Iqbal A.j Blog

Hanya Blog UMY situs lain

Assalamualaikum Warahmatullohi Wabarakaatuh.
 Baterai Laptop/Netbook adalah topik yang umum di bicarakan, dan banyak orang yg bertanya bagaimana merawat baterai laptop supaya lebih awet dan berumur panjang. banyak informasi yang ber edar dan banyak juga yang salah pengertian. petunjuk sederhana di bawah ini akan sedikit menambah pengetahuan kita tantang bagaimana cara merawat batrai Laptop kita.
Kemampuan battery laptop/ netbook akan menurun seiring waktu apakah Anda menggunakannya atau tidak. Sekalipun industri battery Li-Ion tidak mempublikasikan kenyataan ini, jam battery Anda mulai bergerak pada saat dirakit. Elemen didalam battery akan bereaksi, dan lambat laun battery tersebut tidak akan mampu mensuplai power yang cukup untuk notebook Anda. Sebagai tambahan, battery Anda dirancang untuk bertahan antara 300-800 kali siklus charge/recharge. Dan secara bertahap akan berkurang kemampuannya untuk mensuplai daya ke notebook.
Secara umum, battery notebook akan bertahan antara satu hingga tiga tahun. Anda mungkin bisa memperlambat penurunan kemampuannya, tapi tidak bisa menghentikan prosesnya. Suhu baterai, cara dan frekuensi pemakaian notebook akan mempengaruhi panjang pendeknya usia baterai. Anda bisa memperlambat proses ini dengan merawatnya sesuai dengan beberapa petunjuk pemeliharaan
tatacara perawatan.

 

  • Lakukan pengisian batrai laptop/netbook anda dab biarkan beberapa jan setelah terisi penuh
  • Pasang baterai setelah pengisian penuh (fully charged 100%), baterai tidak perlu dilepas jika suhu CPU dan Hard Disk (HDD) berkisar antara 40°C hingga 50°C. Walaupun pengisian sudah penuh, energi listrik yang masuk tidak akan mengisi baterai, karena teknologi pada baterai sekarang sudah mampu menghentikan pengisian jika sudah penuh, jadi tidak perlu takut baterai akan menjadi soak akibat over charged yang menyebabkan over heat pada baterai.
  • Lepas baterai dan gunakan UPS (Uninterruptible Power Supply) untuk menghindari pemutusan arus listrik yang mendadak. Jika penggunaan laptop yang berlebihan (seperti bermain game yang butuh energi maksimal) dan dalam jangka waktu lama yang membuat suhu CPU dan HDD di atas 60°C. Panas yang berlebihan pada perangkat lain dapat menjalar ke baterai, sehingga mempengaruhi baterai dan pada akhirnya umur dari baterai akan pendek karena kapasitas penyimpanan yang berkurang. Dalam kondisi seperti ini sangat dianjurkan untuk menggunakan pendingin tambahan untuk melindungi hardware lain dari panas yang berlebihan. Namun, jika UPS tidak tersedia sebaiknya baterai tidak perlu dilepas, untuk menghindari kerusakan perangkat lain seperti Hard Disk, Motherboad, RAM, dll, akibat pemutusan aliran listrik yang mendadak serta arus yang tidak stabil.
  • Jika baterai tidak digunakan simpanlah baterai pada suhu yang dingin dan kering. Sebelum melepas baterai, isi baterai hingga penuh terlebih dahulu, dan jangan didiamkan terlalu lama.
  • Isi baterai hingga penuh, dan lakukan pengisian jika kapasitas baterai telah mendekati 10%.
  • Untuk para Gamer ente musti punya Hardware Wajib. yaitu CoolingPad, karena game akan memperberat kerja laptop dan akan menimbulkan suhu tinggi, maka Coolingpad akan sangat di butuhkan untuk menurunkan suhu laptop kita.
Gunkan juga software BatteryCare untuk mengontrol batrai Laptop/netbook anda, selain itu dapat juga dighunakan untuk mengecek suhu CPU dan HDD.
Dowload BatteryCare

Lakukan kaliberasi baterai laptop anda jika kapasitas penyimpanan sudah mulai berkurang, hal ini terjadi karena pengaruh dari memory baterai. caranya dengan mengosongkan batrai sampai benar2 kosong yaitu di pakai hingga batrai habis kemudian didiamkan beberapa saat dan lakukan pengisian hingga penuh, dengan begini diharapkan batrai ke kondisi sewajarnya dalam menyimpan daya.

sekian pengetahuan saya tentang batrai mohon maaf jika ada kesalahan.

 

Semoga bermanfaat!   ^_^

selamat mencoba…..

Wassalam.

Categories: Pengetahuan

PROFIL AKU

Iqbal Abdul Jabbar


Popular Posts

Daftar 10 Senjata Sn

Assalamualaikum Sahabat Blogaholic, pada kesempata kali ini saya akan menuliskan ...

Resep Bumbu Tongseng

Untuk 4 porsi Tongseng Kambing. Rasa pedas dan manis merupakan ciri ...

Yang Menyebabkan Sul

“Maaf, saya salah..”, “Maaf, itu tadi karena saya salah paham..”. ...

Untukmu Wahai Ukhti

يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ قُلْ لأزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَاءِ الْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ ...

Rumus Rubik 3x3 Untu

Belajar Rumus rubik 3×3 untuk pemula adalah tingkat dasar dalam ...