membacanya kecuali hanya sedikit saja. Nampaknya dia “Tidak punya waktu”.

    Ketika saya membaca baris terakhir, saya tersentak, dan ada sesuatu yang mengusik fikiran saya. Kamu tahu kenapa? Disana saya membaca tentang seseorang yang tidak mau berjalan, hanya berdiam diri didalam sleeping bag nya ditengah-tengah kesunyian, tertutupi salju ditengah-tengah kutub yang tidak berpenghuni. Seakan dia benar-benar terlalu sibuk dan tidak puya waktu untuk membaca, padahal hanya bukulah yang ada ditangannya. Ada apa dengannya? Read the rest of this entry »

  • Menghindari mimpi buruk dan dari segala gangguan

    Date: 2010.12.08 | Category: Al Islam, Kesehatan, Manajemen diri | Response: 0

    Kebanyakan mimpi buruk berasal dari keadaan kita disaat terbangun. Mimpi-mimpi itu bisa berasal dari sesuatu yang kita lihat atau dari apa yang telah kita bicarakan dalam pikiran kita pada siang hari. Mimpi juga merupakan konsekuensi dari pengalaman stres atau menakutkan.

    Mimpi buruk yang paling umum adalah dialami anak-anak kecil. Frekuensi datangnya mimpi buruk ini umumnya menurun sampai dengan masa pubertas. Di antara orang dewasa, mimpi buruk lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan pada pria.

    Seseorang yang mengalami mimpi buruk tidak perlu khawatir. Penyebab utama dari mimpi buruk adalah karena makan terlalu larut malam, yaitu tepat sebelum tidur. Ketika seseorang tidur tepat setelah makan, proses metabolisme yang yang cepat mempengaruhi tubuh dan aktivitas mental saat tidur. Read the rest of this entry »

  • Ways To Strengthen One’s Memory

    Date: 2010.12.08 | Category: Al Islam, English language articles, Manajemen diri | Response: 0

    It is human nature to be forgetful, as the Arab poet said:
    He is only called man (insaan) because of his forgetfulness (nasiyaan), and it is only called the heart (al-qalb) because it changes so rapidly (yataqallib).”
    In the past they said that the first one to forget (awwal naasin) was the first man (awwal al-naas), meaning Adam, peace be upon him. Forgetfulness is something that varies from person to person according to each individual’s nature; some may be more forgetful than others. Some of the things that may help to combat forgetfulness are the following: Read the rest of this entry »

  • Cool or Fool? – Cara tepat memilih teman

    Date: 2010.12.08 | Category: Al Islam, Manajemen diri | Response: 0

    Kami ceritakan kepadamu (Muhammad) kisah mereka dengan sebenarnya. Sesungguhnya mereka adalah pemuda-pemuda yang beriman kepada Tuhan mereka dan kami berikan petunjuk kepada mereka. Dan kami teguhkan pendirian mereka ketika mereka berdiri lalu mereka berkata,’Tuhan adalah tuhan langit dan bumi, kami tidak menyeru tuhan lain selain Dia. Sungguh kalau kami berbuat demikian, tentu kami telah mengatakan sesuatu yang jauh dari kebenaran” (Al-Kahf 18:13-14)

    #Teman-teman kamu yang buruk sedang berkumpul. Asap rokok berhembus keudara, hmm, udara yang lembab. Tertawa terbahak-bahak disertai perkataan yang meracau, badannya bergoyang dan berputar mengiringi deru suara drum. Suara, kata-kata  meluncur kedalam telinga mereka, berhiaskan kata-kata yang memikat. Merah, biru dan hijau lampu-lampu berkedip dengan cahaya-cahaya yang menyilaukan. Tangannya digoyangkan, kepala diguncang-guncang, badan berloncat-loncatan seakan lupa segalanya. Denting gelas, minuman yang dingin berjejer diatas meja bagaikan kolam yang siap di selami. Read the rest of this entry »

Performance Optimization WordPress Plugins by W3 EDGE