Iqbal A.j Blog

Hanya Blog UMY situs lain

Panahan ala Mataram Sabtu Sore

Posted by Iqbal Abdul Jabbar 2,059 Comments

Assalamualaikum sob ketemu lagi di blog ku, sebelumnya saya ucapkan slamat datang di blog saya dan terimakasih sudah mau mampir di blog ku di tengah jalan-jalanya di internet,

oh ya apa aya yang sudah pernah mendengar panahan ala mataram? pastinya kalo orang jogja pernah denger dong… nah iya benar itu adalah olahraga memanah dengan gaya mataram yang konon sudah ada sejak tahun 1943 wow… dan sampai sekarang masi ada peminatnya terutama di daerah istimewa jogjakarta.

kebetulan saya jug asering ikutan latihan pada sabtu dan minggu sore, dan tadi sore saya baru saja berangkat latihan dan saya terbetik untuk menulis tentang panahan mataram di blog saya ini, sebelmnya ini ada beberapa foto Mas Suryanto teman saya yang seringikut latihan panaha di pakualaman yogyakarta berikut beberapa Foto yang saya ambil barusan ketika latihan

kita muali pembahasannya

Panahan Tradisional Mataraman dinilai masih asing bagi sebagian masyarakat. Padahal lomba ini sudah digelar Kraton Yogyakarta sejak 1943.

Atlet panahan tradisional Mataraman asal Sleman, Rudi menilai, penyebab ketidaktahuan masyarakat umum terkait olahraga ini karena jarangnya media yang mengekspose kegiatan seni tradisi ini.

Laki-laki yang sudah dua tahun menekuni olahraga panahan tradisional gaya Mataraman itu menuturkan, ketertarikannya berawal dari cara memanah yang unik dan tidak terkesan agresif seperti olahraga panahan pada umumnya.

“Filosofi Jawa yang santai dan adem ayem terlihat dalam cara memanah sembari duduk bersila,” ujarnya saat ditemui Harian Jogja dalam lomba panahan atau Jemparingan Gaya Mataraman di Lapangan Denggung, Minggu (13/5) pagi.

Menurutnya, kegiatan yang diadakan Pemkab Sleman dalam rangka memperingati HUT Sleman ke-96 dapat menjadi salah satu ajang sosialisasi olahraga ini.

Ketua Umum Pengurus Cabang Perpani Kabupaten Sleman, Sapto Winarno menjelaskan, selama ini orang kebanyakan mengenal olah raga panahan hanya sebatas yang dilombakan dalam festival olah raga berkelas seperti PON, SEA Games, ASEAN Games, atau bahkan Olimpiade. “Jarang kita mengenal seni memanah tradisional,” tuturnya.(ali)

bahkan di gemari oleh touris juga lho…

Bagi teman teman sekalian yang mau mengikuti latiha panahan mataram silahkan datang saja ke lapangan pakualaman pada setiap sabtu sore dan minggu sore untuk latihan panah ini gratis bagi siapa saja yang ingin mengikuti latihan nya… 🙂

munkin sekian dulu infi yang sya punya dan somoga be manfaat buat info temen0temen yang mau cari olahraga yang nyunnah hehe….

Categories: My Vacarion

PROFIL AKU

Iqbal Abdul Jabbar


Popular Posts

Daftar 10 Senjata Sn

Assalamualaikum Sahabat Blogaholic, pada kesempata kali ini saya akan menuliskan ...

Resep Bumbu Tongseng

Untuk 4 porsi Tongseng Kambing. Rasa pedas dan manis merupakan ciri ...

Yang Menyebabkan Sul

“Maaf, saya salah..”, “Maaf, itu tadi karena saya salah paham..”. ...

Untukmu Wahai Ukhti

يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ قُلْ لأزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَاءِ الْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ ...

Rumus Rubik 3x3 Untu

Belajar Rumus rubik 3×3 untuk pemula adalah tingkat dasar dalam ...